Banyak Negara Mensyaratkan Label Halal Produk Indonesia yang Diekspor

redaksi.co.id - Banyak Negara Mensyaratkan Label Halal Produk Indonesia yang Diekspor Pendapat bahwa label halal hanya dibutuhkan untuk produk-produk untuk pasar domestik saja adalah pandangan yang...

18 0

redaksi.co.id – Banyak Negara Mensyaratkan Label Halal Produk Indonesia yang Diekspor

Pendapat bahwa label halal hanya dibutuhkan untuk produk-produk untuk pasar domestik saja adalah pandangan yang keliru.

Saat ini, tren pasar internasional sudah mengarah ke sana dan sudah banyak negara yang mempersyaratkan label halal karena saat ini sifatnya sudah universal.

“Waktu akan hapus label halal di kemasan produk kami yang diekspor, ternyata pihak importir mempersyaratkan label halal,” kata Richard Cahadi, Owner dan Direktur Pengelola PT Mega Global Food Industry di sela-sela peluncuran Malkist Susu Kokola Halal di Tangsel, Banten, Senin (8/8/2016).

Pimpinan grup perusahaan yang menjadi perintis biskuit & wafer halal Indonesia mengatakan, permintaan pasar internasional yang terus meningkat akan produk-produk halal membuat perusahaan makin serius mengelola kehalalan produknya.

“Saat ini produk wafer Kokola telah diekspor ke 90 negara tujuan mulai di benua Asia, Eropa dan Amerika,” katanya.

Jumlah wafer yang ekspor dan dipasarkan di dalam negeri jumlahnya berimbang yakni sama-sama 50 persen.

“Jumlah itu mengalami kenaikan dari sebelumnya. Sebagai gambaran dua tahun lalu kapasitas pasar eskpor 40 persen dan 60 persen untuk domestik,” katanya.

Bagaimana rencana pengembangan bisnis Kokola ke depan? Kami targetkan konservatif pertumbuhan bisnis Kokola tahun 2016, yakni tumbuh 5-10% mengingat kondisi ekonomi nasional dan global kurang membaik,” katanya.

Meskipun pendapatan perusahaan diperoleh dari pasar ekspor, namun tidak bisa dipungkiri, bahan baku produk Kokola 90 persen harus impor, karena di Indonesia tidak memiliki gandum.

(red/ijayanto/W)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!