Sri Mulyani Dinilai Jadi Energi Baru Gairahkan Ekonomi Indonesia

redaksi.co.id - Sri Mulyani Dinilai Jadi Energi Baru Gairahkan Ekonomi Indonesia Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai ada beberapa katalis utama yang mendongkrak laju Indeks Harga Saham...

7 0

redaksi.co.id – Sri Mulyani Dinilai Jadi Energi Baru Gairahkan Ekonomi Indonesia

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai ada beberapa katalis utama yang mendongkrak laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada beberapa waktu lalu terus bergerak ke zona hijau.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Nurhaida mengatakan, tidak dapat dipungkiri bahwa tembusnya IHSG ke level 5.000 pada 30 Juni 2016 lalu, sangat erat kaitannya dengan disetujuinya Undang-undang tentang Penghapusan Pajak oleh Dewan Perwakilan Rakyat.

Menurut Nurhaida, terobosan kebijakan oleh pemerintah yang sangat strategis tersebut, hingga Presiden Joko Widodo turun langsung melakukan sosialisasi amnesti pajak, mendapat apresiasi dan respon sangat positif dari pelaku bisnis khususnya pelaku pasar modal Indonesia yang terlihat dari menghijaunya IHSG.

“Salah satu puncaknya adalah ketika pemerintah pada tanggal 27 Juli 2016 memutuskan membawa kembali srikandi ekonomi terbaiknya, Sri Mulyani Indrawati ke Tanah Air,” ujar Nurhaida di gedung BEI, Jakarta, Rabu (10/8/2016).

Saat pengumuman perombakan kabinet tersebut, kata Nurhaida, IHSG langsung naik ke level 5247,36, nilai kapitalisasi pasar saham mencapai Rp 5.676 triliun, dan nilai transaksi saham pada hari itu hampir mencapai Rp 6 triliun.

“Sentimen positif terus berlanjut hingga penutupan perdagangan kemarin, Selasa 9 Agustus 2016 dimana IHSG telah bertengger di angka 5440,29,” paparnya.

Membaiknya ketiga indikator utama bursa tersebut juga telah mendorong peningkatan Nilai Aktiva Bersih Reksa Dana yang telah mencapai hampir Rp323 triliun pada 8 Agustus lalu.

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!