Wajah Lini Depan Klub La Liga

redaksi.co.id - Wajah Lini Depan Klub La Liga Pertengahan Agustus ini, kompetisi tertinggi sepak bola Spanyol yaitu La Liga Primera akan dimulai. Hampir semua klub sudah...

30 0

redaksi.co.id – Wajah Lini Depan Klub La Liga

Pertengahan Agustus ini, kompetisi tertinggi sepak bola Spanyol yaitu La Liga Primera akan dimulai. Hampir semua klub sudah merampungkan pembelian untuk melengkapi skuad mereka untuk musim baru 2016/2017.

Ada klub yang sibuk membenahi lini depan, ada yang hanya mengotak atik lini belakang, serta ada yang memperioritaskan perbaikan di sektor pertahanan. Namun dari aktivitas transfer yang dilakukan klub La Liga, yang banyak menarik perhatian adalah pembelian pemain baru untuk sektor depan.

Berikut ini wajah-wajah lini depan klub-klub peserta La Liga.

1. Barcelona.

Klub juara bertahan La Liga ini lebih banyak membeli pemain tengah dan depan pada jendela transfer musim panas ini. Pembelian Los Azulgrana adalah Samuel Umtiti, Lucas Digne, Andre Gomez, dan Denis Suarez.

Untuk pemain depan, Barca belum mendapatkan tambahan pemain. Maka hampir dipastikan wajah lini serang Blaugrana masih akan dihuni trio maut Lionel Messi, Luis Suarez dan Neymar. Tiga penyerang ini memang tak tergantikan dalam dua tahun terakhir.

Untuk pemain pelapis, Barca memiliki penyerang muda keturunan Arab Saudi Munir El Haddadi dan penyerang sayap Rafinha. Sebenarnya Barca menargetkan untuk membeli Nolito sejak lama. Karena Luis Enrique masih butuh sosok pemain sayap pasca kepergian Pedro Rodriguez setahun yang lalu.

Sayang Nolito lebih memilih bergabung dengan klub kaya raya Liga Primer Inggris Manchester City. Sekarang Barca sedang masih mengincar penyerang muda asal Brasil Gabiel Jesus. Hanya saja pemain Palmeiras itu masih pikir-pikir untuk pindah ke Eropa karena usianya masih 19 tahun.

2. Real Madrid

Tak jauh beda dengan Barcelona, sang rival abadi Real Madrid pun tak banyak melakukan pembenahan lini depan. Sepanjang dibukanya jendela transfer, Los Blancos hanya mendapatkan satu pemain tembahan. Yaitu pemain lama mereka Alvaro Morata yang ditarik dari Juventus.

Untuk lini depan dan belakang Madrid tidak melakukan pembelian. Hanya memulangkan pemain yang dpinjamkan ke klub lain dan mempromosikan beberapa pemain dari Real Madrid Castilla.

Dengan begitu, Madrid masih akan mengandalkan trio Karim Benzema, Gareth Bale dan Cristiano Ronaldo untuk mengobrak abrik gawang lawan. Morata akan dipasang sebagai variasi serangan. Pekan lalu Zidane sempat bereksperemen memainkan pola 4-4-2. Dimana Benzema dan Morata berduet di depan, sedangkan Ronaldo-Bale dioperasikan di sektor sayap.

3. Atletico Madrid

Tim yang finis di peringkat tiga La Liga musim lalu ini memang yang paling serius membenani lini depan. Pelatih Diego Simeone tak menerima kenyataan timnya kalah jauh dalam hal produktivitas gol dari Barca dan Madrid sepanjang perburuan titel La Liga musim lalu.

Di pasar transfer, Atleti sukses membawa dua pemain ke Vicente Calderon. Mereka adalah winger asal Argentina Nicolas Gaitan dan striker asal Prancis Kevin Gameiro. Gaitan dan Gameiro melengkapi dua muka lama yang dipertahankan yaitu Antoine Griezmann dan Fernando Torres. Griezmann dan Gaitan akan dipasang Simeone di posisi sayap. Sedangkan Torres dan Gameiro akan bergantian menjadi penyerang tengah. Pola yang akan dipakai Simeone adalah 4-4-2 dan 4-3-3 sesuai kebutuhan tim.

4. Sevilla

Jawara Liga Europa tiga tahun terakhir ini juga akan menampilkan banyak muka baru di lini depan. Dua striker mereka hengkang musim panas ini. Gameiro pindah ke Atletico Madrid dan Ciro Immobile mudik ke Italia bersama Lazio.

Penyerang yang bertahan adalah Fernando Llorente dan Vitolo. Ada tiga penyerang baru yang dibeli klub berjuluk The Great of Andalusia itu. Dua untuk posisi gelandang serang Lucas Vazquez dan Paulo Henrique Ganso. Penyerang tengah baru mereka adalah pemain muda asal Argentina Lucino Vietto.

Sevilla adalah klub yang pandai mengorbitkan striker hebat. Sebelumnya mereka punya Alvaro Negredo, Carlos Bacca yang dibeli mahal oleh klub lain. Jadi kehilangan Gameiro tak akan ditangisi oleh Los Rojiblancos karena ada harapan Vietto dan Llorente akan dapat bersinar di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan.

5. Villarreal

Villareal promosi ke La Liga di musim 2013-2014. Mereka mengalami nasib naas ketika terdegradasi di musim 2012/2013. Setelah tiga musim kembali ke kasta tertinggi sepak bola negeri Matador, Villarreal perlahan namun pasti menemukan jati dirinya bahwa The Yellow Submarine bukanlah tim kecil.

Musim lalu, tim asuhan Marcelino Garcia Toral ini berhasil finis di posisi empat besar. Yang artinya Villarreal akan main di kompetisi Liga Champions musim depan.

Amunisi pun ditambah pada jendela transfer musim panas ini. Lini depan mereka musim lalu terbilang baik dengan mengandalkan striker senior Roberto Soldado Cedric Bakambu dan Lo Baptisto. Tapi Baptistao tak akan berseragam Villarreal lagi musim depan karena ia kembali ke klub pemiliknya Espanyol.

Sebagai gantinya, klub yang bermarka di Estadio El Madrigal itu membeli mantan bintang AC Milan Alexandre Pato.

6. Athletic Bilbao

Bilbao juga akan main di kompetisi Eropa musim depan. Klub asal Basque ini finis di posisi lima musim lalu sehingga menyegel tiket langsung untuk Liga Europa. Namun, klub berjuluk Los Leones ini tidak menambah amunisi penyerang. Pelatih Ernesto Valverde masih akan mengandalkan duet muka lama yakni penyerang gaek Aritz Aduriz dan pemain muda Inaki Williams

7. Celta Vigo

Celta akhirnya harus rela kehilangan pemain terbaik mereka Nolito. Nolito memutuskan hijrah ke Liga Primer Inggris bersama Manchester City. Kepergian Nolito mengharuskan pelatih Eduardo Berizzo untuk memoles pemain yang tersisa demi terjaganya kesuburan lini depan Les Celestinas. Untuk mengisi posisi Nolito, Celta akan mengandalkan John Guidetti. Untuk bomber masih akan diisi oleh bekas pemain Liverpool Iago Aspas.

8. Real Sociedad

Sociedad sebenarnya menargetkan untuk mendapatkan penyerang Sevilla Fernando Llorente untuk musim depan. Sayang penyerang 31 tahun itu menegaskan komitmennya untuk Sevilla. Sehingga Sociedad mengalihkan target ke pemain lain. dua penyerang baru La Real musim depan adalah Juanmi Jimenez dan Willian Jose. Keduanya ditugaskan untuk menggantikn peran Jonathas yang akan hengkang ke Rubin Kazan. Imanol Agirretxe yang juga jadi andalan musim lalu tak kunjung sembuh dari cedera parahnya.

9. Real Betis

Betis yng baru promosi musim lalu mengandalkan Ruben Castro untuk bertahan di La Liga. Kini tekanan terhadap Castro sedikit berkurang setelah Los Verdiblancos membeli Tony Sanabria dan Roman Zozulya.

10. Valencia

Valencia tidak banyak melakukan perombakan pasca performa labil musim lalu. malah mereka menjual striker Alvaro Negredo ke Middlesbrough dan gelandang Andre Gomez ke Barcelona. Untuk lini depan hanya menyisakan Santi Mina, Rodrigo dan Paco Alcacer

Sepuluh klub peserta La Liga musim depan lainnya adalah Granada, Las Palmas, Leganes, Deportivo La Coruna, Sporting Gijon, Malaga, Osasuna, Espanyol dan Deportivo Alaves dan Eibar. Namun, catatan Marca sepuluh klub tersebut rata-rata tidak melakukan pembelian berarti untuk lini depan. Karena rata-rata masih akan mengandalkan muka-muka lama dan skuat muda hasil binaan sendiri.

(red/ambertus/usi/urek/LLH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!