5 Cara Kekinian Bebas dari Lilitan Utang

redaksi.co.id - 5 Cara Kekinian Bebas dari Lilitan Utang Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar kata utang? Apakah hal itu jadi kewajiban atau malah...

23 0

redaksi.co.id – 5 Cara Kekinian Bebas dari Lilitan Utang

Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar kata utang? Apakah hal itu jadi kewajiban atau malah sebuah beban tak berujung. Ya, sebagian besar dari Anda mungking masih anggap utang adalah sebuah beban.

Karena utang, daya beli Anda jadi menurun, sulit menabung dan pusing tujuh keliling. Bahkan beberapa orang yang utangnya menggunung mesti rela kehilangan aset. Di era internet saat ini, ternyata ada beberapa cara kekinian yang bisa bikin Anda terbebas dari utang.

Ikut kuis

Cara ini memang butuh modal keberuntungan. Namun saat ini banyak sekali kuis yang menawarkan hadiah menguntungkan. Bahkan, jika Anda rajin berkunjung atau menggunakan media sosial, berbagai info kuis gratis banyak tersedia di Instagram.

Misalnya akun @enjoykuis, @info_kuis, @konteskuis, @beritakuis, dan akun-akun lain. Melalui akun-akun tersebut dengan mudah Anda bisa mendapatkan informasi kuis-kuis teranyar berhadiah menarik.

Tapi ingat, di sini target Anda adalah melunasi utang. Karena itu fokuslah pada kuis dengan hadiah uang tunai. Memang, bila beruntung mendapatkan barang atau voucher, Anda bisa menjualnya. Oke, selamat berburu kuis.

Ikut program lunasi utang

Untuk Anda yang sedang banyak utang, coba matikan playlist lagu di smartphone dan dengarkan radio. Karena saat ini ada beberapa program-program radio Jakarta yang menawarkan hadiah melunasi tagihan pendengarnya yang beruntung.

Misalnya Jak FM dengan program Pay Your Bill yang memberi kesempatan dibayarkan tagihan dengan nilai maksimal Rp 10 juta per peserta. Begitu pun Delta FM punya program yang mirip.

Ikut program kredit bank bunga ringan

Rentenir sering mematok bunga pinjaman tinggi, bahkan hingga 30 persen. Untuk menyiasatinya, ada program menarik dari pemerintah Bandung yang dinamai Kredit Melati (Melawan Rentenir) dengan bunga sangat rendah.

Dalam program ini Pemkot Bandung mewajibkan setiap peminjamnya untuk menabung di Bank Perkreditan Rakyat Kota Bandung. Jadi jika peminjam perorangan menunggak, maka tabungannya akan dipotong.

Kredit yang berkisar antara Rp 500 ribu sampai Rp 30 juta ini bisa diperoleh dengan menyetorkan salinan kartu tanda penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), surat menikah (jika ada), dan pas foto.

Jika syarat-syarat tersebut sudah lengkap, maka dalam satu hari pinjaman bisa langsung dicairkan. Jaminan pinjamannya pun hanya berupa barang rumah tangga saja.

Minta bantuan jasa negosiasi utang

Saat ini, Anda yang dibuat pusing dengan utang juga bisa meminta bantuan jasa lembaga negosiasi utang. Mereka akan membantu Anda menegosiasikan potongan utang, perencanaan pelunasan utang dengan cicilan yang terjangkau, serta gabungan antara potongan dan cicilan.

Lembaga tersebut nantinya bernegosiasi dengan bank berdasarkan surat kuasa yang Anda berikan. Begitu negosiasi sudah menghasilkan mufakat, Anda bisa memilih untuk menyetujui atau tidak menyetujuinya. Bila Anda terkena BI Checking, nama Anda juga akan bersih setelah melakukan pelunasan.

Anda juga akan mendapatkan surat lunas dari pihak bank walaupun terdapat catatan di Bank Indonesia bahwa utang yang dilunasi diselesaikan dengan diskon atau pengunduran waktu pelunasan (reschedule). Sebagai catatan, Anda wajib memilih lembaga tepercaya yang miliki reputasi untuk tujuan ini. (Ndw/Ahm)

(red//ur/sikin/MNA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!