Keputusan Presiden Copot Arcandra Tahar Dinilai Tepat

redaksi.co.id - Keputusan Presiden Copot Arcandra Tahar Dinilai Tepat Presiden Joko Widodo dinilai sudah mengambil langkah tepat menghentikan Arcandra Tahar dari jabatannya Menteri Energi Sumber Daya...

20 0

redaksi.co.id – Keputusan Presiden Copot Arcandra Tahar Dinilai Tepat

Presiden Joko Widodo dinilai sudah mengambil langkah tepat menghentikan Arcandra Tahar dari jabatannya Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM).

Pengamat Energi Priagung Rakhmanto mengatakan, mencopot jabatan Menteri ESDM merupakan keputusan yang tepat. Pasalnya, Arcandra tersandung persoalan kewarganegaraan.

“Memang sudah keputusan sudah betul, keputusan diberhentikan,” kata Priagung, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Senin malam (15/8/2016).

Priagung menilai, Keputusan tersebut bertujuan untuk mencegah keberlanjutan masalah ke depannya, sehingga akan membebani negara.

“Sudah terbukti untuk apa punya menteri membebani,” ucap Priagung.

Seperti diketahui, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar diberhentikan dari jabatannya.

“Setelah memperoleh informasi dari berbagai sumber, Presiden memutuskan untuk memberhentikan dengan hormat saudara Arcandra Tahar dari posisinya sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral,” kata Menteri Sekretaris Kabinet Pratikno di Istana Negara, Senin.

Dalam beberapa hari ini, Arcandra diterpa isu mengenai status kewarganegaraannya. Arcandra dikabarkan pernah menjadi warga negara Amerika Serikat dan memiliki paspor negara tersebut.

Sebelumnya Arcandra menegaskan masih memegang paspor Indonesia. Hal tersebut menjadi bukti dirinya masih merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).

Penegasan ini sebagai bentuk bantahan kabar yang menyebutkan dirinya sudah menjadi Warga Negara Amerika Serikat, melalui proses naturalisasi pada Maret 2012 dengan diambilnya oath of allegiance atau sumpah setia kepada negara Amerika Serikat.

Candra memastikan masih menjadi WNI meski telah bermukim dan berkarir di Amerika Serikat selama 20 tahun. Bahkan dia menegaskan bukti paspor Indonesia yang dapat dibuktikan validitasnya.

“Saya masih pegang paspor Indonesia, masih valid,” tuturnya beberapa hari lalu.

(red/oudlon/R)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!