5 Transfer Heboh Liga Inggris di Awal Musim 2016/17

redaksi.co.id - 5 Transfer Heboh Liga Inggris di Awal Musim 2016/17 Sejumlah pemain baru sudah berpindah klub di bursa transfer Liga Inggris 2015/16. Di antara pemain...

9 0

redaksi.co.id – 5 Transfer Heboh Liga Inggris di Awal Musim 2016/17

Sejumlah pemain baru sudah berpindah klub di bursa transfer Liga Inggris 2015/16. Di antara pemain yang berganti kostum, terdapat beberapa pemain papan atas yang gabung dengan klub top Inggris.

Yang terbaru, Manchester United sukses mendaratkan Paul Pogba ke Old Trafford. Gelandang asal Prancis itu diboyong dengan harga 89 juta pound sterling dari Juventus. Pogba pun jadi pemain termahal dunia, menggantikan Gareth Bale dari Real Madrid.

Pogba bisa jadi bukan nama besar terakhir yang akan datang ke Inggris. Pasalnya, bursa transfer musim panas masih akan dibuka hingga awal September nanti. Klub-klub besar seperti Arsenal dan Chelsea pun belum banyak bergerak di bursa kali ini.

Sembari menantikan nama-nama besar itu datang ke Liga Inggris, berikut lima transfer top yang telah terjadi di bursa transfer musim panas ini:

1. Ilkay Gundogan (Borussia Dortmund ke Manchester City)

Ilkay Gundogan jadi pembelian pertama Pep Guardiola sebagai Manajer Manhester City. Gelandang berusia 25 tahun ini diboyong City dari Borussia Dortmund dengan mahar 20 juta pound sterling.

“Saya sangat bahagia bisa gabung ke City. Saat pertama kali saya mengetahui ketertarikan mereka, hati saya langsung memutuskan untuk datang ke sini. Semua berjalan sangat cepat,” kata Gundogan di situs resmi klub.

ManCity mengontrak Gundogan untuk jangka waktu empat tahun. Di City, Gundogan akan bersaing dengan nama-nama seperti Samir Nasri, Yaya Toure, dan Fernando.

2. Granit Xhaka (Borussia Monchengladbach ke Arsenal)

Arsenal bergerak lebih dini untuk merekrut pemain. Biasanya, skuat asuhan Arsene Wenger ini menunggu hingga detik-detik penutupan bursa transfer.

The Gunners memboyong Granit Xhaka dari Borussia Monchengladbach dengan biaya transfer 30 juta pound sterling. Itu menjadikannya pemain ketiga termahal dalam sejarah klub London Utara ini selama ditukangi Wenger.

Wenger sendiri yakin, Xhaka bisa menambah kualitas Meriam London -julukan Arsenal. “Kami sudah memantaunya sejak lama dan ia dipastikan akan menambah kualitas tim Arsenal,” ujar Wenger di situs resmi klub.

3. Henrikh Mkhitaryan (Borussia Dortmund ke Manchester United)

Lini tengah menjadi salah satu perhatian utama Jose Mourinho begitu dilantik jadi manajer Manchester United. Maklum, lini tengah MU dianggap kurang kreatif musim lalu.

Henrikh Mkhitaryan pun dianggap sebagai solusi jitu atas masalah lini tengah MU. Setan Merah memboyong Mkhitaryan dari Borussia Dortmund dengan harga 30 juta pound sterling.

Selain faktor nama besar MU, Mkhitaryan mengaku memilih Setan Merah karena kehadiran Jose Mourinho. Manajer asal Portugal ini memuji Mkhitaryan yang dianggapnya sebagai gelandang serbabisa.

“Dia adalah pemain sangat bertalenta yang produktif baik untuk klub dan negaranya. Dia adalah pemain dengan kemampuan luar biasa, visioner, dan juga tajam dalam mencetak gol,” kata Mourinho memuji.

4. Zlatan Ibrahimovic (Paris Saint Germain ke Manchester United)

Salah satu yang jadi sorotan utama di bursa transfer. Zlatan Ibrahimovic akhirnya memilih Manchester United sebagai pelabuhan barunya usa meninggalkan Paris Saint-Germain.

Sebelum dipastikan ke MU, Ibrahimovic memang sudah memberikan petunjuk kalau dia akan ke Liga Inggris. Namun, ketika itu Ibra belum memutuskan klub mana yang jadi tujuannya.

Bergabungnya Ibrahimovic ke MU karena sosok Jose Mourinho sebagai manajer anyar. Seperti diketahui, Mourinho memang punya hubungan baik dengan bomber berusia 34 tahun tersebut.

5. Paul Pogba (Juventus ke Manchester United)

MU benar-benar ingin menghadapi musim baru dengan kekuatan penuh. Usai memboyong Mkhitaryan dan Ibrahimovic, MU menggemparkan jagat transfer dengan memulangkan Paul Pobga.

Setan Merah harus melalui negosiasi alot dengan Juventus. Pasalnya, Si Nyonya Tua tidak merelakan pemain andalannya itu pergi dengan harga murah.

Kesepakatan pun terjalin. MU harus membayar 89 juta pound sterling pada Juventus. Pogba pun akhirnya ‘pulang’ ke Old Trafford.

Transfer Pogba ini membuatnya ada di urutan pertama pemain termahal dunia. Sebelumnya, rekor ini dimiliki Gareth Bale saat diboyong Real Madrid dari Tottenham Hotspur pada 2013 dengan harga 85 juta pound sterling.

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!