90 Tewas dalam Aksi Unjuk Rasa di Ethiopia

redaksi.co.id - 90 Tewas dalam Aksi Unjuk Rasa di Ethiopia Lebih dari 90 orang tewas ditembak aparat keamanan dalam aksi unjuk rasa menolak lahan pertanian mereka...

30 0

redaksi.co.id – 90 Tewas dalam Aksi Unjuk Rasa di Ethiopia

Lebih dari 90 orang tewas ditembak aparat keamanan dalam aksi unjuk rasa menolak lahan pertanian mereka direlokasi di Ethiopia, pekan lalu.

“Sejauh ini kami telah mengumpulkan 33 daftar pemrotes yang tewas oleh pasukan keamanan bersenjata termasuk polisi dan tentara, tapi saya yakin daftar tersebut akan terus bertambah,” kata Mulatu Gemechu wakil ketua oposisi Oromo Federalis Kongres, Rabu (10/9).

Kerusuhan berkobar di Oromiya beberapa bulan yang lalu sejak ada rencana relokasi lahan pertanian di sekitar ibukota. Pihak berwenang membatalkan rencana tersebut pada bulan Januari lalu, tapi protes kembali terjadi sejak penahanan terhadap demostran oposisi pemerintah.

Pada akhir pekan kemarin para demostran meneriakkan slogan anti-pemerintah dan mengibarkan bendera pembangkangan. Beberapa demonstran juga menuntut dibebaskannya politisi opisisi yang dipenjara pemerintah.

Mulatu mengatakan, penembakan terjadi setidaknya di 10 kota diseluruh Oromiya. Termasuk daerah-daerah tempat unjuk rasa dilakukan seperti di Ambo, Dembi Dolo dan Nekemt.

“Dua puluh enam orang terluka, sementara beberapa orang telah ditahan,” kata Mulatu.

Para pejabat negara Ethiopia tidak bersedia memberi komentar. Kantor berita milik pemerintah mengatakan demostrasi tersebut sebagai protes ilegal yang dilakukan oleh pasukan anti-perdamaian. Kantor berita itu menyatakan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!