5 Trik Agar Dompet Tetap Aman Pas Tanggal Tua

167

redaksi.co.id – 5 Trik Agar Dompet Tetap Aman Pas Tanggal Tua

Tanggal tua dan isi dompet bikin ketar-ketir ngalahin dag dig dugnya ngelamar pacar itu kayaknya dialami hampir semua pekerja kantoran ya. Hayo ngaku, siapa yang mengeluh tentang hal yang sama? Pasti kamu juga deh hehehe.

Bukan rahasia lagi deh buat beberapa orang tanggal 20-an setiap bulan adalah saat-saat paceklik buat dompet.

Kalau gak hati-hati, kantong bisa jebol kayak bendungan Katulampa. Ini biasanya berlaku buat mahasiswa, yang masih mengandalkan kiriman uang dari orang tua. Tapi ada juga orang yang sudah bekerja masih mengalami hal kayak gini. Ups, sori ya bro kalau kesindir.

Tapi, keluhan klise kayak gini gak bakal terlontar kalau mereka tahu triknya. Trik ini bukan rahasia negara kok. Namun ada yang belum mengetahuinya. Gini nih 5 trik biar dompet tetap aman meski masuk tanggal tua.

1. Belajar masak

Gak usah pandang cowok atau cewek, belajar masak itu berguna pakai bingits loh. Saat tanggal tua, apa iya kita masih mau terus makan di luar? Mending masak sendiri, dong. Namun ada yang berdalih gak bisa masak, jadi tetap makan di luar. Solusinya, ngutang di warung. Sayang, dalam hal ini, utang sebenarnya bukan solusi.

Mending belajar masak deh, biar bisa jadi amunisi pas keuangan menipis. Ya hitung-hitung sebagai investasi juga. Siapa tahu kelak malah bisa buka bisnis warung makan sendiri?

2. Cari yang gratis-gratis

Zaman sekarang internet udah kayak oksigen. Mau akses Internet, cari tempat yang nyediain wi-fi gratis. Itu salah satu contohnya biar dompet tetap aman pas tanggal tua. Pas makan di warung, minta minum air putih saja atau teh tawar. Yang penting gak bayar.

Yang lebih ekstrem dan menantang urat malu, rajin-rajin datang ke resepsi orang buat makan gratis. Cukup modal pakaian bagus, bisa makan kenyang, hehehe.

3. Kumpulin daftar promo

Ada beberapa situs yang menyediakan informasi seputar promo dan diskon produk serta jasa tertentu. Ini bisa dimanfaatkan saat tanggal tua dan mau menjaga keamanan isi dompet. Pas mau potong rambut, contohnya. Cari salon atau barber shop yang lagi ngadain promo.

Kalau punya kartu kredit, lebih oke lagi. Biasanya bank penerbit kartu kredit punya banyak program yang ramah buat kantong. Bisa dimanfaatkan tuh, jangan cuma asal gesek ya.

4. Ambil proyek sampingan

Ngerasa punya waktu luang dan keahlian khusus di luar pekerjaan rutin, manfaatin semaksimal mungkin. Isi waktu itu dengan mengambil proyekan alias pekerjaan sampingan. Dengan demikian, sumber pendapatan gak hanya satu. Syukur-syukur pekerjaan sampingan itu memberikan lebih banyak pemasukan.

Tapi ingat, jangan sampai pekerjaan utama terganggu oleh proyekan tersebut ya. Bisa-bisa malah sudah jatuh tertimpa tangga. Penghasilan proyekan gak seberapa. Eh, punya masalah dengan tempat kerja. Gak jadi untung, malah buntung.

5. Bedakan kebutuhan dan keinginan

Saat menjelang tanggal tua, jangan lupa selalu mengutamakan kebutuhan di atas keinginan. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan. Misalnya atap kamar jebol dan sol sepatu terbuka secara bersamaan. Jangan sampai yang diprioritaskan beli sepatu baru.

Emangnya mau tidur sambil ketetesan air pas hujan? Mending sepatu direparasi saja dulu. Renovasi atas yang jebol lebih diutamakan karena memang dibutuhkan. Kira-kira begitu cara berpikirnya.k to keep up to date with our latest news and articles.

(red/ijayanto/W)

loading...

Comments

comments!