Menteri Arcandra soal paspor AS: Banyak hal yang harus saya kerjakan

redaksi.co.id - Menteri Arcandra soal paspor AS: Banyak hal yang harus saya kerjakan - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar kembali bungkam...

32 0

redaksi.co.id – Menteri Arcandra soal paspor AS: Banyak hal yang harus saya kerjakan

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar kembali bungkam soal riwayatnya kepemilikan paspor Amerika Serika (AS). Meski dia sudah menegaskan resmi sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), Arcandra enggan mengungkapkan kebenaran kabar bahwa dia pernah berstatus sebagai WN AS.

Saat ditemui wartawan usai rapat koordinasi dengan beberapa menteri terkait harga gas di Kantor Kementerian Bidang Perekonomian, Arcandra juga engga berkomentar. Dia mengaku tak ingin terganggu dengan adanya kabar dua kewarganegaraan.

“Yang jelas kita kerja seperti tadi ada hal yang dikerjakan secepatnya sesuai dengan arahan pak Presiden,” ujarnya di Jakarta, Senin (15/8).

Bahkan, Arcandra meminta kepada awak media untuk tidak secara terus menerus menanyakan hal-hal yang bukan kaitannya dengan kinerja pemerintah.

“Hal-hal yang di luar itu mohon kiranya teman-teman beri ruang untuk bekerja, banyak hal yang harus saya kerjakan,” pungkasnya.

Sebelumnya, kabar tidak sedap menerpa Menteri ESDM Arcandra Tahar. Menteri yang belum genap satu bulan diangkat Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu diisukan memiliki status kewarganegaraan ganda. Warga Negara Amerika Serikat dan Warga Negara Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Arcandra kembali buka suara. Saat ditemui usai perayaan acara HUT Kemerdekaan RI ke-71 di Kementerian ESDM, dia kembali membantah tuduhan tersebut. Arcandra bahkan memperkenalkan istrinya sebagai bukti jika dia masih berstatus warga negara Indonesia.

“Ini istri saya, sudah kenal kan? Coba lihat tampangnya gimana? Orang Indonesia engga? Saya itu orang Padang asli, istri saya orang Padang asli. Lahir dan besar di Padang. Cuma saat kuliah S2, S3 saya di AS. Saya pergi ke AS pada 1996. Sampai saat sekarang saya masih memegang paspor Indonesia. Paspor Indonesia saya masih valid. Hayo, mau nanya apa lagi?,” ujarnya di Jakarta, Minggu (14/8).

Arcandra menegaskan, proses perihal kepindahan status kewarganegaraan sudah dikembalikan. Dia bahkan menantang untuk mencek data yang ada di paspornya.

“Saya masih pegang paspor Indonesia. Proses-proses yang di sana yang berkaitan dengan pertanyaan teman-teman sudah saya kembalikan. Jadi itu, coba lihat tampang saya kan, Bahasa Indonesianya masih medok. Silakan cek paspor saya,” tegasnya.

Baca juga:Menteri Arcandra sesumbar bisa tekan biaya pengembangan Blok MaselaESDM bangun 246 pembangkit tenaga matahari di Pulau EngganoBos Pertamina tak masalah PGE diakuisisi PLNKembangkan panas bumi, ESDM siapkan tiga terobosanTelan investasi besar, pengusaha PLTP minta kepastian pemerintahEkonomi global jadi kendala dalam proyek listrik 35.000 MWESDM: Walaupun ganti pimpinan, 35.000 MW jalan terus

(red/ovi/riawan/NT)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!