7 Kepala Negara dengan Gaji Terbesar di Dunia

110

redaksi.co.id – 7 Kepala Negara dengan Gaji Terbesar di Dunia

Berprofesi sebagai kepala pemerintahan dan memiliki tanggung jawab untuk menata suatu negara bukanlah pekerjaan yang mudah. Bukan hal mengherankan apabila kepala pemerintahan ini memiliki penghasilan yang besar.

Data yang dikeluarkan CNBC melansir nama kepala negara yang memiliki gaji besar. Nama-nama familiar seperti Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, hingga Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berhasil masuk dalam ranking teratas.

Mau tahu siapa saja yang masuk daftar itu? Berikut ulasan lengkapnya:

7. Theresa May

Inggris

Pendapatan: US$ 186.119 atau Rp 2,44 miliar

Setelah Perdana Menteri Cameron mengundurkan diri pada Juni 2016, May mengumumkan pencalonan dirinya sebagai ketua Partai Konservatif dan langsung melesat ke posisi pertama. Ia kemudian ditunjuk sebagai Perdana Menteri Inggris yang baru. May adalah perempuan kedua yang menjabat Perdana Menteri Inggris setelah Margaret Thatcher.

6. Francois Hollande

Prancis

Pendapatan: US$ 198.700 atau Rp 2,6 miliar

Pria berusia 61 tahun ini merupakan presiden Prancis. Ia juga menjabat sebagai Sekretaris Pertama Partai Sosialis Perancis sejak 1997 sampai 2008. Ia terpilih sebagai Presiden Prancis pada 6 Mei 2012, mengalahkan presiden menjabat Nicolas Sarkozy.

5. Jacob Zuma

Afrika Selatan

Pendapatan: US$ 206 ribu atau Rp 2,71 miliar

Sejak Mei 2009, Jacob Zuma terpilih sebagai presiden Afrika Selatan. Sebelumnya, ia juga pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Afrika Selatan dari 1999 hingga 2005.

4. Shinzo Abe

Jepang

Pendapatan: US$ 241.250 atau Rp 3,17 miliar

Shinzo Abe sukses menjadi Perdana Menteri Jepang ke-90, diangkat pada 26 Desember 2012. Abe memang terlahir di lingkungan keluarga politik. Kakeknya, Kan Abe dan ayahnya, Shintaro Abe, adalah politikus.

Terpilihnya Shinzo Abe sebagai Perdana Menteri Jepang ini menyusul setelah partainya, Partai Demokrasi Liberal (LDP) memenangkan Pemilu di awal bulan Desember 2012.

3. Angela Merkel

Jerman

Pendapatan: US$ 242 ribu atau Rp 3,18 miliar

Wanita berusia 62 tahun ini diangkat pada 22 November 2005 sebagai Kanselir Jerman. Merkel dianggap sebagai pemimpin de facto Uni Eropa. Ia juga terpilih sebagai tokoh paling berkuasa kedua di dunia menurut majalah Forbes tahun 2012 dan 2015.

2. Justin Trudeau

Kanada

Pendapatan: US$ 260 ribu atau Rp 3,4 miliar

Justin Trudeau merupakan perdana mentri Kanada yang baru. Pria 44 tahun ini banyak dibicarakan masyarakat Kanada karena inovasi yang dia keluarkan di badan pemerintahan.

Satu gebrakan yang membuatnya semakin dicintai rakyat Kanada adalah, dia mengundang publik untuk menyaksikan pengambilan sumpah jabatan dirinya sebagai PM Kanada yang baru. Bahkan dia menyiarkan seremoni tersebut melalui aplikasi streaming video Periscope yang digemari banyak orang.

1. Barack Obama

Amerika Serikat

US$ 400 ribu atau Rp 5,2 miliar

Peringkat pertama ditempati oleh presiden Amerika Serikat Barack Obama. Sejak diangkat pada tahun 2008 lalu, Barack berhasil memecahkan rekor sebagai presiden kulit hitam pertama di Amerika Serikat. Angka pendapatannya dilaporkan mencapai US$ 400 ribu atau Rp 5,2 miliar. (Vna/Ndw)

(red/ainin/adziroh/LN)

loading...

Comments

comments!