Kelompok HAM Kritik Penuntutan Novelis Maroko

redaksi.co.id - Kelompok HAM Kritik Penuntutan Novelis Maroko Kelompok Hak Asasi Manusia (HAM) Maroko mengkritik penuntutan yang dilakukan terhadap seorang novelis di negara itu, Rabu (10/8)....

12 0

redaksi.co.id – Kelompok HAM Kritik Penuntutan Novelis Maroko

Kelompok Hak Asasi Manusia (HAM) Maroko mengkritik penuntutan yang dilakukan terhadap seorang novelis di negara itu, Rabu (10/8). Novelis bernama Aziz Benhaddouch dituduh melakukan pencemaran nama baik terkait dengan karya tulis yang ia terbitkan.

Dalam sebuah pernyataan, kelompok HAM yang terdiri dari Organisasi Kebebasan Berekspresi dan Media serta House of Wisdom mengatakan bahwa penuntutan tersebut adalah tindakan keras yang dilakukan pihak berwenang Maroko.

“Ini adalah tindakan keras yang mengganggu kebebasan berekpresi dan kreativitas,” ujar pernyataan dua kelompok HAM itu, dilansir Middle East Monitor, Rabu (10/8).

Aziz menghadapi penuntutan untuk pertama kalinya pada 2 Agustus lalu. Ia diadili di pengadilan tingkat pertama di Ouarzazate, kota diwilayah selatan Maroko.

Hakim pengadilan menjatuhkan hukuman percobaan untuk novelis itu selama dua bulan penjaran. Ia juga dikenakan denda sebesar 1000 dirham atau 272 dolar AS.

(red/udhi/wi/nggoro/YDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!