Selamat Datang Di Liga Primer Inggris Era Baru!

77

redaksi.co.id – Selamat Datang Di Liga Primer Inggris Era Baru!

Liga Primer Inggris memasuki era baru dan semuanya akan dimulai sejak kick-off Hull City kontrak Leicester City malam ini.

Kompetisi Liga Primer Inggris sudah memasuki era yang baru. Ditahun ke-25 sejak pertama kali digulirkan pada tahun 1992, LigaPrimer melakukan sejumlah perubahan besar untuk meningkatkan mutukompetisi itu sendiri.

Langkah awal yang dilakukan dengan melakukan branding ulang namakompetisi itu sendiri. Setelahnya, Liga Primer mengadopsi sejumlahperubahan, termasuk terkait regulasi dan penjualan tiket.

Bersamaan dengan juara bertahan baru, Leicester City, akanmemulai usahanya mempertahankan gelar juara, Liga Primer Inggrismemulai era yang baru. Inilah perubahan pada kompetisi mulai musim2016/17.

Pada 9 Februari 2016, Liga Primer mengumumkan mereka melakukanrebranding atas kompetisi mereka sendiri. Sejumlah perubahandilakukan, mulai dari nama hingga diluncurkannya logo baru.

Untuk nama kompetisi, Liga Primer memutuskan untuk tak lagimenyertakan nama sponsor di belakang kompetisi mereka. Mulai musimini, kompetisi akan dinamai Premier League.

Dan untuk menegaskan perubahan, logo baru juga diperkenalkan.Jika sebelumnya logo Liga Primer adalah Singa jantan yang berdiritegap dengan menginjak bola, logo barunya hanya menunjukkan kepalasinga dengan surainya.

HARGA TIKET

Klub mungkin boleh semena-mena mengatur harga tiket masuk kestadion untuk pendukung mereka sendiri. Tapi mulai musim ini, LigaPrimer memberikan batasan terkait harga tiket yang dijual untukpendukung tim away.

Liga Primer menetapkan harga tiket yang dijual untuk pendukungtim away senilai 30 per tiketnya. Dalam pernyataannya, Liga Primermengungkapkan bahwa suara dari pendukung tim away sangat pentinguntuk meningkatkan atmosfer pertandingan dan membantu liga menjadilebih unik. Karena itulah kepentingan fans harus bisa dijaga.

Federasi Suporter Sepakbola (FSF) mengapresiasi langkah yangdiambil Liga Primer. Namun demikian, harga tiket yang ditetapkanmasih jauh dari harapan mereka, yang menginginkan harga tiket untukpendukung tim away senilai 20.

REGULASI BARU

Sejumlah aturan baru akan diterapkan di kompetisi Liga PrimerInggris musim ini. Aturan ini sudah disepakati dan disetujui olehInternational Football Association Board (IFAB).

Aturan baru itu antara lain:

Kick-Off

Perubahan yang dimaksud sejatinya sudah bisa Anda saksikan saatperhelatan Euro 2016 silam. Untuk kick-off, tendangan pertama padabola dari titik tengah lapangan tak lagi harus mengarah ke depan.Penendang pertama boleh menendang bola ke arah mana pun. Karenaaturan ini, pada akhirnya tak dibutuhkan dua pemain untuk melakukankick-off.

Kartu Merah Prapertandingan

Wasit bisa memberikan kartu merah kepada pemain sebelumpertandingan dimulai. Aturan ini membolehkan ofisial menjatuhkansanksi ketika pemain melakukan pelanggaran regulasi saat pemanasanatau di lorong menuju ruang ganti.

Dalam aturan baru menyebutkan pemain bisa dikartu merah kapanpun antara inspeksi prapertandingan dan ketika wasit meninggalkanlapangan di akhir laga.

Berakhirnya Aturan ‘Tiga Hukuman’

Sebelumnya aturan ‘tiga hukuman’ diberikan ketika seorang pemainmencegah terciptanya gol di kotak penalti langsung diberikan kartumerah dan mendapat sanksi, plus penalti. Aturan itu kiniberubah.

Dalam regulasi yang baru, apabila pemain melakukan pelanggarandan mencegah terjadinya gol di area penalti, mereka tak secaraotomatis diusir keluar, namun hanya dikenai kartu kuning. Kecualipelanggaran yang dilakukan adalah handball.

Perawatan Cedera

Jika pemain dilanggar dan mengalami cedera oleh pemain lawanyang mendapat sanksi kartu karena pelanggaran yang terjadi, pemainyang mengalami cedera boleh mendapat perawatan langsung di lapangantanpa harus meninggalkan lapangan.

Ganti Sepatu atau Atribut yang dikenakan

Pemain yang melakukan pergantian sepatu di tengah pertandinganharus menjalani inspeksi dari asisten wasit atau ofisial keempatsebelum kembali ke lapangan. Sebelumnya pemain hanya membutuhkanizin dari wasit untuk kembali ke lapangan.

Penalti

Dalam aturan baru menyebutkan bahwa penendang penalti yangsecara ilegal mengecoh dalam mengambil ancang-ancang menendang akandiberikan kartu kuning. Artinya, jika penendang penalti berhentimendadak sebelum menendang tidak lagi diizinkan, dengan kartukuning diberikan dan tendangan bebas tidak langsung ke lawansebagai hasilnya.

Pelanggaran oleh ofisial atau pemain pengganti

Aturan diubah terkait hal ini. Jika mereka yang seharusnyaberada di bangku cadangan mengintervensi pertandingan, wasit akanlangsung memberikan tendangan bebas atau tendangan penalti untuktim lawan. Sebelumnya wasit hanya memberikan tendangan bebas tidaklangsung atau drop-ball.

Warna Baju Dalam

Aturan baru menerangkan bahwa baju dalam yang dikenakan harusmemiliki warna yang sama dengan baju luaran. Untuk baju yangbercorak, baju dalam harus disamakan dengan warna kerah baju.

Offside

Ada perubahan kecil mengenai aturan offside. Yang terbaru garistengah lapangan adalah zona netral, yang artinya bagian tubuhpemain mana pun yang lebih dulu berada di zona lawan akan dianggapoffside. Tendangan bebas akan diambil di tempat offsideterjadi.

Handballs

Untuk meminimalkan wasit mengeluarkan kartu kuning di setiappelanggaran handball, khusus untuk pelanggaran ‘mencegah pemainlawan menguasai bola’ telah dicoret dari daftar potensi kartukuning. Handball kini dianggap sebagai pelanggaran yang pantasmendapat kartu kuning ketika ‘handball menghentikan ataumengintervensi penyerangan yang menjanjikan’.

Restart

Frase ‘dengan jelas bergerak’ ditambahkan pada aturan restartpertandingan, yang artinya tendangan untuk mengecoh lawan denganhanya melakukan tap ringan pada bola saat tendangan sudut atautendangan bebas dan kemudian melakukan dribel tak dibolehkanlagi.

Sikap Pemain

Wasit diizinkan mengambil tindakan tegas pada sikap intoleransiyang dilakukan pemain. Mulai dari berlari untuk memprotes keputusanwasit, adu argumen dengan ofisial dan dengan jelas menunjukkansikap tidak hormat akan menghasilkan kartu kuning. Kartu merah akandiberikan apabila pemain tertentu melakukan penghinaan atau gesturyang tidak hormat kepada ofisial.

BOLA BARU

Bola resmi yang digunakan di musim 2016/17 merupakan buatan Nikedan diberi nama Nike Ordem 4. Nike telah memberikan Nike Ordem 4kepada 20 tim peserta Liga Primer sejak bulan Juli. Tujuannya tentuuntuk membuat para pemain terbiasa dengan bola berwarna pelangiini.

Pada bola Ordem 4, terlihat perubahan yang cukup mencolok dalamhal pewarnaan, dibandingkan dengan Ordem 3 yang digunakan padamusim lalu. Nike Ordem 3 cukup mencolok dengan perpaduan warnamerah dan putih, dan terdapat juga garis-garis hitam dan lambangnike berwarna hijau terang.

Musim ini, Nike lebih berani soal memilih warna. Nikemenggunakan lima warna dengan warna dasar putih dan hitam. Namun,ada tiga warna terang yang mencolok tiap sisinya, yakni ungu, biru,dan hijau.

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

loading...

Comments

comments!