Jelang La Liga: 5 Pertandingan El Clasico Paling Seru

redaksi.co.id - Jelang La Liga: 5 Pertandingan El Clasico Paling Seru Pertemuan antara Barcelonadan Real Madrid tidak hanya sebatas laga antara dua klub sepak bola, tetapi...

21 0

redaksi.co.id – Jelang La Liga: 5 Pertandingan El Clasico Paling Seru

Pertemuan antara Barcelonadan Real Madrid tidak hanya sebatas laga antara dua klub sepak bola, tetapi juga merepresentasikan adu gengsi antara wilayah Catalunya dan Madrid yang mewakili kerajaan Spanyol. Tidak heran jika emosi pemain kedua klub kerap meledak-ledak saat bertanding.

Istilah El Clasico pun disematkan untuk menambah daya tarik dari pertandingan antara dua klub tersebut. Pertemuan antara Barcelona dan Real Madrid disebut sebagai laga klasik yang menjadi bagian dari sejarah negara Spanyol.

Laga El Clasico pun menghasilkan catatan yang menarik, yaitu sebagai pertandingan yang paling banyak ditonton di dunia setelah final Liga Champions Eropa.

Berikut ini lima pertandingan El Clasico yang paling seru:

1. Barcelona 5-0 Real Madrid (8 Januari 1994)

Barcelona berjuang untuk mengejar titel juara La Liga pada musim 1993-94. Setelah memenangi laga tandang dengan skor 0-1, Barcelona kembali bertemu Real Madrid pada laga kandang yang dipertandingkan pada 8 Januari 1994. Ada satu pemain yang menjalani laga El Clasico pertamanya, yaitu striker asal Brasil, Romario Faria.

Romario berada dalam performa puncak sebagai pesepak bola. Ia membuka keunggulan Blaugrana dengan proses gol yang luar biasa. Romario mengecoh bek Real Madrid, Rafael Alkorta, sebelum melepaskan tendangan kaki kanan yang bolanyamenghujam gawang Paco Buyo.

Tidak berhenti di situ, sang striker melengkapi kesuksesan timnya dengan hattrick yang ia cetak. Dua gol tambahan Blaugrana dicetak oleh Ronald Koeman dan Ivan Iglesias.

Susunan Pemain

Barcelona: Andoni Zubizarreta; Sergi Barjuan, Albert Ferrer, Ronald Koeman, Miguel Angel Nadal; Guillermo Amor, Jose Mari Bakero, Jon Andoni Goikoetxea, Pep Guardiola; Romario, Hristo Stoichkov

Real Madrid: Paco Buyo; Rafael Alkorta, Mikael Lasa, Manolo Sanchis; Luis Enrique, Luis Milla, Michel, Paco Llorente, Robert Prosinecki; Alfonso, Ivan Zamorano

2. Real Madrid 0-3 Barcelona (19 November 2005)

Barcelonamemulai musim 2004-05 dengan optimisme tinggi bisa meraih gelar juar La Liga. Blaugrana bertamu ke Santiago Bernabeu pada jornada 12 La Liga. Samuel Eto’o memnbuka keunggulan Barcelona ketika laga berjalan 15 menit memanfaatkan assist dari Lionel Messi.

Pada menit ke-60, Ronaldinho menggandakan keunggulan Blaugrana melalui aksi dari sisi kiri lapangan. Kejadian istimewa terjadi ketika Ronaldinho mencetak gol kedua sekaligus membuat kedudukan menjadi 0-3 untuk keunggulan Barcelona.

Pemain asal Brasil tersebut melakukan solo gol dengan mengecoh barisan pertahanan Los Blancos,termasuk kiper Iker Casillas. Gol ini pun memaksa para pendukung Real Madrid memberikan applause untuk Ronaldinho karena telah membuat gol berkelas.

Sepanjang sejarah, tidak ada pemain Barcelona lainnya yang pernah mendapatan sambutan luar biasa dari para pendukung Real Madrid seperti yang diberikan kepada Ronaldinho.

Susunan Pemain

Real Madrid: Iker Casillas; Michel Salgado, Sergio Ramos, Ivan Helguera, Roberto Carlos; Pablo Garcia, David Beckham; Raul Gonzalez, Zinedine Zidane, Robinho; Ronaldo Nazario

Barcelona: Victor Valdes; Oleguer Presas, Carles Puyol, Rafael Marquez, Giovanni van Bronckhorst; Edmilson; Xavi Hernandez, Deco Souza; Lionel Messi, Samuel Eto’o, Ronaldinho

3. Barcelona 3-3 Real Madrid (10 Maret 2007)

Barcelona, Real Madrid dan Sevilla bersaing ketat pada La Liga 2006-07. Pada pekan ke-26, Barcelona yang posisinya masih di atas Real Madrid pada klasemen La Liga berusaha mempertahankan momentum.

Blaugrana menjamu Real Madrid di Camp Nou. Tim tamu berhasil unggul melalui gol Ruud van Nistelrooy ketika laga baru berjalan lima menit. Enam menit berselang, Lionel Messi menyamakan kedudukan untuk El Barca. Madrid dua kali memimpin melalui gol kedua Nistelrooy dan Sergio Ramos, namun Messi yang saat itu masih berusia 19 tahun menunjukkan bakatnya sebagai calon bintang dengan mencetak hattrick. Skor 3-3 mengakhiri pertandingan.

Pada akhir musim, Real Madrid lah yang keluar sebagai juara.

Susunan Pemain

Barcelona: Victor Valdes; Lilian Thuram, Oleguer Presas, Carles Puyol, Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Rafael Marquez, Deco Souza; Lionel Messi, Samuel Eto’o, Ronaldinho

Real Madrid: Iker Casillas; Michel Salgado, Sergio Ramos, Ivan Helguera, Miguel Torres; Guti Hernandez, Fernando Gago, Mahamadou Diarra; Raul Gonzalez, Ruud van Nistelrooy, Gonzalo Higuain

4. Barcelona 3-2 Real Madrid (17 Agustus 2011)

Barcelona dan Real Madrid menjalani pertandingan leg kedua Piala Super Spanyol. Pada pertemuan pertama di Santiago Bernabeu, kedua klub bermain 2-2.

Pertandingan berjalan normal pada awal laga. Tuan rumah menutup babak pertama dengan keunggulan 2-1. Gol Barcelona dicetak Andres Iniesta dan Lionel Messi, sedangkan gol Real Madrid dicetak Cristiano Ronaldo. Karim Benzema sempat membuat kedudukan menjadi imbang pada menit 82, namun Messi kembali membawa Barcelona unggul pada menit ke-88.

Tensi pertandingan tiba-tiba memanas jelang laga berakhir. Marcelo melakukan pelanggaran kerasterhadap Cesc Fabregas yang berbuah kartu merah. Namun, pelanggaran ini memicu gejolak dari bangku cadangan Blaugrana. Pertikaian pun terjadi antara Mesut Ozil dan David Villa. Di tengah keributan, Jose Mourinho tertangkap kamera mencolok mata Tito Vilanova.

Susunan Pemain

Barcelona: Victor Valdes; Dani Alves, Javier Mascherano, Gerard Pique, Eric Abidal; Xavi Hernandez, Sergio Busquets, Andres Iniesta, Pedro Rodriguez, Lionel Messi, David Villa

Real Madrid: Iker Casillas; Sergio Ramos, Pepe, Ricardo Carvalho, Fabio Coentrao; Xabi Alonso, Sami Khedira; Angel Di Maria, Mesut Ozil, Cristiano Ronaldo; Karim Benzema

5. Real Madrid 2-1 Barcelona (16 April 2014)

Laga final Copa del Rey2014 mempertandingkan laga El Clasico. Real Madrid yang tampil tanpa Cristiano Ronaldo meletakkan harapan besar kepada Gareth Bale. Pada menit sebelas, Real Madrid membuka keunggulan melalui gol Angel Di Maria. Barcelona mampu menyamakan kedudukan pada menit 68 melalui tandukan Marc Bartra.

Laga memanas, namun gol tidak kunjung tercipta. Lima menit sebelum waktu normal pertandingan berakhir, aksi yang tidak biasa ditunjukkan Bale. Real Madrid melakukan serangan balik dari sisi kiri lapangan, Bale yang sudah terdorong ke luar lapangan oleh Bartra, tetap berlari mengejar bola hingga ia mampu membobol gawang Barcelona yang dikawal Jose Manuel Pinto.

Gol Bale menentukan kemenangan Real Madrid atas Barcelona dengan skor akhir 2-1.

Susunan Pemain

Real Madrid: Iker Casillas; Dani Cavajal, Pepe, Sergio Ramos, Fabio Coentrao; Luka Modric, Xabi Alonso, Isco Alarcon; Angel Di Maria, Karim Benzema, Gareth Bale

Barcelona: Jose Manuel Pinto; Dani Alves, Marc Bartra, Javier Mascherano, Jordi Alba; Xavi Hernandez, Sergio Busquets, Andres Iniesta; Neymar, Lionel Messi, Cesc Fabregas

Sumber: Berbagai Sumber

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!