Mau Kredit Motor Bekas? Ini Untung Dan Ruginya

redaksi.co.id - Mau Kredit Motor Bekas? Ini Untung Dan Ruginya Sepeda motor bukanlah produk untuk investasi karena harganya akan semakin menurun setiap tahunnya. Bahkan ketika Anda...

9 0

redaksi.co.id – Mau Kredit Motor Bekas? Ini Untung Dan Ruginya

Sepeda motor bukanlah produk untuk investasi karena harganya akan semakin menurun setiap tahunnya. Bahkan ketika Anda baru saja membelinya dan hendak menjualnya kembali setelah beberapa lama, harganya akan menurun kira-kira 20%-30%. Oleh karena kenyataan ini, banyak orang yang lebih memilih untuk membeli motor bekas karena harganya yang lebih murah. Selain itu, proses pembelian motor bekas bisa dilakukan secara tunai dan secara kredit.

Jadi jika Anda berminat untuk beli motor bekas tapi belum mempunyai uang tunai yang cukup, Anda bisa memanfaatkan fasilitas kredit motor bekas yang diberikan oleh perusahaan leasing. Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan kredit motor bekas, sebaiknya pertimbangkan dulu keuntungan dan kerugiannya. Berikut kami jabarkan keuntungan dan kerugian untuk Anda.

Keuntungan Kredit Motor Bekas vianustartfinance.com.au

bisa jadi sangat menguntungkan buat Anda yang kondisi finansialnya sedang buruk tapi ingin membeli motor. Berikut ini keuntungannya jika Anda membeli motor bekas secara kredit:

Harga motor baru yang semakin mahal belum tentu bisa disanggupi oleh semua orang, oleh karena itu banyak orang yang beralih untuk membeli motor bekas karena harganya yang pasti lebih murah daripada motor baru. Dengan harga yang lebih murah ini, maka besaran cicilan yang harus dibayarkan juga jadi lebih murah daripada cicilan motor baru.

Ketika membeli motor baru, terkadang Anda perlu menunggu beberapa lama karena motor yang Anda beli belum tersedia. Tapi dengan membeli motor bekas, motor yang Anda inginkan langsung tersedia di depan mata Anda dan bisa langsung Anda gunakan.

Tidak semua motor bekas kualitasnya buruk, justru banyak motor bekas yang berkualitas baik meskipun tidak 100% seperti baru. Tapi dengan kondisi yang baik dan harga yang murah, maka Anda sudah sangat untung.

Harga pembayaran pajak dihitung berdasarkan tahun pembuatannya, dan harga pajak setiap tahunnya meningkat jadi jika Anda membeli motor tahun ini, harga pajaknya lebih mahal dari tahun lalu. Biasanya motor bekas yang dijual adalah produksi tahun-tahun lama, sehingga pembayaran pajak yang harus Anda lakukan pasti lebih ringan daripada pajak motor baru.

Kerugian Kredit Motor Bekas viarussbrown.com

Namun, di samping segala keuntungan yang diberikan dengan melakukan bekas, ada beberapa kerugian juga yang akan Anda rasakan. Ini dia kerugiannya:

Layaknya kredit pada umumnya, jika Anda melakukan pembelian motor bekas secara kredit, maka harganya akan jadi jauh lebih mahal daripada membeli secara tunai. Hal ini dikarenakan adanya biaya bunga yang harus Anda bayarkan.

Ketika Anda membeli motor baru secara kredit, biasanya perusahaan leasing akan memberikan asuransi selama kredit apabila Anda kehilangan motor Anda. Asuransi ini tidak akan Anda dapatkan ketika Anda melakukan kredit motor bekas. Jadi tidak ada jaminan kemanan untuk motor tersebut.

Saat membeli motor baru, maka kualitas mesinnya pasti sudah terjamin baik karena masih baru, tapi ketika membeli motor bekas, Anda tidak bisa menjamin kualitas mesinnya. Meski ketika Anda coba, motor bekas tersebut masih berfungsi dengan baik, namun tetap bisa rusak kapan saja.

Tentunya ketika membeli motor bekas, Anda harus mengganti nama dan dokumen kepemilikan motor tersebut dengan nama Anda. Pengubahan nama penting untuk dilakukan pada BPKB dan STNK motor bekas tersebut. Karena jika Anda tidak melakukannya, Anda malah bisa kerepotan jika terjadi masalah di masa depan.

Kondisi keuangan merupakan aspek penentu yang sangat berpengaruh pada pilihan Anda untuk membeli motor. Mau beli motor baru atau bekas dan pembayarannya secara kredit atau tunai, semua hal ini sangat tergantung pada keuangan Anda. Sebelum mengambil keputusan, maka sebaiknya Anda pikirkan dulu baik-baik tentang keuntungan dan kerungian dari masing-masing pilihan yang ada. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa menyesal setelah melakukannya. Ingatlah untuk tidak membeli secara terburu-buru, pikirkan baik-baik sebelum memutuskan.

(red/oudlon/R)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!