Menebak Formasi Timnas Indonesia di Piala AFF 2016

244

redaksi.co.id – Menebak Formasi Timnas Indonesia di Piala AFF 2016

Denyut nadi timnas Indonesia mulai kembali hidup. Alfred Riedl sebagai pelatih kepala tengah memutar otak untuk memilah-milah formasi dengan 47 pemain yang saat ini sudah dipanggil untuk seleksi.

Berbagai cara sudah dilakukan oleh Riedl untuk menjaring pemain. Dia rela datang langsung ke stadion untuk menyaksikan lebih dari 50 pertandingan di Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo.

Pelatih asal Austria ini memang sedikit banyak sudah paham dengan karakteristik pemain Indonesia. Sebab, dalam dua ajang Piala AFF sebelumnya, Riedl juga menangani tim Garuda, yakni 2010, dan 2014.

Bila menilik dari 47 nama yang dipanggil, Riedl sepertinya menyukai tipikal pemain yang memiliki daya jelajah yang tinggi. Hal ini memang terlihat dalam dua periode Riedl melatih timnas.

Pada 2010 lalu, Riedl mematok formasi 4-4-2, dengan mengandalkan pemain seperti Okto Maniani, Firman Utina, MRidwan, Ahmad Bustomi, dan Hariono. Pemain ini menjadi andalan di lini tengah untuk mengirimkan umpan matang kepada Irfan Bachdim dan Cristian Gonzales di lini depan.

Sedangkan, untuk deretan bek, Riedl lebih mengandalkan Zulkifli Syukur, Hamka Hamzah, M Roby, dan M Nasuha. Empat bek ini memang menjadi tembok tebal timnas Indonesia pada 2010 lalu.

Ubah Formasi

Akan tetapi, Riedl justru mengubah formasinya pada periode kedua. Dari formasi 4-4-3, Riedl mengubah menjadi 4-2-3-1. Lebih segar, Riedl memasukkan beberapa nama baru, yakni Sergio van Dijk, Boas Solossa, hingga Greg Nwokolo.

Van Dijk kala itu yang tajam bersama Persib diberi Riedl ruang lebih di lini depan untuk bergerak. Dia dibantu dua sayap cepat,yakni Greg dan Boas yang siap menopangnya. Dari lini kedua, dikomandoi oleh Evan Dimas, Ahmad Bustomi dan Raphael Maitimo. Terlihat jelas memang gelandang yang dipasang Riedl punya daya jelajah tinggi di lini depan.

Pada barisan pertahanan, Viktor Igbonefo berduet dengan M Roby. Sedang Ruben Sanadi dan Zulkfli Syukur menjadi andalan dalam posisi bek sayap.

Nah dari dua formasi tersebut, Riedl tentu punya skema matang pada periode ketiganya ini. Kegagalannya dalam dua periode itu tentu membuat pelatih Austria ini semakin matang dalam mendapatkan komposisi pemain yang pas untuk tim Garuda.

Bila melihat nama yang dipanggil, Riedl sepertinya akan menggunakan formasi 4-4-2 seperti kala sukses membawa Indonesia ke final Piala AFF. Meski tanpa nama Cristian GonzalesatauSergio van Dijk, pemain lain patut diperhitungkan.

Dari lini depan, kemungkinan Riedl bakal menduetkan Irfan Bachdim dengan Boas Solossa atau Samsul Arif. Pada lini kedua, Andik Vermansah, Irsyad Maulana, Evan Dimas, Raphael Maitimo bisa saja mengunci tempatnya bila mengingat Riedl butuh pemain yang pekerja keras.

Selanjutnya pada barisan belakang, bek sejajar, Ricky Fajrin, Hamka Hamzah, Achmad Jufriyanto, dan Rudolof Yanto Basna tentu bisa jadi pilihan. Kuat dan berpengalaman kemungkinan bisa menjadi keunggulan bek-bek ini.

Untuk urusan kiper, Riedl tampaknya tak usah bingung. Nama Teja Paku Alam, Kurnia Meiga, Andritany Ardhyasa, hingga Shahar Ginanjar kemungkinan besar bakal adu jotos demi menempati satu posisi tersebut.

Berikut prediksi formasi timnas Indonesia:

Skema 4-4-2: Teja Paku Alam; Yanto Basna, Hamka Hamzah, Achmad Jufriaynto, Ricky Fajrin; Raphael Maitimo, Evan Dimas, Irsyad Maulana, Andik Vermansah; Boas Solossa, Irfan Bachdim.

Cadangan: Andritany Ardhyasa; Abduh Lestaluhu, Putu Gede, Ryuji Utomo, Andik Rendika Rama, Hendro Siswanto, Bayu Gatra, Yohanes Ferinando Pahabol, Ambrizal Umanailo, Samsul Arif, Muchlis Hadi Ning.

I. Eka Setiawan

(red/ambertus/usi/urek/LLH)

loading...

Comments

comments!