6 Seleb Ini Punya Darah Pahlawan Nasional

redaksi.co.id - 6 Seleb Ini Punya Darah Pahlawan Nasional 17 Agustus dikenang sebagai hari kemerdekaan Republik Indonesia. Banyak orang gugur di medan pertempuran saat mengusir penjajah...

42 0

redaksi.co.id – 6 Seleb Ini Punya Darah Pahlawan Nasional

17 Agustus dikenang sebagai hari kemerdekaan Republik Indonesia. Banyak orang gugur di medan pertempuran saat mengusir penjajah hingga menjadikan Indonesia negara merdeka. Mereka yang gugur kemudian disebut sebagai pejuang kemerdekaan dan dianugerahi gelar pahlawan nasional.

Namun, siapa sangka jika para pejuang kemerdekaan dan pahlawan nasional Indonesia memiliki generasi penerus yang membesarkan industri hiburan Tanah Air. Lewat karyanya, para generasi penerus sang pahlawan, sukses menorehkan prestasi gemilang di ranah hiburan.

Liputan6.com merangkum enam artis yang memiliki garis keturunan pahlawan dan pejuang kemerdekaan. Berikut ini daftarnya :

Artis penyanyi Maia Estianty diketahui memiliki garis keturunan dari pahlawan nasional H.O.S Cokroaminoto. Sebelumnya, tak banyak yang mengetahui jika Maia adalah cicit seorang pahlawan. Maia pun merasa bangga memiliki darah pahlawan.

Kebanggaan Maia Estianty menjadi cucu H.O.S Cokroaminoto juga diperlihatkannya saat tampil di film “Guru Bangsa: Tjokroaminoto” besutan sutradara Garin Nugroho.

Nama Oto Iskandardinata sangat populer awal kemerdekaan RI. Ia rupanya didaulat sebagai seorang menteri negara di kabinet pertama Soekarno-Hatta.

Nama sutradara Nia Dinata pun diketahui sebagai cicit dari sang pahlawan nasional.

Sutradara kelahiran Jakarta, 4 Maret 1970 diketahui merupakan putri dari Dicky Iskandardinata, yang tak lain adalah cucu Oto Iskandardinata.

Artis cantik Dian Sastro ternyata juga merupakan cucu dari pahlawan pergerakan Indonesia, Prof. Sunario Sastrowardoyo (1902-1997). Kakek Dian merupakan Menteri Luar Negeri indonesia ke-7, Menteri Perdagangan ke-12, Duta Besar Indonesia untuk Inggris tahun 1960 dan rektor universitas Diponegoro (Semarang) tahun 1963.

Kakek Dian Sasto ini lahir di Madiun, 28 Agustus 1902. Prof. Sunario adalah seorang muslim, namun beliau menikahi gadis protestan Minahasa yang cantik bernama Dina Maranta Pantauw. Mereka dikarunia 4 anak, satu di antaranya adalah ayah Dian Sastro.

Musisi kenamaan Setiawan Djodi merupakan cucu dari pahlawan nasional Dr. Wahidin Sudiro Husodo. Pria kelahiran 13 Maret 1949 itu, juga pernah terlibat dalam lahirnya grup musik SWAMI pada 1989, yang personelnya di antaranya Iwan Fals, Sawung Jabo, Inisisri, Jockie Suryoprayogo dan Totok Tewel.

Djody mulai merintis karirnya sebagai seorang pengusaha saat ia menimba ilmu di Amerika Serikat. Di sana, ia berkenalan dengan salah seorang anggota keluarga raja minyak Rockefeller. Dari perkenalan itu, ia banyak mempelajari strategi bisnis. Awal tahun 70-an, saat menginjakkan kaki kembali di tanah air, Djody menerapkan ilmu yang telah didapatnya dengan mengembangkan bisnis perminyakan dan properti.

Artis senior Dewi Yull diketahui juga memiliki darah pejuang. Mantan istri Ray Sahetapy itu merupakan cicit dari R.M. Tirto Adhisoerjo, Bapak Pers Indonesia, seorang pejuang pertama yang mendirikan Surat Kabar Medan Prijaji.

Sama seperti kebanyakan cicit, Dewi pun merasa bangga memiliki seorang kakek yang merupakan pejuang kemerdekaan.

Siapa sangka artis Asri Welas ternyata memiliki garis keturunan dari Pangeran Diponegoro. Ia terhitung keturunan ke-7 dari pahlawan yang berjuluk Pangeran Goa Selarong itu.

Asri Welas mengaku terlambat mengetahui dirinya masih keturunan Pangeran Diponegoro. Aku tahunya too late ya, sekitar satu atau dua tahun ini. Nggak nyangka sekaligus bangga lah, karena tahu perjuangan kakek buyutku itu sangat mulia. Coba cek lagi di buku-buku sejarah bagaimana besarnya peran Pangeran Diponegoro dalam mengusir penjajah, ucapnya senang. (Gie)

(red/udhi/wi/nggoro/YDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!