7 Pertanda Seseorang 'Terlahir' Sebagai Pemimpin

131

redaksi.co.id – 7 Pertanda Seseorang 'Terlahir' Sebagai Pemimpin

Menjadi seorang pemimpinyang baik memang membutuhkan usaha yang ekstra. Namun, untuk beberapa orang yang memang ‘dilahirkan’ sebagai seorang pemimpin, mereka sepertinya dapat membimbing bawahannya dengan gampang.

Tapi, tahukah Anda apa saja ciri-ciri pribadi yang memang dilahirkan sebagai seorang pemimpin?

Apakah Anda termasuk salah satu pemimpin ‘natural’? Seperti dikutip dari Forbes.com, Senin (15/8/2016), berikut 7 ciri-ciri yang dimiliki seorang pemimpin.

1. Memimpin

Tentu saja, untuk menjadi seorang pemimpin Anda harus berani mengambil langkah pertama dalam melakukan sesuatu.

Seorang pemimpin tidak menunggu seseorang menyuruhnya untuk bergerak duluan. Dia berinisiatif untuk mengendalikan keadaan dalam setiap kesempatan.

Mereka tidak menunggu orang lain meminta tolong. Orang yang terlahir sebagai pemimpin akan memberikan pertolongan tanpa diminta.

Orang yang mempunyai bakat sebagai pemimpin akan melakukan hal tersebut di mana pun dan kapan pun dalam keseharian mereka

2. Bergerak Aktif dan Komitmen

Bergerak aktif tidak selalu berati melakukan olahragaseharian dan berkepanjangan tanpa henti. Hal ini lebih dimaksudkan dengan berkomitmen atas pilihan yang telah diambil.

Misalnya, seorang pemimpin akan bangun lebih awal setiap harinya, jika telah bertekad melakukan jogging di setiap pagi. Mereka menggerakkan tubuh mereka setiap harinya. Bahkan berjalan menuju kantor pun dihitung sebagai rutinitas olahraga.

Olahraga terbukti dapat meningkat produktifitas seseorang. Endorfin yang didapatkan dari latihan fisik juga dapat meningkatkan kepercayaan diri.

Dan kepercayaan diri merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang pemimpin.

3. Membuat Daftar Pencapaian

Seorang pemimpin memulai hari mereka dengan menuliskan daftar apa saja yang akan mereka lakukan sepanjang hari.

Seiring dengan berjalannya waktu, setiap kali menyelesaikan pekerjaan dalam daftar mereka, seorang pemimpin akan mencoret list mereka dengan bangga.

Pemimpin yang cerdas cenderung mengerjakan pekerjaan yang berat terlebih dahulu. Hal tersebut akan mengurangi tekanan stres, dibandingkan menunda melakukan hal berat tersebut.

Setiap akhir pekan, orang-orang yang terlahir sebagai seorang pemimpin akan merenungkan kembali apa yang telah mereka lakukan, dan mencari cara untuk meningkatkan kemampuan manajemen waktu mereka.

Pemimpin tahu bagaimana caranya menyelesaikan pekerjaan.

4. Seorang Pemimpin Mendengarkan

Menjadi seorang pemimpin bukan berarti bebas menyuruh rekan atau mengintimidasi kolega sepanjang waktu. Seorang pemimpin yang baik, mendengarkan pendapat rekannya dan merenungkan apa yang telah diucapkannya.

Pada umumnya, orang akan tertarik pada seorang pemimpin yang mau mendengarkan mereka, dipercaya, dan merasa terwakilkan olehnya.

Seorang pemimpin mendapatkan kepercayaan rekannya dengan memberikan contoh.

5. Terbuka untuk Perubahan

Seorang pemimpin yang baik selalu update informasi dan tidak takut untuk melakukan perubahan. Mereka belajar dari kesalahan masa lalu dan berani untuk memulai hal baru.

Pemimpin tidak takut menjadi ‘orisinal’ dan mereka selalu mempunyai seribu pertanyaan. Mereka tidak pernah berhenti belajar.

6. Menikmati Hidup

Menjadi seorang pemimpin yang sukses, tidak berati Anda harus kerja terus menerus tanpa henti. Seorang pemimpin biasanya fokus pada target mereka, tanpa lupa menikmati kehidupan.

Mereka tahu dengan menyediakan waktu untuk berlibur, nonton bersama keluarga, atau makan malam bersama orang terkasih, dapat mempengaruhi kesuksesan mereka.

7. Percaya pada Timnya

Seorang pemimpin yang baik tidak melakukan pekerjaannya sendiri. Dia akan membagi tugas kepada rekan, dan mengarahkan mereka.

Pemimpin yang baik tahu bagaimana caranya membagi tugas berdasarkan keahlian rekan timnya. Tim yang bekerja dengan baik dan bagus merupakan pertanda mereka memiliki pemimpin yang kuat.

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

loading...

Comments

comments!