Michael Jordan Sumbang Rp 65 Miliar ke Museum Sejarah

66

redaksi.co.id – Michael Jordan Sumbang Rp 65 Miliar ke Museum Sejarah

Legenda NBA Michael Jordan menyumbangkan dana 5 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 65 miliar, untuk museum sejarah baru Smithsonian Afrika-Amerika di National Mall.

Para pejabat di Museum Nasional Sejarah dan Budaya Afrika Amerika, mengumumkan sumbangan dari mantan pebasket itu pada Senin (8/8) waktu setempat. Museum tersebut rencananya dibuka pada 24 September 2016.

Untuk menghargai sumbangan Jordan, pihak museum akan memberikan nama Jordan untuk sebuah galeri olahraga di sana. Jordan juga menyumbangkan jersey yang dikenakannya saat final NBA 1996, untuk menjadi koleksi museum tersebut.

“Saya bersyukur punya kesempatan untuk mendukung museum ini. Saya juga berutang budi kepada kontribusi bersejarah dari tokoh dan atlet seperti Jesse Owens, di mana bakat, komitmen, dan ketekunannya mematahkan hambatan rasial, serta meletakkan dasar untuk kesuksesan karier dari begitu banyak orang Afro Amerika di bidang atletik dan dunia lainnya,” tutur Jordan dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Fox Sports.

Direktur Museum Lonnie Bunch mengatakan, sumbangan dari bekas pemain Chicago Bulls dan Washington Wizards itu akan membantu visi museum untuk mengeksplorasi bagaimana atlet berkulit hitam mengubah olahraga dan masyarakat Amerika.

“Kami sangat berterima kasih kepada Michael Jordan untuk dukungannya dalam mengubah olahraga. Sumbangannya akan memungkinkan pengunjung untuk menjelajahi bagaimana olahraga digunakan untuk memecahkan hambatan, demi meraih partisipasi penuh dalam masyarakat Amerika,” tutur Bunch.

Bulan lalu, Jordan berbicara tentang ketegangan rasial di Amerika, dan berharap konflik antara kulit hitam dan penegakan hukum di sana segera mereda.

Jordan, pemilik klub NBA Charlotte Hornets, juga menyumbangkan 1 juta dolar AS kepada Lembaga Hubungan Masyarakat dan Kepolisian, dan 1 juta dolar AS lagi untuk Dana Hukum dan Pertahanan NAACP, untuk membantu membangun kepercayaan setelah beberapa insiden penembakan di sejumlah wilayah di AS.

(red/usland/argarito/RM)

loading...

Comments

comments!