Hari Kidal Sedunia, Ini 13 Fakta Menarik tentang Si Kidal

redaksi.co.id - Hari Kidal Sedunia, Ini 13 Fakta Menarik tentang Si Kidal Anda termasuk si kidal? Selalu mengandalkan tangan kiri dalam setiap aktivitas? Nah, setiap tanggal...

12 0

redaksi.co.id – Hari Kidal Sedunia, Ini 13 Fakta Menarik tentang Si Kidal

Anda termasuk si kidal? Selalu mengandalkan tangan kiri dalam setiap aktivitas? Nah, setiap tanggal 13 Agustus diperingati hari kidal sedunia. Ini 13 fakta mengagumkan tentang kidal dipaparkan Telegraph, 13 Agustus 2016:

1. Pengguna tangan kidal hanya 10 persen dari seluruh populasi dunia dan jumlah ini tak berubah selama ribuan tahun. Laki-laki lebih banyak sebagai pengguna tangan kiri.

2. Orang-orang kidal dalam sejarah dianggap inferior dibanding pengguna tangan kanan. Bahkan si kidal diasosiasikan dengan penyihir.

3. Menjabat tangan dengan menggunakan tangan kiri tanda tak hormat. Anggapan ini muncul dari Abad Pertengahan ketika orang-orang membersihkan tangan kirinya usai keluar dari toilet atau wc.

4. Kata “left” (kiri) dikaitkan dengan kata orang yang suka mengancam yakni sinister yang berasal dari bahasa Latin yaitu “sinestra”. Nah, kata sinestra ini, memiliki makna aslinya yaitu “left” atau arti lainnya “setan” atau “tak beruntung”.

5. Cincin pernikahan dikenakan di jari ketiga tangan kiri yang ini berakar dari budaya orang-orang Yunani dan Roma. Mereka yang mengenakan cincin itu akan menangkal setan bersama-sama tangan kirinya.

6. Rafael Nadal, jagoan tenis dunia, mengubah dirinya jadi pemain tenis kidal. Perubahan ini dianggap mitos bahwa pelatih dan mentornya Toni Nadal mengingatkannya bahwa menjadi pemain kidal membawa manfaat yang lebih besar saat bertanding di lapangan tenis.

7. Si kidal dianggap sebagai orang yang pintar, walau diketahui itu bukan pujian sungguh-sungguh. Misalnya pernyataan seperti ini: “Anda sangat mampu untuk seseorang yang tidak punya pengalaman.”

8. Istilah “sayap kiri” ditemukan pada tahun 1790, ketika parlemen dari revolusi Prancis yang mewakili orang-orang sosialis memilih duduk di sebelah kiri pemimpin sidang. Orang-orang kiri saat itu dianggap musuh dari kepentingan elit-elit tradisional.

9. Dalam keyakinan tradisional kaum Kristen, kiri diasosiasikan dengan setan berdasarkan ayat dari Penghakiman Terakhir bahwa yang dikutuk ditempatkan di sebelah kiri, dan yang diselamatkan ditempatkan di sebelah kanan.

10. Di film The Simpsons, karakter Ned Flanders membuka toko untuk mengenali penderitaan orang-orang kidal.Produk-produk hasil kerja si kidal dinamai “The Leftorium”.

11. Lima dari tujuh presiden Amerika Serikat menulis dengan menggunakan tangan kiri yakni, Gerald Ford, Ronald Reagan, George H.W Bush, Bill Clinton, dan Barack Obama.

12. Orang-orang kiri juga dijuluki “southpaws”. Istilah ini lahir dari permainan basebal untuk menggambarkan pengumpan kidal.

13. Bahkan ada tempat yang diberi nama Tangan Kiri yakni di Virginia, Amerika Serikat, yakni Lefthand Run creek, sebuah sungai kecil di West Virginia.

(red/ngga/eksa/AR)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!