Masih Bingung Mau Berkarir Ke Mana? Ini Cara Memetakannya

redaksi.co.id - Masih Bingung Mau Berkarir Ke Mana? Ini Cara Memetakannya Karir adalah aset berharga yang harus selalu diperhatikan dan dijaga semaksimal mungkin. Oleh karena itu,...

25 0

redaksi.co.id – Masih Bingung Mau Berkarir Ke Mana? Ini Cara Memetakannya

Karir adalah aset berharga yang harus selalu diperhatikan dan dijaga semaksimal mungkin. Oleh karena itu, penyusunan strategi untuk memetakan karir sangat diperlukan agar mampu bertahan lama untuk jangka panjang.

Mengapa harus memetakan karir? Manfaat utama dalam memetakan karir adalah membantu anda menggapai hasil akhir di masa depan. Sebagai langkah awal dalam memetakan karir, coba mulai pahami dan membayangkan diri anda dalam satu, tiga dan lima tahun ke depan. Luangkan waktu untuk selalu mengulas rencana dan buat penyesuaian penting terkait impian anda tersebut.

Apakah anda siap menyusun strategi untuk memetakan karir di masa depan? Agar lebih mudah dan terarah, coba pahami tiga strategi mendasar dalam memetakan karir berikut ini:

Kenali Diri Anda Sendiri viaalienated.me

Mengenali diri sendiri adalah kunci utama menyusun rencana karir. Mengetahui kelebihan dan kekurangan, bakat, minat, dan kesempatan yang anda miliki bisa membantu memperkuat pondasi karir. Faktor lain yang sangat mempengaruhi yaitu pendidikan, pengalaman serta pengetahuan atas karakter pribadi dan kenyamanan lingkungan kerja. Mengetahui semuanya akan membantu anda dalam memahami beragam elemen yang diinginkan dalam karir.

Untuk menjawab pertanyaan ini, mulai identifikasi nilai karir dengan menanyakan pada diri anda sendiri tentang jenis tugas yang paling anda sukai. Jangan lupa identifikasi kekuatan dan minat sedetail mungkin. Selanjutnya cari tahu bagaimana menghargai nilai karir dalam pekerjaan jangka panjang anda, kekuatan apa yang ingin terus digunakan dan jenis minat yang ingin disertakan dalam pekerjaan anda kedepannya.

Untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan pada diri anda dapat dilakukan dengan cara introspeksi diri, melakukan sesuatu hal sebaik mungkin dan kemudian rasakan apakah anda nyaman dalam melakukan hal tersebut. Kemudian lihat hasilnya, apakah termasuk kategori poor, good, atau excellent.

Selain itu, untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan anda juga bisa mencoba bertanya kepada Orang Lain. Merekalah yang bisa menilainya karena mereka dapat melihat secara jelas dengan kelemahan dan kelebihan apa yang anda miliki meskipun tidak semuanya. Dari situlah anda harus meminta kritik untuk membangun diri anda menjadi lebih baik.

Tujuan Karir Harus Diketahui via leejessup.com

Untuk menjawab pertanyaan ini anda perlu mencari tahu apa arti sukses sebenarnya. Apakah keinginan menjadi seorang pengusaha dan ingin membantu orang lain atau membangun organisasi bisnis besar merupakan sebuah kesuksesan?

Dengan mengidentifikasi arti sukses sebenarnya, anda akan mengetahui bahwa pekerjaan saat ini apakah mempunyai prospek sukses sesuai impian atau justru tak memberi prospek apapun seperti yang didambakan. Setelah identifikasi potensi dan kondisi pekerjaan, dan ternyata anda merasa pekerjaan saat ini kurang berarti, maka segeralah untuk mencari pekerjaan lain yang anda yakini mempunyai prospek yang bagus.

Menurut Richard leider, seorang konsultan karir dari Amerika Serikat, ada rumusan sederhana untuk mewujudkan rencana karir di masa depan secara mudah. Rumus yang dimilikinya adalah sebagai berikut.

Karir = T + 2P + E + V

Di mana T : Talent / Bakat, 2P : Passion dan Purpose, E : Environment, V : Vision

Untuk mengetahui arah karir dan profesi yang cocok untuk kita jalani di masa depan, mulailah mendeteksi apa saja kelebihan dan kelemahan yang kita miliki dengan menggunakan rumusan di atas.

Pelajari 2P yaitu Passion dan Purpose, atau keinginan dan tujuan anda dalam bekerja. Tanyakan pada diri sendiri apakah anda punya gairah atau keinginan yang kuat untuk tersebut dengan maksimal. Kemudian apakah anda juga punya tujuan dan arah yang jelas, agar pencapaian karir di masa depan tidak salah arah. Jika jawabannya adalah iya, maka 2P anda sudah terpenuhi.

Kemudian amati faktor E atau Environment (lingkungan) apakah cukup mendukung anda dalam mengembangkan kepribadian dan emosi. Lingkungan sekitar kita dapat berupa lingkungan keluarga, sekolah, atau tempat bermain. Anda bisa mengasah bakat dan minatnya sedemikian rupa sehingga dapat menggapai karir yang direncanakan jika lingkungan mendukung karena lingkungan sekitar menjadi tempat belajar dan aktualisasi diri. Pesan yang bisa diambil adalah pilihlah selalu lingkungan yang positif, sehingga kita tidak akan terjerumus ke dalam hal-hal yang justru akan dapat menghambat karir kita di masa depan.

Proses introspeksi berikutnya adalah dengan melihat V atau Vision yang berarti pandangan (visi). Hal ini terkait rencana dan tuuan jangka panjang anda. Apakah anda punya tujuan yang jelas dengan karir saat ini atau tidak. Untuk menciptakan sebuah visi yang baik, langkah pertama adalah menggali potensi diri dan membuat perencanaan bagaimana memanfaatkan potensi tersebut untuk meraih karir yang dicita-citakan.

Ada baiknya mulai sekarang anda mencoba evaluasi pekerjaan saat ini, apakah cocok atau tidak dengan tujuan akhir. Poin penting yang perlu diperhatikan adalah memahami apa yang diinginkan, dibutuhkan dan memilih pekerjaan sesuai kriteria.

Sudah Tahu Caranya? viacareerealism.com

Rencana karir dalam satu, tiga dan lima tahun ke depan harus segera dijalankan. Berdasarkan susunan , mulai identifikasi langkah tindakan yang harus diambil. Pertimbangkan pengalaman dan keahlian yang dibutuhkan demi meraih target beberapa tahun ke depan.

Coba pikirkan bagaimana membentuk jaringan demi mendukung pencapaian tujuan anda tersebut, serta terus tambah latihan dan edukasi untuk membantu meraih tujuan akhir anda. Pikirkan keahlian apa yang harus disempurnakan, apakah kemampuan berkomunikasi, mengatur, mengorganisasi tim atau bahkan memotivasinya. Apa jenis sistem yang harus dibuat demi gapai tujuan akhir. Siapa yang bakal membantu anda tetap pada jalur meraih tujuan dan masih banyak lagi yang perlu anda terjemahkan secara lengkap demi kesuksesan anda meraih tujuan akhir anda

Ada baiknya mulai identifikasi setiap hambatan yang bakal dihadapi saat menjalani rencana karir anda kedepannya. Pikirkan cara untuk mengatasi atau menghindar jika memungkinkan. Luangkan beberapa saat untuk memikirkan semua cara menggapai tujuan akhir dan tuliskan semua ide di atas kertas untuk memudahkan melakukan evaluasi.

Coba pikirkan rencana jangka panjang selama lima tahun ke depan, lalu tulis lima tujuan utama, kemudian disertai dua atau tiga langkah tindakan pada masing-masing tujuan. Langkah selanjutnya yaitu memberitahukan rencana tersebut kepada teman atau sahabat untuk mendapat dukungan moral. Gunakan pendapat dan saran mereka sebagai bahan pertimbangan untuk mengubah pendirian.

Dengan memahami dan menjawab tiga pertanyaan sederhana tersebut, maka tidak akan sulit bagi anda dalam menyusun strategi untuk memetakan karir demi meraih tujuan akhir di masa depan.

(red/ijayanto/W)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!