Ketahui Syarat Ibu Rumah Tangga dalam Membuat Kartu Kredit

redaksi.co.id - Ketahui Syarat Ibu Rumah Tangga dalam Membuat Kartu Kredit Ada banyak hal dan juga kemudahan yang akan anda dapatkan ketika anda memiliki sebuah kartu...

28 0

redaksi.co.id – Ketahui Syarat Ibu Rumah Tangga dalam Membuat Kartu Kredit

Ada banyak hal dan juga kemudahan yang akan anda dapatkan ketika anda memiliki sebuah kartu kredit. Benda tipis yang berfungsi sebagai alat pembayaran ini, akan membantu anda untuk bisa melakukan berbagai transaksi keuangan dengan mudah dan juga nyaman. Kartu kredit akan menggantikan fungsi uang tunai di dompet anda, bahkan jauh lebih daripada itu, kartu kredit bisa anda gunakan untuk memenuhi berbagai transaksi keuangan online yang sewaktu-waktu anda butuhkan. Lalu, apa sebenarnya yang membuat anda berniat untuk memiliki uang plastik tipis ini?

Mudah dan nyaman, bukan hanya kedua hal itu saja yang akan anda dapatkan ketika anda memiliki sebuah kartu kredit di dompet anda. Anda akan mendapatkan sejumlah penawaran menarik dan menguntungkan dari berbagai merchant, diskon dari berbagai gerai terkemuka, dan bahkan puluhan penawaran menguntungkan dari berbagai brand dan juga perusahaan ternama. Hal-hal seperti inilah yang kemudian menjadi daya tarik yang sangat kuat dari kartu kredit, sehingga tidak mengherankan jika ada banyak sekali orang yang berlomba-lomba untuk mencoba peruntungan mereka mendapatkannya.

Pengajuan Kartu Kredit via firstcredit.net

Mendapatkan kartu kredit tentu tidaklah sulit, terutama bagi anda yang memiliki sebuah usaha atau bekerja pada sebuah perusahaan. Bank hanya akan meminta sejumlah persyaratan untuk pengajuan yang anda lakukan, di antaranya:

Semua persyaratan tersebut tentu wajib anda penuhi, agar permohonan pengajuan kartu kredit anda bisa diproses dengan baik. Selain hal tersebut, anda juga wajib mengisi aplikasi dan mengajukannya bersamaan dengan semua persyaratan di atas. Selanjutnya, bank akan melakukan proses yang dibutuhkan, seperti: verifikasi data lewat telepon, survei ke rumah / kantor (jika dibutuhkan). Pengajuan permohonan kartu kredit tidak akan membutuhkan waktu yang lama, jika semua berjalan lancar dan permohonan anda disetujui, maka dalam waktu 2 pekan saja anda sudah akan menerima kartu kredit tersebut di rumah/kantor anda. Mudah sekali, bukan?

Itu jika anda berstatus sebagai seorang pengusaha atau karyawan sebuah perusahaan. Lalu, bagaimana jika anda ternyata hanya seorang ibu rumah tangga yang tidak aktif bekerja?

Kartu Kredit via blogspot.com

Menjadi seorang ibu rumah tangga tentu akan membuat anda sering berbelanja dan mengelola sejumlah uang di dalam rumah tangga anda. Anda akan terbiasa dengan sejumlah kebutuhan bulanan dan juga daftar belanjaan yang harus anda penuhi untuk kebutuhan keluarga anda. Jika anda ingin hemat dan mudah saat melakukan berbagai transaksi tersebut, maka anda sudah tentu berniat untuk memiliki sebuah kartu kredit di dompet anda. Lalu, bagaimana cara mendapatkannya?

Jangan salah, bank tetap memberi peluang kepada ibu rumah tangga untuk bisa mengakses kartu kredit yang mereka terbitkan. Andalah yang mengatur keuangan dan belanja keluarga, maka anda juga termasuk ke dalam segmen pasar yang akan menguntungkan bisnis mereka, sebab sudah bisa dipastikan transaksi yang akan anda lakukan terbilang cukup banyak dan juga sering terjadi nantinya.

Anda mungkin tidak percaya akan hal tersebut, tetapi bank bahkan sering melakukan penawaran secara khusus kepada para nasabahnya yang memiliki sejumlah dana mengendap atau deposito dalam jumlah tertentu di kantor mereka, meskipun nasabah tersebut adalah seorang ibu rumah tangga. Di mata bank, ibu rumah tangga adalah calon konsumen yang produktif, yang akan menggunakan kartu kredit mereka untuk memenuhi berbagai kebutuhan di dalam keluarganya.

Namun meskipun demikian, tentu bank akan memiliki kriteria tersendiri dalam menilai hal ini. Mereka akan melihat mana saja calon nasabah yang memiliki potensi besar dan mana yang tidak. bagi ibu rumah tangga, membutuhkan sejumlah persyaratan yang berbeda dari pengusaha ataupun pegawai lainnya. Jika anda seorang ibu rumah tangga dan anda berniat untuk mendapatkan sebuah kartu kredit, maka penuhi beberapa persyaratan di bawah ini ketika mengajukan permohonan anda:

Sebagai seorang ibu rumah tangga yang modern, anda tentu memiliki sebuah rekening tabungan pribadi, di mana anda akan menyimpan sejumlah uang tabungan anda dan juga keluarga. Besaran saldo yang mengendap di dalam rekening tabungan ini, bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan oleh pihak bank bagi pengajuan permohonan kartu kredit anda. Bank akan mempertimbangkan jumlah tabungan anda sebagai bentuk sebuah jaminan kemampuan anda untuk mengelola dan menggunakan kartu kredit yang akan mereka berikan kepada anda.

Akan sangat baik jika anda memiliki sejumlah saldo mengendap yang terbilang cukup besar, setidaknya belasan hingga puluhan juta rupiah. Jumlah idealnya mungkin akan relatif dan tergantung pada bank yang akan anda gunakan kartu kreditnya. Namun dengan saldo mengendap yang terbilang cukup besar, maka peluang anda untuk mendapatkan fasilitas kartu kredit juga akan jauh lebih besar.

Selain saldo mengendap di dalam rekening tabungan anda, maka bank juga akan melihat perputaran arus kas di dalam rekening tersebut. Bank akan sangat menyukai rekening tabungan yang hidup, artinya aliran dana masuk dan dana keluar di dalam rekening tersebut cukup lancar dan stabil sepanjang tahun.

Pada dasarnya bank tidak akan mempermasalahkan darimana asal dana yang masuk ke dalam rekening tabungan anda, yang paling penting bagi mereka adalah tabungan anda memiliki sejumlah transaksi yang lancar, baik itu transaksi keluar maupun transaksi sejumlah dana yang masuk ke dalam rekening anda tersebut. Bank akan lebih menyukai rekening tabungan yang memiliki sejumlah transaksi yang tinggi, artinya potensi anda untuk menggunakan kartu kredit juga begitu tinggi, jika nanti permohonan anda disetujui oleh pihak bank.

Siapa bilang ibu hanya tahu mengenai rekening tabungan dan juga uang belanja bulanan saja? Saat ini ibu rumah tangga telah jauh lebih cerdas, barangkali anda adalah salah satunya. Mereka tidak hanya akan menyimpan sejumlah tabungan di dalam rekening tabungan biasa saja, namun ibu rumah tangga juga telah banyak yang menggunakan deposito sebagai investasi dan juga tabungan mereka. Jika anda juga memiliki deposito, maka anda bisa menggunakannya sebagai jaminan pengajuan kartu kredit anda.

Bank sangat menyukai pengajuan kartu kredit dengan jaminan deposito, jadi peluang kartu kredit anda untuk disetujui oleh pihak bank akan sangat besar. Penggunaan deposito sebagai jaminan kartu kredit biasa disebut secured credit card, di mana hal ini akan jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan pengajuan menggunakan persyaratan lainnya. Bank tidak akan melakukan sejumlah survey dan juga persyaratan penghasilan lainnya yang mungkin sulit ada penuhi.

Di dalam secured credit card, anda akan menjaminkan sejumlah dana deposito anda sebagai jaminan pengajuan kartu kredit anda. Besaran limit yang akan diberikan oleh pihak bank, biasanya akan disesuaikan dengan jumlah deposito yang anda miliki di sana. Sejumlah dana tersebut akan dikunci dan tidak bisa digunakan oleh anda selama kartu kredit tersebut aktif dan anda gunakan. Biasanya bank akan memberikan jumlah limit sebesar 80% dari nilai deposito yang anda jaminkan, sehingga jika anda menginginkan sejumlah limit yang besar di dalam kartu kredit anda, maka anda harus memiliki sejumlah deposito dalam nilai yang besar juga tentunya.

Di antara ketiga persyaratan pengajuan kartu kredit bagi ibu rumah tangga, maka penggunaan secured credit card merupakan yang paling mudah dan praktis, sehingga tidak ada salahnya untuk anda coba. Anda hanya akan membutuhkan waktu yang sangat singkat untuk proses pengajuan tersebut.

Meski bank menerapkan sejumlah persyaratan di dalam pengajuan kartu kredit yang mereka terbitkan, namun sebagai ibu rumah tangga anda juga bisa mengakses alat pembayaran plastik tersebut. Rekening tabungan dan rekening deposito adalah persyaratan yang akan diminta oleh bank pada pengajuan kartu kredit yang anda lakukan. Jika anda berminat untuk memiliki kartu kredit, maka tidak ada salahnya anda mengajukan salah satu persyaratan tersebut untuk bisa mendapatkan kartu kredit idaman anda.

(red//ainuddin/MZ)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!