4 Aktor yang Pernah Berperan Sebagai Bung Hatta

redaksi.co.id - 4 Aktor yang Pernah Berperan Sebagai Bung Hatta Nama Mohammad Hatta atau Bung Hattaseakan tak bisa terpisahkan dari Bung Karno atau Soekarno. Keduanya adalah...

38 0

redaksi.co.id – 4 Aktor yang Pernah Berperan Sebagai Bung Hatta

Nama Mohammad Hatta atau Bung Hattaseakan tak bisa terpisahkan dari Bung Karno atau Soekarno. Keduanya adalah Bapak Proklamator Indonesia dan berperan besar dalam kemerdekaan Indonesia yang dideklarasikan pada 17 Agustus 1945.

Meski begitu, selama ini sosok yang lebih sering dimunculkan dan diangkat dalam bidang film adalah Bung Karno. Bahkan di bidang seni lainnya seperti film dokumenter, teater, wayang maupun cabang seni, sosok Bung Karno memang lebih sering ditampilkan. Sedangkan sosok Bung Hatta belum banyak ditampilkan.

Di film layar lebar, tokoh asal Sumatra Barat ini juga belum banyak dimunculkan. Bahkan film tentang Bung Hatta pun baru saja digarap oleh Erwin Arnada dan Salman Aristo. Itu pun belum diketahui kapan akan dirilis dan siapa saja pemain yang terlibat, termasuk siapa yang akan memerankan Bung Hatta. Walaupun begitu, sudah ada sejumlah film yang menampilkan sosok Bung Hatta.

Ada satu film yang cukup banyak memotret profil pahlawan nasional yang dikenal cerdas dan bersahaja itu. Siapa saja mereka? Setidaknya ada empat aktor yang pernah berperan sebagai Bung Hatta, dan tenyata dua diantara mereka profesi aslinya adalah penyanyi!

David Chalik

Kiprah David Chalik di dunia hiburan sebenarnya lebih banyak di bidang presenter. Selain itu ia juga pernah tampil di beberapa film layar lebar dan dokumenter. Salah satu film dokumenter yang pernah dibintanginya adalah Hatta, Kesunyian yang Berbisik di tahun 2002. David mendapat peran sebagai Bung Hatta dalam film yang menjadi bagian dari seri Tokoh Bangsa garapan Garin Nugroho.

Film yang merupakan kerjasama SET Productions dengan Yayasan Bung Karno itu, menampilkan rekaman video lama tentang Bung Hatta, wawancara dengan ahli sejarah dan dramatisasi kehidupan Bung Hatta yang diperankan David Chalik. David yang juga berdarah Minang tentu merasa senang dan bangga bisa memerankan Bung Hatta, yang merupakan salah satu idolanya.

Nugie

Pemilik nama lengkap Agustinus Gusti Nugroho ini memang lebih dikenal sebagai penyanyi dan personil band The Dance Company. Selain bermusik, adik Katon Bagaskara ini juga merambah dunia akting. Nugie pernah tampil di beberapa film dan sinetron, seperti Sang Pemimpi, Dua Pelangi, UGD dan Jenderal Soedirman.

Di film yang disebutkan terakhir, Nugie mendapat kepercayaan berperan sebagai Bung Hatta. Porsi perannya memang tak terlalu banyak di film yang dirilis pada 2015 itu. Karena yang jadi tokoh utamanya adalah Panglima Besar Soedirman (Adipati Dolken), Tjokropranolo (Ibnu Jamil) dan Bung Karno (Baim Wong). Tapi setidaknya kita bisa melihat sosok Bung Hatta dalam sudut pandang yang berbeda dalam sebuah film.

Edwin Libels

Satu lagi pemeran Bung Hatta yang mungkin tak diduga banyak orang sebelumnya. Dia adalah Edwin Rizal Manansang atau lebih dikenal dengan nama Edwin Libels, salah seorang personil Trio Libels. Di dunia musik pamor Trio Libels memang sudah tak diragukan lagi. Tapi ternyata, Edwin yang juga dikenal sebagai presenter ini mendapat peran sebagai Bung Hatta di film Ruma Maida (2009) yang disutradarai Teddy Soeriaatmadja.

Karakter Bung Hatta bukan yang utama di film yang juga menampilkan karakter Bung Karno (diperankan Imam Wibowo). Porsi Edwin sebagai Bung Hatta pun tak terlalu banyak di sini. Film yang skenarionya ditulis oleh Ayu Utami ini menampilkan cerita di masa sekarang di masa sebelum kemerdekaan Indonesia.

Lukman Sardi

Dibandingkan film-film lainnya, karakter Bung Hatta cukup banyak dikupas dan ditampilkan di film Soekarno: Indonesia Merdeka (2013). Dengan mengangkat tema utama persiapan kemerdekaan Indonesia, tentunya sosok Bung Hatta yang diperankan aktor kawakan Lukman Sardi cukup banyak dimunculkan.

Akting Lukman juga mendapat banyak pujian di film besutan Hanung Bramantyo ini. Bahkan duet aktingnya dengan Ario Bayu, disebut-sebut sebagai yang terbaik dalam memerankan duet Soekarno-Hatta. Sayangnya kita tidak bisa melihat lebih detil mengenai kepribadian Bung Hatta, karena memang Bung Karno yang menjadi tokoh utama film ini.

Sosok Hatta yang lebih lengkap mungkin baru bisa kita lihat di film tentang Bung Hatta nanti. Banyak yang menyebutkan Lukman Sardi akan kembali berperan sebagai Bung Hatta. Benar atau tidaknya, rasanya menarik untuk kita tunggu.

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!