Kisah Inspiratif 5 Pengusaha Muda Usia 20 Tahun yang Bisa Kamu Tiru

redaksi.co.id - Kisah Inspiratif 5 Pengusaha Muda Usia 20 Tahun yang Bisa Kamu Tiru Ketika hendak membuka usaha, orang kadang gak hanya butuh duit modal. Saat...

124 0

redaksi.co.id – Kisah Inspiratif 5 Pengusaha Muda Usia 20 Tahun yang Bisa Kamu Tiru

Ketika hendak membuka usaha, orang kadang gak hanya butuh duit modal. Saat ada duit, bisa saja usaha gak dibuka-buka karena gak ada hal ini: inspirasi!

Ya, bagi beberapa orang, inspirasi amatlah penting. Bahkan mereka yang gak punya modal bisa saja langsung bergerak bikin bisnis setelah terinspirasi sesuatu, atau seseorang.

Toh, modal adalah perkara yang gampang karena bisa didapatkan dari mana saja. Pinjaman ada di mana-mana, dari bank gede sampai lembaga kredit mikro dan koperasi.

Asal bukan lewat rentenir, ya. Kecuali sudah siap menghadapi preman-preman yang datang menagih utang meski kita hanya telat bayar cicilan sehari saja.

Buat kalian yang sedang membutuhkan inspirasi, berikut ini kisah inspiratif 5 pengusaha muda usia 20tahunyang bisa kita tiru:

1. Hamzah Izzulhaq (kelahiran 1993)

Hamzah Izzulhaq adalah pemuda yang sudah kelihatan jiwa entrepreneurnya sedari dia kecil. Dari berjualan kelereng sampai menjadi tukang ojek payung pernah dia jalani.

Saat masih SMA, dia mengikuti seminar bisnis. Dalam seminar itu, dia menangkap peluang berbisnis franchise bimbingan belajar. Sepulang seminar, dia menodong orang tuanya duit Rp 75 juta untuk membeli bisnis tersebut.

Hasilnya, bisnis itu sukses berat. Dia pun diganjar beragam penghargaan. Kini, bisnisnya masih berkembang dan dia kerap diundang ke banyak acara untuk membagikan kisah inspirasinya.

2. Hafiza Elfira Novitarini (kelahiran 1990)

Gadis ini sukses menjadi pengusaha sekaligus berguna secara sosial. Dia mendirikan Nalacity Foundation, sebuah organisasi yang membina para penderita kusta.

Di bawah bimbingan organisasi tersebut, para penderita kusta bisa diberdayakan. Mereka dilatih membuat jilbab untuk dijual. Yang menjadi pemimpin tentunya Hafiza.

Tak disangka, proyek sosialnya itu memberikan keuntungan baik bagi Hafiza maupun para penderita kusta di organisasinya. Itulah kenapa dia disebut sebagai sociopreneur, seorang pengusaha yang bergerak di bidang sosial.

3. Dea Valencia (kelahiran 1994)

Dea sukses menjadi pengusaha setelah mengikuti passion-nya. Cintanya kepada batik yang menuntunnya mendirikan usaha batik tulis sebelum ia genap berusia 20 tahun.

Misinya adalah membuat kalangan remaja gak menganggap batik ketinggalan zaman. Karena itu, dia mendesain baju batik yang kekinian.

Dalam usahanya, ia pun mempekerjakan karyawan yang menderita tunarungu. Sebagai alat pemasaran, dia menggunakan teknologi Internet, termasuk Facebook, Twitter dan media sosial lainnya.

4. Nicholas Kurniawan (kelahiran 1993)

Dari usaha ekspor ikan hias, pemuda ini sukses mengembangkan sayap bisnisnya sampai ke bidang properti. Berasal dari keluarga yang kurang berkecukupan, Nicholas tergerak untuk membantu orang tuanya.

Dia berjualan apa pun sejak kecil, dari minuman sampai baju. Sampai akhirnya jualannya berupa ikan hias dilirik pasar mancanegara.

Namun bisnis itu sempat goyang lantaran rekan kerjanya menilep duit usaha. Namun, upaya tak kenal lelahnya berbuah hasil manis. Bisnisnya gak kempis, malah berkembang menjadi besar hingga sekarang.

5. Valentina Meiliyana (kelahiran 1995)

Berawal dari hobinya mengutak-atik baju, akhirnya hatinya tertambat pada sepatu. Valentina berbisnis sepatu custom saat masih sekolah.

Lantaran bisnisnya ramai, dia sampai keluar dari sekolah dan memutuskan untuk home schooling agar waktunya bisa lebih banyak untuk bisnis. Valentina gak pernah belajar mode khusus, semuanya otodidak.

Namun dia terus memperdalam ilmunya dengan membaca dari majalah fashion dan media lainnya. Kini, lini usaha sepatunya terkenal dan berulang kali ikut tampil dalam peragaan busana kelas nasional.

Lima pengusaha muda usia 20-an di atas hanyalah contoh. Masih ada pengusaha muda lain yang punya kisah inspiratif dalam bisnis.

Buat kalian yang masih galau mau buka usaha di usia muda, mereka bisa menjadi inspirasi. Gak perlu jadi karyawan dulu untuk jadi pengusaha. Tinggal kitanya, mau atau tidak seperti mereka.

(red/udhi/wi/nggoro/YDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!