Ingin Bebas Utang, Ikuti Saja 5 Tips Mudah Ini

redaksi.co.id - Ingin Bebas Utang, Ikuti Saja 5 Tips Mudah Ini Apakah Anda termasuk orang yang masih terbelenggu di dalam utang? Tidak bisa dipungkiri bahwa menjauhi...

17 0

redaksi.co.id – Ingin Bebas Utang, Ikuti Saja 5 Tips Mudah Ini

Apakah Anda termasuk orang yang masih terbelenggu di dalam utang? Tidak bisa dipungkiri bahwa menjauhi utang memang cukup sulit dilakukan.

Setiap saat kebutuhan senantiasa berubah dan bertambah. Apalagi jika Anda sudah berumahtangga dan memiliki anak. Utang pun menjadi solusi akhir untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang harus dipenuhi.

Coba ingat dan pikirkan apa saja kebutuhan yang ingin Anda penuhi. Mulai dari makanan sehari-hari, membeli rumah, merenovasi rumah, memperbaiki kendaraan, pendidikan anak, dan masih banyak lainnya.

Banyak orang yang merasa kesulitan saat melunasi utang mereka. Biasanya hal ini terjadi karena penundaan yang terus dilakukan. Bisa juga karena kemampuan finansial yang tidak memadai.

Salah satu solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah utang ialah dengan memecahnya menjadi langkah-langkah kecil yang harus dilakukan, seperti mencicil. Berikut ini merupakan beberapa cara mencicil utang dengan mudah yang bisa Anda lakukan melansir laman cermati, Selasa (16/8/2016)

1. Membuat daftar utang

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah membuat daftar utang. Tulis semua utang yang Anda miliki pada catatan tersebut. Sebaiknya urutkan dari hutang terkecil hingga terbesar agar Anda bisa menentukan prioritas mana yang ingin didahulukan. Jangan lupa untuk mencantumkan suku bunga yang berlaku untuk setiap hutang.

2. Menetapkan skala prioritas pembayaran

Setelah membuat daftar utang yang telah diurutkan dari nominal kecil hingga besar, Anda bisa membayar utang yang kecil terlebih dahulu. Lunasi utang-utang kecil tersebut agar tidak menjadi beban bagi Anda.

Utang yang besar bisa Anda coba cicil agar bisa segera lunas. Anda juga bisa menyelesaikan utang dengan bunga yang tinggi terlebih dahulu, baru melunasi utang yang bunganya lebih rendah.

Jangan sampai menunda pembayaran utang yang berbunga besar karena bisa membuat utang Anda semakin menumpuk. Para ahli merekomendasikan untuk membayar minimal dua kali pembayaran minimal. Tujuannya agar utang Anda akan selesai kurang dari tiga tahun.

3. Mencicil dengan nominal kecil secara periodik

Salah satu cara terbaik untuk menangani hutang ialah dengan cara memecah saldo yang besar ke dalam pembayaran yang dikelola berdasarkan anggaran realistis yang telah dibuat.

Anda bisa menetapkan tujuan realistis untuk melunasi sebagian dulu dalam sebulan. Daripada membayar langsung banyak dan tidak realistis, hal ini bisa jadi hal yang sia-sia belaka.

Bahkan beberapa orang ada yang memilih menetapkan cicilan dalam waktu mingguan dulu agar lebih mudah. Mungkin jumlahnya dibuat lebih kecil, namun rutin setiap minggu.

Carilah cara agar setiap minggu bisa melakukan penghematan, kemudian alokasikan uang yang telah dihemat tersebut untuk mencicil hutang tersebut. Perubahan yang dilakukan dari cara kecil seperti ini bisa membantu melunasi hutang Anda.

4. Tidak menyelesaikan utang dengan utang lainnya

Saat sedang berusaha melunasi seluruh utang Anda, sebaiknya jangan menambah utang lainnya yang bisa membuat Anda semakin susah. Jangan asal belanja dengan menggunakan kartu kredit, atau jangan membuka kartu kredit baru.

Selesaikan terlebih dahulu utang yang wajib untuk dibayar sekarang. Ingat, jangan menggali lubang lagi saat kita sedang berusaha menutup lubang.

5. Tidak menggunakan kartu kredit

Di satu sisi, kartu kredit memang bisa memudahkan kita memenuhi kebutuhan yang sedang kita butuhkan. Namun di sisi lain, kartu kredit juga bisa menjadi bumerang bagi diri kita sendiri. Jangan mudah terlena untuk berbelanja barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Jangan gelap mata melihat benda-benda yang Anda sukai dan inginkan. Jika perlu, tutup saja kartu kredit Anda. Terlebih lagi jika hutang Anda di kartu kredit sudah lunas dibayar.

Langkah tegas ini perlu dilakukan agar bisa mengontrol diri Anda, sekaligus menghemat pengeluaran tahunan. Anda tidak akan mudah tergoda untuk mengeluarkan banyak uang. Apabila Anda merasa tidak praktis jika tidak menggunakan kartu kredit, atau malas membawa uang tunai, Anda bisa mengganti kartu kredit dengan kartu debit yang jauh lebih aman.

Setelah utang lunas, jangan berutang lagi

Itu tadi beberapa langkah mudah mencicil hutang yang bisa Anda coba lakukan. Ingat, hidup dalam belenggu sangat tidak enak. Bahkan saat Anda tidur di malam hari saja masih kepikiran dengan utang yang harus dilunasi. Saat menerima gaji pun demikian.

Bukannya Anda menikmatinya, namun Anda harus menyebar uang gaji tersebut untuk melunasi utang. Segera lunasi utang Anda agar hidup Anda jauh lebih tenang dan bahagia. Setelah lunas, jangan berutang lagi ya!. (nrm/Ndw)

(red/aini/J)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!