Hampir 90 Persen Rumah di Inggris Terkoneksi Internet

redaksi.co.id - Hampir 90 Persen Rumah di Inggris Terkoneksi Internet Sekitar 42 juta orang dewasa di Inggris mengakses internet hampir setiap hari pada 2016, demikian disampaikan...

12 0

redaksi.co.id – Hampir 90 Persen Rumah di Inggris Terkoneksi Internet

Sekitar 42 juta orang dewasa di Inggris mengakses internet hampir setiap hari pada 2016, demikian disampaikan Kantor Statistik Nasional (ONS).

Survei ONS mengungkap, hampir 90 persen rumah di Inggris (23,7 juta) memiliki akses Internet saat ini, di mana angka tersebut meningkat dari 86 persen pada 2015 dan 57 persen pada 2006.

Sepuluh tahun yang lalu, hanya lebih dari sepertiga warga Inggris menggunakan Internet setiap hari, sedangkan tahun ini angkanya 4 persen lebih tinggi dibandingkan tahun lalu.

Selain itu, analisis terbaru menunjukkan bahwa 21 persen orang dewasa saat ini menggunakan televisi pintar untuk terhubung ke Internet.

Tahun ini, 77 persen orang dewasa telah membeli barang atau jasa secara online, di mana angka tersebut naik 1 persen dibandingkan tahun lalu, namun naik 53 persen dibandingkan 2008.

“Penggunaan internet regular terus meningkat, delapan dari 10 orang akan online hampir setiap hari di 2016,” kata Kate Davies, Divisi Survei dan Indikator Ekonomi ONS dilansir Xinhua Senin (15/8).

Namun, banyak orang berusia lanjut yang masih mengejar ketinggalan revolusi digital, dengan hampir setengah dari pensiunan masih tidak memiliki akses internet sama sekali.

Sementara itu, 71 persen orang dewasa Inggris mengakses internet melalui ponsel pintar, dengan 61 persen menggunakan laptop atau perangkat netbook dan 52 persen menggunakan komputer tablet.

Hanya 40 persen pengguna yang mengandalkan komputer di atas meja untuk mengakses Internet.

ONS mengatakan 75 persen orang dewasa sekarang menggunakan internet dalam perjalanan melalui ponsel atau komputer portabel atau perangkat genggam.

Namun, hanya sepertiga dari orang berusia 65 tahun ke atas yang mengakses internet di mana saja.

Survei tersebut juga membawa berita buruk bagi industri media cetak, karena aktivitas internet yang disurvei pada 2007 dan 2016 menunjukkan peningkatan aktivitas masyarakat pembaca berita koran atau majalah secara online meningkat tajam.

Peningkatan tersebut mencapai 60 persen dari orang dewasa membaca berita secara online pada 2016, atau meningkat tiga kali lipat jika dibandingkan 2007.

Sejauh ini, kelompok terbesar pengguna internet banking adalah mereka yang berusia 25 sampai 34 tahun, sedangkan hanya seperempat dari mereka yang berusia 65 tahun memanfaatkan fasilitas perbankan online ini.

Inggris mengakhiri abad ke-20 dengan sekitar satu dari 10 rumah tangga yang memiliki akses internet. Lima tahun di era milenium, angkanya bertambah hingga setengahnya. Saat ini, sembilan dari 10 rumah di Inggris telah memiliki akses internet.

(red/ovi/riawan/NT)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!