Barcelona Siap Pertahankan Supremasi

redaksi.co.id - Barcelona Siap Pertahankan Supremasi Barcelona tak punya alasan untuk gagal pertahankan supremasinya di Negeri Matador musim depan.Persaingan La Liga Spanyol musim 2016/17 segera tersaji...

17 0

redaksi.co.id – Barcelona Siap Pertahankan Supremasi

Barcelona tak punya alasan untuk gagal pertahankan supremasinya di Negeri Matador musim depan.

Persaingan La Liga Spanyol musim 2016/17 segera tersaji akhirpekan ini. Barcelona sebagai juara bertahan dua musimterakhir, tentu saja jadi unggulan utama kompetisi.

Bersama sang rival abadi, Real Madrid, dan juga antagonis anyar,Atletico Madrid, persaingan ketiga klub ini selalu hadirkanatmosfer superpanas.

Sedikit saja lengah, selayaknya musim lalu, Barca nyarisditelikung oleh duo kebanggaan ibu kota Spanyol tersebut. Haltersebut tentu tak ingin diulang Blaugrana pada kampanye musim ini,meski tampak seru di mata khalayak netral.

Segala persiapan dilakukan utamanya lewat aktivitas transferyang cukup aktif, gelaran uji coba pramusim, hingga bermuara ditengah pekan ini tatkala Barca sukses merengkuh Piala Super Spanyol2016.

Akan seperti apa kirpah Barca musim depan? Goal Indonesiamemaparkan analisisnya untuk Anda:

AKTIVITAS TRANSFER

Terkena sanksi pada bursa musim panas tahun lalu, aktivitasBarca di bursa musim panas ini bisa dibilang cukup mumpuni. Tak adanama yang benar-benar besar didatangkan memang, tapi cukup untukmemenuhi kebutuhan sang pelatih, Luis Enrique.

Fokus utama manajemen Barca di bursa musim panas ini juga tampakjelas, yakni menyusun tim untuk masa depan. Empat pemain yangmereka boyong sejauh ini, kesemuanya berusia di bawah 23 tahun.

Mereka adalah Lucas Digne, Samuel Umtiti, Denis Suarez, dan yangpaling mentereng, Andre Gomes. Selain itu, untuk mempertahankantradisi memaksimalkan lulusan La Masia, gelandang berbakat, SergiSamper, dipromosikan dari Barcelona B.

Pembelian Digne dan Umtiti dimaksudkan untuk memberi persaingankompetitif di lini belakang. Sedangkan Gomes, Denis, dan Sergidiharapkan mampu gantikan peran Andres Iniesta dan Sergio Busquetsyang makin menua.

Sementara itu sembilan penggawa lawas sudah dilepas. Perhatianutama terletak pada Dani Alves, yang pergi secara cuma-cuma keJuventus tanpa Barca menyediakan pengganti sepadan. Kiper utamamusim lalu, Claudio Bravo, yang makin dekat ke Manchester City jugabelum memiliki pengganti konkret.

Hingga kini total Barca sudah menggelontoran dana sebesar 78,28juta, dengan pemasukan yang baru 13,85 juta.

KUALITAS TIM

Soal kualitas, tak ada yang bisa meragukan Barca. Mereka selalumenjadi satu dari tiga klub dengan skuat terbaik di Eropa dalamsedekade terakhir. Termasuk untuk komposisi tim musim ini.

Barca bahkan bisa dikatakan pula masih memiliki lini tengah danlini depan terbaik di dunia. Ada nama besar macam Iniesta,Busquets, dan Ivan Rakitic di pos gelandang, juga trio (LionelMessi – Luis Suarez – Neymar) di lini depan.

Kehadiran penggawa anyar yang sebelumnya dibahas macam Digne,Umtiti, dan Gomes, secara otomatis juga meningkatkan kualitas timini.

Namun kerentatan ada di lini belakang, sebagaimana Alves yangpergi dan Bravo yang direncanakan hengkang. Duet Gerard Pique danJavier Mascherano di jantung pertahanan dinilai sudah usang.Sedangkan Marc-Andre Ter Stegen yang diproyeksikan jadi kiper utamadipandang masih hijau.

Level kompetitif antara penggawa inti dan cadangan jugadipertanyakan. Hal itu tampak dari beberapa hasil negatif dipramusim, di mana Barca secara mengejutkan sempat dibantaiLiverpool 4-0.

Namun ingat, Enrique adalah pelatih yang amat lihai dalammemroses timnya. Ia bisa menghadirkan performa puncak Barca padamomen krusial, yang biasanya muncul penghujung musim.

PRAKIRAAN FORMASI

Berbicara prakiraan formasi Barca untuk menyongsong La Ligamusim 2016/17, tentu tak jauh-jauh dari skema 4-3-3. Formasi yangmengakomodasi trio di lini depan, untuk memaksimalkankualitasnya.

Skema agresif-ofensif inilah yang memang jadi andalan Barcadalam sedekade terakhir, di mana mereka secara luar biasa suksesmencomot delapan gelar La Liga hingga empat trofi LigaChampions.

Namun di bawah Enrique, gaya bermain Barca jadi lebih kalem danpragmatis. Tak jarang mereka mencuri gol lewat serangan balik. Gayaseperti itu tampaknya bakal dipertahankan musim depan, karena tohprestasi selalu sukses dituai dengan cara tersebut.

Perbedaan akan hadir dalam starting XI untuk musim depan dalamhal komposisi pemain. Di pos kiper Ter Stegen dipastikan olehEnrique jadi kiper utama menggantikan Bravo. Di lini belakang Vidalakan mengisi pos kosong peninggalan Alves. Sementara di tengahDenis dipercaya akan menggeser Rakitic, guna temani Iniesta danBusquets.

Trio tentu masih haram dirombak, tapi jika merekaberhalangan, Enrique memiliki pemain sekaliber Arda Turan dan MunirEl Haddadi sebagai pelapisnya.

PELUANG TIM

Ya, kami ingin memenangkannya [La Liga] tiga kali beruntun. Halini tidak sering terjadi dalam sejarah Barcelona. Kami termotivasi.Ini tidak akan mudah – ada beberapa klub besar yang tidak memenangiliga sejak lama dan ingin menekan kami,” ujar Enrique, soaltargetnya musim ini.

Dari pernyataan tersebut, jelas terlihat bahwa Barca masihmenjadikan gelar La Liga sebagai fokus utama. Meski tak bisadipungkiri ajang Liga Champions tentu akan sangat menyita perhatianLos Cules.

Segalanya akan berlangsung lebih berat, karena Madrid sang juaraLiga Champions, dan Atletico yang kerap jadi antagonis di domestikmaupun Eropa, kini punya persiapan yang tampak jauh lebih matangdari musim lalu.

Ingat, Barca nyaris saja terpeleset di penghujung musim lalu,lantaran kebangkitan luar biasa duo Madrid tersebut. KarenanyaLionel Messi cs harus langsung tancap gas dan wajib konsistenmenuai tiga poin hingga musim berakhir.

Sulit memang, tapi bagi klub seperti Barca segalanya jadi tampaknyata. Torehan hat-trick La Liga bukan mustahil diraih.

PREDIKSI POSISI KLASEMEN AKHIR LA LIGA SPANYOL 2016/17:JUARA

(red/ijayanto/W)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!