Tips Cara Berbelanja Online Aman

redaksi.co.id - Tips Cara Berbelanja Online Aman Belanja online amatlah populer di era modern ini, terutama di kota besar. Tapi, di sisi lain, bahaya mengintai mereka...

31 0

redaksi.co.id – Tips Cara Berbelanja Online Aman

Belanja online amatlah populer di era modern ini, terutama di kota besar. Tapi, di sisi lain, bahaya mengintai mereka yang gemar berbelanja lewat Internet ini.

Dua situs jual-beli ternama di Indonesia bahkan ada juga celah keamanannya. Untung ada

orang baik yang menemukan celah itu

dan memberitahukannya kepada situs tersebut.

Kalau tidak, bisa-bisa data orang yang ada di kedua situs dibobol maling. Termasuk datamu, jika punya akun di sana.

Itulah kenapa kita mesti berhati-hati saat berbelanja online. Kasus ini memang bisa menjadi pengecualian, karena tanggung jawab keamanan situs ada di pundak pemiliknya.

Namun, kita selaku pengguna situs gak lantas bisa berpangku tangan. Kewaspadaan tetap dibutuhkan, terlebih buat mereka yang terlalu yakin cara berbelanja online mereka aman. Gak hanya berfokus pada harga yang murah aja.

Di dunia maya, gak ada yang bisa memastikan segalanya itu aman. Ancaman bandit Internet tetap ada. Dalam hal ini, kita mesti waspada terhadap seller yang berniat menipu.

Berbelanja online berbeda dengan belanja di pasar atau supermarket. Kita gak bisa lihat pedagangnya. Gak bisa juga sentuh barangnya, maksudnya, dagangannya.

Mau di kamar tidur atau kakus sekalipun, tetap bisa belanja online

Jadi, sudah tahu cara berbelanja online aman? Poin-poin di bawah ini mungkin bisa menjadi patokan saat kita hendak belanja online di situs jual-beli:

1. Lihat situsnya

Sekarang ini sudah ada banyak pilihan situs jual-beli alias marketplace. Sebaiknya, kita pilih situs yang sudah punya nama. Memang, situs yang baru lahir belum tentu tidak aman.

Tapi, mending cari cara gampang aja. Jika situs itu udah dikenal orang, biasanya gak bakal main-main soal keamanannya. Sebab, sekali saja bobol, kepercayaan orang kepadanya bakal hilang.

Meski begitu, suatu situs jual-beli yang sudah terkenal bisa juga gak aman buat kita. Untuk lebih memastikan keamanannya, yuk lompat ke poin di bawah.

2. Perhatikan reputasi seller

Seller yang baik biasanya punya reputasi baik pula. Ini bisa dilihat dari berapa bintang yang ia dapat. Atau berapa banyak komentar positif/testimoni dari transaksi yang ia lakukan.

Namun, seller yang baru buka lapak belum tentu berniat gak baik. Untuk mengetes seller itu, kita bisa mengirim pesan menanyakan soal dagangannya.

Mintalah jaminan atas kualitas barang dan garansi. Lihat juga caranya berkomunikasi. Seller yang baik pasti memasarkan produknya dengan baik pula.

3. Transfer ke rekber

Rekber alias rekening bersama menjadi faktor penting bagi situs jual-beli untuk dipercaya. Layanan ini ada untuk meminimalkan penipuan seller. Cara kerjanya, pembeli mentransfer duit pembelian ke rekening itu.

Kalau takut pakai kartu kredit, mending pakai rekber aja deh

Setelah dipastikan barang diterima pembeli dengan baik, barulah duit itu diteruskan ke penjual. Sebaliknya, jika transferan udah masuk tapi gak ada pengiriman barang atau barang dikirim tapi gak sesuai, pembeli bisa meminta balik duit itu.

Karena itu, hindari transfer langsung ke seller, meski diiming-imingi banyak hal seperti diskon. Kalau dia jual di situs marketplace, semestinya transaksi dilakukan di situs itu juga.

4. Lindungi Data Kartu Kredit

Kalau gak yakin dengan keamanan situs, jangan sembarang ngumbar data kartu kredit. Belum semua situs e-commerce bekerja sama dengan alat pembayaran virtual kayak PayPal yang sudah teruji keamanannya. Dengan PayPal, kamu gak perlu mengisi data kartu kredit setiap kali bertransaksi online.

So, pastikan dulu situs e-commerce yang kamu tuju teruji keamanannya. Pastikan bahwa semua data yang kamu masukkan dilindungi oleh enkripsi.

Yang terakhir, pastikan kamu menggunakan

kartu kredit yang sesuai untuk belanja yang ngasih beragam keuntungan kayak cashback dan point rewards

. Jadi kamu gak rugi-rugi amat lah.

5. Tahan nafsu

Ketika ada barang yang ditawarkan dengan harga murah, bisa timbul nafsu membelinya. Hati-hati, jangan-jangan barangnya KW alias palsu. Atau mungkin di tempat lain ada yang lebih murah.

Belanja mulu deh, situ Syahrini ya?

Karena itu, kita mesti membandingkan seller satu dengan yang lainnya untuk mendapatkan harga termurah. Bahkan dengan seller di situs lain. Daripada keluar duit sia-sia.

Meski belanja online menjanjikan banyak kemudahan, kita jangan sampai terlena. Namun jangan berlebihan juga kewaspadaannya.

Bisa-bisa malah dianggap cerewet oleh seller, dicuekin deh. Yang sersan aja, alias serius tapi santai.

(red/udhi/wi/nggoro/YDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!