Serba-serbi Tax Amnesty

redaksi.co.id - Serba-serbi Tax Amnesty Ungkap, tebus, lega. Ada yang tahu slogan itu milik siapa? Kalau sering bergelut dengan masalah pajak, pasti tahu.Kementerian Keuangan lewat Direktorat...

37 0

redaksi.co.id – Serba-serbi Tax Amnesty

Ungkap, tebus, lega. Ada yang tahu slogan itu milik siapa? Kalau sering bergelut dengan masalah pajak, pasti tahu.Kementerian Keuangan lewat Direktorat Jenderal Pajak punya program tax amnesty alias amnesti pajak. Itulah slogan program tersebut.Program ini disebut kontroversial, karena dianggap tidak adil terhadap wajib pajak yang taat. Kok bisa begitu? Sebenarnya apa sih tax amnesty itu?Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2016 tentang pengampunan pajak menjadi dasar pelaksanaan program ini. Lewat program tax amnesty, pemerintah berharap pemasukan buat negara bisa bertambah.Caranya, memberikan fasilitas kepada para penunggak berupa penghapusan pajak terutang, sanksi administrasi perpajakan, dan sanksi pidana perpajakan atas harta yang diperoleh pada 2015 serta sebelumnya yang belum dilaporkan dalam surat pemberitahuan pajak tahunan (SPT).Tapi, penunggak itu harus melunasi dulu semua pajaknya dan membayar uang tebusan. Besaran uang tebusan berbeda-beda, tergantung pada kapan wajib pajak menyampaikan surat pernyataan harta.Biar lebih jelas, nihserba-serbi tax amnesty yang kamu mesti tahu.

Cara Kerja Tax Amnesty

Seperti disebutkan di atas, tax amnesty wajib diikuti oleh mereka yang menunggak pajak dari tahun 2015 dan sebelumnya. Tunggakan ini termasuk harta yang gak dicantumkan dalam SPT.Misalnya punya rumah seharga Rp 500 juta di Bekasi dan Rp 700 juta di BSD. Tapi yang dicatat di SPT hanya yang di BSD.Maka, orang ini mesti ikut amnesty pajak biar gak terkena sanksi. Dia harus mendeklarasikan harta berupa rumah di Bekasi tersebut.Apalagi jika dia lama gak bayar pajak. Dia kudu berterus terang soal pajak tersebut agar mendapat fasilitas amnesti pajak.Selain itu, mereka yang sudah punya pendapatan tapi belum memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) wajib ikut. Kalau sudah memiliki penghasilan, NPWP seharusnya ada sebagai tanda bahwa kita merupakan wajib pajak.Kalau mau mengikuti tax amnesty, kita bisa datang ke kantor pelayanan pajak pratama di domisili masing-masing. Di sana akan tersedia petugas yang membantu menerangkan soal tax amnesty sekaligus keuntungannya buat kita. Menteri Keuangan Sri Mulyani lagi getol kampanye soal Tax Amnesty nih

Manfaat Tax Amnesty

Buat si wajib pajak, manfaat tax amnesty jelas. Mereka terhindar dari macam-macam sanksi, sehingga bisa leluasa bergerak.Bayangkan jika seorang pengusaha menjadi sukses, tiba-tiba dicokok gara-gara ketahuan gak bayar pajak. Sia-sialah hasil jerih payah dari usaha itu.Tax amnesty ini berguna juga buat seluruh masyarakat. Sebab, dengan adanya pembayaran tebusan pajak, otomatis pendapatan negara bertambah.Dengan begitu, anggaran negara untuk pengembangan pun bertambah. Mungkin dana dari program ini bisa dipakai untuk membangun jalan, jembatan, atau sekolah.Bisa juga untuk memberikan subsidi ke masyarakat. Sebagai tambahan modal kerja lewat kredit usaha mikro, kecil, dan menengah, misalnya.

Pemerintah juga menyasar dana orang Indonesia yang tersimpan di luar negeri lewat tax amnesty. Nantinya, mereka ini wajib menyimpan dana tersebut di bank dalam negeri yang telah ditunjuk selama minimal 3 tahun.Selama jangka waktu itu, dana akan dipakai untuk investasi. Misalnya untuk membeli obligasi. Tapi, investasi ini harus sesuai dengan petunjuk pemerintah. Setelah 3 tahun, baru bisa deh dana itu dipakai untuk investasi sesuai keinginan wajib pajak. Dari slogannya aja ketahuan kalau tax amnesty punya tujuan baikProgram tax amnesty dibuka pada Juli 2016 hingga 2017. Tidak mustahil masa berlaku program ini diperpanjang.Yang jelas, pemerintah membuka ruang sebesar-besarnya bagi mereka yang mau ikut tax amnesty, baik wajib pajak perorangan maupun badan usaha. Gak perlu takut ketahuan publik, sebab data peserta tax amnesty dijamin kerahasiaannya.

(red//ur/sikin/MNA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!