Polisi Tangkap 2 Pria Terkait Ledakan Bom Thailand

92

redaksi.co.id – Polisi Tangkap 2 Pria Terkait Ledakan Bom Thailand

Polisi Thailandtelah menangkap dua pria setelah serangan bom di kawasan wisata Hua Hin dan beberapa tempat lainnya, yang menyebabkan empat orang tewas.

Kawasan wisata Phuket, juga menjadi sasaran target serangan pada Jumat 12 Agustus 2016 pagi waktu setempat.

Belum ada rincian lebih lanjut tentang identitas yang ditahan di Hua Hin, setelah ledakan di kota itu yang menewaskan dua orang.

Polisi Thailand mengatakan bahwa mereka telah menahan sejumlah orang terkait serangan itu, tetapi sejauh ini mereka mengesampingkan kaitan dengan terorisme internasional.

“Penyelidikan awal mengungkapkan ada dua jenis bom yang digunakan, bom api dan bom rakitan,” kata Kepala Kepolisian Thailand, Krisana Patanacharoen seperti dikutip dari BBC, Sabtu (13/8/2016).

Menurut Krisana, pengeboman seperti itu memiliki pola yang sama digunakan di bagian selatan negara itu.

Wartawan BBC Jonathan Head di Bangkok mengatakan, jika pemberontak di selatan negara itu berada di belakang serangan tersebut, itu menandai perubahan signifikan dari taktik mereka.

Konflik berumur 12 tahun di selatan Negeri Gajah Putih sudah menewaskan lebih dari 6.000 orang. Namun selama itu tak pernah menargetkan wisatawan.

Keamanan Diperketat

Akibat insiden ledakan bom, keamanan telah diperketat di kawasan wisata dan bandara di Thailand selatan.

Kedutaan asing pun mengimbau para wisatawan untuk waspada. Kantor Luar Negeri Inggris bahkan menyarankan orang di daerah wisata untuk ekstra hati-hati, menghindari tempat-tempat umum dan mengikuti saran dari pemerintah setempat.

Sejauh ini juga belum ada kelompok yang menyatakan bertanggungjawab atas ledakan bom Thailand, tetapi kecurigaan mengarah kepada kemungkinan keterlibatan kelompok separatis militan Islam.

Setidaknya 10 orang warga negara asing terluka akibat serangan tersebut. Tiga orang dilaporkan dari Jerman, tiga lainnya Italia, seorang berasal dariAustria dan tiga warga negara Belanda.

Kota Hua Hin terletak sekitar 200 km dari Ibu Kota Bangkok, sementara Provinsi Phuket terletak di kawasan selatan negara itu. TermasukPhang Nga, yang dikenal memiliki pantai yang indah. Kemudian, dua bom lainnya meledak di depan kantor polisi di Surat Thani.

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

loading...

Comments

comments!