Heboh Kolam Olimpiade Berubah Warna, Ternyata Ini Sebabnya

redaksi.co.id - Heboh Kolam Olimpiade Berubah Warna, Ternyata Ini Sebabnya Rio de Janeiro Kolam untuk olahraga selam yang digunakan di Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil, berubah...

15 0

redaksi.co.id – Heboh Kolam Olimpiade Berubah Warna, Ternyata Ini Sebabnya

Rio de Janeiro Kolam untuk olahraga selam yang digunakan di Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil, berubah warna dari biru menjadi hijau. Perubahan ini disebut akibat masuknya ganggang ke dalam air. Hal ini menarik perhatian para atlet dan penonton.

Air kolam selam di Maria Lenk Aquatic Centre masih berwarna biru pada hari Senin. Perubahan warna dilaporkan terjadi dalam semalam. Anehnya, air kolam di sebelahnya tetap berwarna biru. Peristiwa ini menjadi perdebatan di dunia maya.

Mario Andrada, Juru Bicara Olimpiade Rio, mengatakan meski berubah warna, airnya sudah diuji dan aman bagi atlet. Ini disebabkan oleh proliferasi ganggang, kata dia. Perkembangan ganggang yang cepat ini disebut karena panasnya udara dan kurang angin.

Tom Daley, Atlet Selam Inggris, bahkan mencuit pada akun twitternya. Ia bertanya-tanya apa yang terjadi pada kolam tersebut. Ermmm… What happened?! cuitnya sambil mengunggah foto dua kolam berwarna hijau dan biru. Ralph Riley, vice chairman dari Pool Water Treatment Advisory Group yang berbasis di Inggris, mengatakan banyaknya klorinasi bisa membuat ganggang masuk kolam.

Air kolam, biasanya diganti setiap enam jam. Proses ini harus terus merlangsung, airnya harus terus berganti, difilter, dan dirawat dengan disinfektan, kata dia. Sistem sirkulasi air berbeda dalam olimpiade. Riley mengatakan selama olimpiade beberapa sirkulasi air kolam akan dimatikan agar tak membentuk pusaran dan turbulensi. Tapi sistem ini akan membuat ganggang bisa masuk kolam dan mengubah warna airnya, kata dia. FOXNEWS | TRI ARTINING PUTRI

(red/iti/mi/anik/SUH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!