Uang Elektronik, Apa Keuntungan Menggunakannya?

redaksi.co.id - Uang Elektronik, Apa Keuntungan Menggunakannya? Bank Indonesia mulai mengkampanyekan tentang penggunaan uang elektronik dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu tujuan yang ingin diraih adalah...

23 0

redaksi.co.id – Uang Elektronik, Apa Keuntungan Menggunakannya?

Bank Indonesia mulai mengkampanyekan tentang penggunaan uang elektronik dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu tujuan yang ingin diraih adalah ‘kebebasan keuangan’. Artinya, agar semakin banyak masyarakat yang dapat mengakses layanan keuangan dari perbankan. Selain itu agar layanan perbankan juga dapat memperluas jaringannya tanpa harus membangun outlet fisik seperti kantor cabang pembantu, layanan mikro, dan sebagainya.

Keberadaan uang elektronik diharapkan akan mendorong terwujudnya cashless societyatau masyarakat dapat menjalankan ekonominya tanpa harus menggunakan uang fisik atau kontan (baik kertas maupun logam) untuk melakukan berbagai macam transaksi atau pembayaran.

Uang elektronik dibedakan menjadi dua jenis menurut sistem pembayarannya, yaitu kartu kredit dan kartu prabayar. Teknologi kartu kredit memungkinkan penggunanya mendapat sejumlah uang dengan cara berhutang pada pihak bank tanpa perlu mengajukan permintaan peminjaman di setiap transaksi. Sedangkan kartu prabayar adalah kartu yang memungkinkan Anda untuk membawa uang dalam bentuk digital yang mana nominalnya telah Anda masukkan terlebih dahulu sebelumnya atau sering juga disebut sistem pulsa. Dengan kata lain, kartu kredit membawa uang yang akan Anda pinjam pada bank, sedangkan kartu prabayar adalah uang yang Anda miliki dalam bentuk digital.

Keunggulan uang elektronik adalah kita akan tidak perlu repot membawa uang kontan ke mana-mana. Sebab nominal sekecil apapun akan tetap tercatat dalam kartu tersebut. Kemudian dari aspek keamanan, kartu kredit memang lebih berisiko daripada kartu prabayar. apabila pemilik kehilangan, kartu kredit dapat digunakan oleh siapapun untuk bertransaksi di mana saja. Untuk mencegah pembengkakan utang yang tidak dikehendaki, pemilik kartu wajib melaporkan dan memblokir kartu kredit atas namanya. Berbeda dengan kartu prabayar, maksimal nominal yang dapat disimpan adalah sebesar Rp1 juta. Jadi kerugian yang didapat dari kehilangan kartu prabayar tidak akan sebesar kerugian yang didapat ketika kehilangan kartu kredit. Selain itu masih ada beberapa keuntungan lain dari memiliki kartu elektronik yang diantaranya adalah:

Pembayaran KRL dengan Uang Elektronik viaemitraindonesia.org

Uang elektronik prabayar dapat digunakan untuk pembayaran tarif transportasi umum terutama di area jabodetabek seperti kereta rel listrik (KRL) dan bis Transjakarta. Umunya masyarakat jakarta yang menggunakan KRL tidak memiliki uang elektronik, oleh sebab itu, terjadilah antrian yang mengular panjang di waktu-waktu tertentu seperti pagi hari dan sore hari. Dengan memiliki uang elektronik tersebut akan menjadi sebuah keuntungan bagi Anda karena loket pembelian tiket dengan kartu itu terpisah sendiri dan transaksi dengan menggunakan uang elektronik relatif cepat sehingga Anda tidak perlu mengantri terlalu lama.

Busway saat ini juga sudah menerapkan penggunaan uang elektronik tersebut, dan kebanyakan terminal busway sudah tidak lagi melayani penggunaan uang fisik atau kontan. Dengan begitu, apabila Anda akan menggunakan transportasi Transjakarta maka Anda diharuskan memiliki uang elektronik sebagai media pembayaran tiket.

Contoh Mesin Pembaca Uang Elektronik viasnsbankcard.com

Beberapa jenis minimarket seperti Alfamart dan Indomaret juga menerima pembayaran dengan uang elektronik prabayar. Akan menjadi sangat mudah apabila berbelanja menggunakan uang elektronik karena Anda tidak perlu membawa uang banyak. Selain itu transaksi akan menjadi lebih cepat karena Anda hanya perlu menempelkan kartu pada mesin dengan teknologiNear Field Communication(NFC).Anda juga tidak perlu repot menghadapi uang receh sebagai kembalian karena elektronik money akan menarik saldo dengan nominal yang sesuai dengan belanjaan Anda tanpa perlu melakukan kembalian.

Pembelian dengan Kartu Kredit Memberikan Banyak Keuntungan viawp.com

Dengan memiliki kartu kredit, maka Anda dapat memiliki berbagai barang impian, mulai dari pakaian, barang elektronik, gawai, dan lain sebagainya. Sebab hampir semua barang kini dapat dibeli dengan menggunakan program cicilan 0%. Sebagai sekadar informasi untuk Anda ketahui, sebagian besar pengguna kartu kredit mengambil cicilan selama 6 bulan untuk produk-produk tersebut.

Dengan kartu kredit pula Anda dapat menggunakan berbagai program yang memberikan berbagai keuntungan seperti diskon yang ditawarkan di toko-toko yang bekerja sama dengan bank penerbit kartu kredit tersebut. Tidak jarang juga kartu kredit memberikan lebih banyak keuntungan ketika Anda semakin sering bertransaksi. Ada bank-bank tertentu yang fokus bekerja sama dengan beberapa tempat kuliner seperti restoran. Ada pula bank-bank yang fokusnya adalah kerja sama dengan toko-toko penjual barang eleltronik atau pakaian.

Pembelian Antar Negara Jadi Mungkin via mobileadvertisingwatch.com

Dengan jaringan luas di berbagai negara seperti Visa atau Master Card, maka Anda dapat melakukan pembelian online di website-website kenamaan dunia seperti amazon atau ebay. Sebab, sejauh ini baru kartu kredit yang dengan mudah digunakan di sana. Kalau alat pembayaran seperti paypal sepertinya belum banyak yang memiliki akunnya di Indonesia. Jangan lewatkan juga oleh kartu kredit Anda ketika melakukan pembelian tersebut.

Dengan segala kemudahan yang diberikan dari kedua bentuk uang elektronik tersebut, tidak jarang membuat penggunanya jadi terbawa suasana dan mengakibatkan pengeluaran yang semakin besar. Terutama Anda harus lebih berhati-hati ketika menggunakan kartu kredit. Meskipun Anda telah mengikuti program Cicilan 0%, apabila Anda telat membayar tagihannya tetap saja Anda akan dikenakan biaya penalti. Oleh karena itu sebaiknya Anda lebih berhati-hari dalam memanfaatkan uang elektronik dan menyeleksi barang yang akan Anda beli dengan seksama. Anda bisa mendapatkan Anda melalui situs kami.

(red/udianto/R)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!