Jokowi Hari Ini Sampaikan Nota Keuangan dan RAPBN 2017

redaksi.co.id - Jokowi Hari Ini Sampaikan Nota Keuangan dan RAPBN 2017 Jelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyampaikan Pidato Kenegaraan, Nota...

32 0

redaksi.co.id – Jokowi Hari Ini Sampaikan Nota Keuangan dan RAPBN 2017

Jelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyampaikan Pidato Kenegaraan, Nota Keuangan dan Rancangan Undang-undang Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RUU APBN) 2017 di hadapan seluruh pimpinan maupun anggota MPR, DPR, dan DPD RI.

Ini adalah kedua kalinya Jokowi tampil untuk agenda sakral tersebut. Dari agenda yang diterima Liputan6.com, Selasa (16/8/2016), Jokowi dijadwalkan membuka agenda penting ini dengan pidato di Sidang Tahunan MPR tahun 2016 pada pukul 09.00 WIB di gedung MPR/DPR, Jakarta.

Selanjutnya pukul 10.30 WIB, dalam acara Sidang Bersama DPR dan DPD, Presiden Jokowi akan memberikan pidato kenegaraan setelah pembukaan sidang oleh Ketua DPR RI.

Acara tersebut rencananya akan dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, seluruh menteri Kabinet Kerja, pimpinan maupun anggota MPR, DPR, dan DPD, gubernur, bupati, walikota, pelaku usaha, serta tamu undangan lainnya.

Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian RUU APBN 2017 di acara Rapat Paripurna DPR oleh Presiden Jokowi pada pukul 14.00 WIB.

Setelah agenda Presiden tuntas dalam rangka HUT Kemerdekaan RI, agenda berikutnya 19 menteri Kabinet Kerja rencananya akan menggelar konferensi pers terkait Nota Keuangan dan RAPBN 2017 pukul 17.00 WIB di Kantor Pusat Ditjen Pajak.

Menteri tersebut diantaranya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, serta menteri ekonomi lainnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Komisi XI DPR RI dan pemerintah telah menyepakati empat asumsi dasar ekonomi makro dalam naskah RAPBN 2017. Meliputi :

– Pertumbuhan ekonomi : 5,2 persen-5,6 persen

– Inflasi : 3 persen-5 persen

– Kurs Rupiah : Rp 13.300-Rp 13.600 per dolar AS

– Suku Bunga SPN 3 bulan : 5 persen-6 persen

(red/aini/J)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!