Putin Punya Tangan Kanan Baru

redaksi.co.id - Putin Punya Tangan Kanan Baru MOSKOW -- Presiden Rusia Vladimir Putin menunjuk kepala staf Kremlin baru, menggantikan Sergei Ivanov. Ia adalah Anton Vaino, seorang...

9 0

redaksi.co.id – Putin Punya Tangan Kanan Baru

MOSKOW — Presiden Rusia Vladimir Putin menunjuk kepala staf Kremlin baru, menggantikan Sergei Ivanov. Ia adalah Anton Vaino, seorang mantan diplomat yang selama ini dikenal dengan kesederhanaannya.

Putin mengatakan, pria berusia 44 itu akan memiliki tugas penting yang melibatkan penyusunan undang-undang untuk presiden kepada parlemen. Selain itu, ia juga harus melakukan pemantauan serta analisis mengenai urusan dalam dan luar negeri untuk presiden.

Selama ini, perubahan personil dalam kremlin sangat jarang dilakukan. Hal ini dikatakan oleh Putin sebagai bentuk penghargaan terhadap loyalitas para staf yang berdedikasi tinggi untuk negara.

Pergantian Ivanov yang dilakukan sebulan sebelum pemilihan parlemen baru Rusia menimbulkan sejumlah pertanyaan. Beberapa menilai bahwa pria berusia 63 itu dengan sendirinya ingin mengundurkan diri dan sebagian lainnya melihat Putin ingin orang yang baru karena merasa gugup atas pemilihan tersebut.

Seorang ahli strategi dan anlisis di Bank Nomura, Timothy Ash melihat bahwa Putin khawatir dengan popularitasnya menjelang pemilihan. Hal ini karena partainya mungkin tidak akan mennag dengan mudah.

“Terlihat Putin lebih berkonsentrasi dengan membuat personil pengawal baru yang diharapkan bisa menghapus saingan potensial dalam pemilihan bulan depan,” ujar Ash dilansir Reuters, Ahad (14/8).

Meski demikian, Putin mengatakan ia dan Ivanov selama ini telah menjadi mitra kerja yang baik. Ia juga menekankan, bahwa mantan tangan kanan dirinya itu akan menjadi perwakilan negara dalam bidang ekologi dan transportasi.

“Saya telah bekerjasama dengan baik dengan Ivanov dan saya memahami keinginannya untuk pindah ke bidang lain,” jelas Putin.

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!