Mendag: Penopang ekonomi Nasional Itu UKM

redaksi.co.id - Mendag: Penopang ekonomi Nasional Itu UKM Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito menuturkan penopang ekonomi nasional dalam kondisi ekonomi global saat ini yaitu usaha kecil menengah...

31 0

redaksi.co.id – Mendag: Penopang ekonomi Nasional Itu UKM

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito menuturkan penopang ekonomi nasional dalam kondisi ekonomi global saat ini yaitu usaha kecil menengah (UKM) kenyataan ini terbukti dari data yang dihimpun oleh pihaknya.

“UKM merupakan penopang ekonomi Nasional, apalagi pada konsisi seperti sekarang ini,” kata Enggar saat meresmikan kampung digital Desa Tegal Wangi Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon, Kamis (11/8).

Namun menurutnya UKM tidak akan bisa berkembang dan tidak akan mungkin bersaing jika tidak ada perhatian dan tidak diberikan akses yang dibutuhkan, disinilah negara akan hadir dan akan berperan.

“UKM tidak akan bisa berkembang maju dan tidak dapat bersaing jika tidak diberikan perhatian dan akses yang dibutuhkan,”kata Enggar.

Menurut Enggar ada dua hal untuk meningkatkan ukm menjadi usaha yang lebih maju yang pertama adalah permodalan dan yang kedua adalah pemasaran.

Enggar melanjutkan untuk aspek permodalan pemerintah telah berupaya membantu ukm dengan berbagai program kredit. Namun Enggar mengakui pemerintah belum dapat menjangkau secara keseluruhan.

“Kementerian Koperasi dan UMKM telah mencoba semaksimal mungkin dengan berbagai programnya namun belum tentu dapat menjangkau secara keseluruhan,”tuturnya.

Ia menuturkan Kementerian yang dipimpinnya juga memberikan perhatian secara khusus kepada ukm. Untuk aspek pemasaran dengan hadirnya bisnis online saat ini dapat menjadi salah satu sarana bagi pelaku ukm untuk memasarkan produk produk mereka.

“Dengan adanya bisnis online lanjut Enggar para pelaku UKM diharapkan untuk selalu menjaga kualitas produk mereka,” tambahnya.

(red/ega/wi/riesta/VDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!