Ilmuwan Temukan Gurita Ungu Mirip Kartun di Dasar Laut

redaksi.co.id - Ilmuwan Temukan Gurita Ungu Mirip Kartun di Dasar Laut Ilmuwan di kapal penjelajah Nautilus atau biasa disebut E/V Nautilusmenemukan makhluk lautberwarna ungu nan menggemaskan,...

35 0

redaksi.co.id – Ilmuwan Temukan Gurita Ungu Mirip Kartun di Dasar Laut

Ilmuwan di kapal penjelajah Nautilus atau biasa disebut E/V Nautilusmenemukan makhluk lautberwarna ungu nan menggemaskan, di kedalaman 900 meter.

Penemuan tersebut diunggah tim peneliti Nautilus ke situs berbagi video. Dalam rekaman itu, kita dapat mendengar ketakjuban mereka saat menemukan makhluk ungu bermata bulat besar seperti tokoh kartun.

“Matanya seperti bola…tampak seperti palsu! Ia terlihat seperti mainan yang dijatuhkan anak kecil,” ujar seorang wanita.

Sementara dua orang lainnya mengatakan bahwa mata makhluk itu tampak seperti dilukis.

Walaupun awalnya sempat terdapat perdebatan, tim peneliti menyebut bahwa makhluk laut berwarna ungu tersebut merupakan “cumi gemuk” Rossia pacifica yang berkerabat dekat dengan sotong.

“Spesies ini menghabiskan hidupnya di dasar laut, mengaktifkan jaket lendir nan lengket dan menggali ke dalam tanah untuk berkamuflase, lalu menyembulkan matanya kepada mangsa seperti udang dan ikan kecil,” jelas E/V Nautilus dalam video yang diunggahnya.

Dikutip dari DailyMail, Rabu (17/8/2016), makhluk ungu tersebut di Trask Knoll, bukit bawah lautSanta Monica, California, Amerika Serikat.

Tak hanya kali ini saja peneliti E/V Nautilius menemukan makhluk ‘ajaib’. Bulan lalu mereka menemukan bola ungu kecil yang terselip di antara bebatuan di lepas pantai California.

Bola misteriusitu ditemukan pada 18 Juli, ketika E/V Nautilus menjelajahi Arguello Canyon, di barat Channel Islands National Marine Sanctuary, saat robot Hercules menyelam ke kedalaman 1.616 untuk mengamati kerang dan kepiting.

Hingga saat ini, dugaan jenis hewan yang paling mendekati adalah gastropoda–hewan yang termasuk ke dalam filum moluska– bernama pleurobranch. Namun tak menutup kemungkinan jika bola ungu itu merupakan spesies baru.

E/V Nautilius dioperasikan oleh Ocean Exploration Trust, sebuah organisasi nonprofit yang didirikan oleh ahli oseanografi Robert Ballard. Sejak Mei 2016, kapal tersebut telah menjelajah Samudra Pasifik timur, dimulai dari Pulau Vancouver, Kanada, dan berlayar ke selatan.

(red/ramanta/utra/amungkas/BPP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!