Alasan Penting Punya Kartu Kredit

redaksi.co.id - Alasan Penting Punya Kartu Kredit Masih banyak stigma kartu kredit yang dinilai dapat menganggu keuangan seseorang, pendapat ini muncul karena banyak orang yang hidup...

39 0

redaksi.co.id – Alasan Penting Punya Kartu Kredit

Masih banyak stigma kartu kredit yang dinilai dapat menganggu keuangan seseorang, pendapat ini muncul karena banyak orang yang hidup dalam jerat hutang karena tagihan yang tiada habisnya.

Padahal stigma itu bersifat subjektif sekali tergantung siapa dan bagaimana kehidupan si pemilik kartu kredit jika pemilik kartu kredit tidak bisa membedakan barang yang memang kebutuhan dan juga barang yang diinginkan saja.

Padahal di balik stigma negatif karena tidak bisa disiplin dalam mengatur keuangan inilah yang membuat orang harus berpikir berkali-kali untuk memiliki kartu kredit, sebenarnyakartu kredit memiliki manfaat yang lebih besar dari pada kerugiannya. Berikut adalah manfaat kartu kredit seperti dikutip dari www.cermati.com, Sabtu (20/8/2016):

1. Alat pembayaran yang praktis

Anda tidak perlu membawa uang dalam jumlah banyak ketika membeli barang elektronik, selain lebih aman dan praktis, dengan kartu kredit Anda semakin mudah mendapatkan pembayaran yang ringan, seperti mendapat cashback atau cicilan 0 persen.

Jika Anda tidak dapat melunasi hari ini Anda dapat melakukan pembayaran secara kredit tanpa bunga. Membeli tiket pesawat via online juga semakin membuat hidup Anda lebih praktis dengan kartu kredit.

Di keadaan darurat Anda bisa menggunakan sistem tarik tunai, ingat hanya dalam keadaan darurat, karena sistem ini yang biasanya membuat orang menjadi terlena padahal nilai bunga yang tinggi jika menggunakan sistem ini, jika Anda menggunakan tarik maka Anda diharuskan membayar tagihan sebesar 4 persen atau Rp 50 ribu tergantung besar yang mana.

2. Urusan perbankan semakin mudah

Pernah mendengar KTA atau Kredit Tanpa Agunan? Dengan memiliki kartu kredit minimal 1 tahun maka akan dipermudahkan dalam mencairkan dana segar dari pinjaman uang di bank.

Proses yang relatif cepat dan tanpa harus menggunakan aset, karena histori penggunaan kartu kredit yang lancar maka pihak bank akan memberikan pinjaman dengan baik pula.

Ketika Anda mengajukan permohonan peminjaman uang di Bank contohnya di DBS, DBS lebih memprioritaskan calon nasabahnya yang telah memiliki kartu kredit, sehingga DBS ini menjadi bank alternatif peminjaman yang favorit karena bunga yang dibebankan tergolong rendah.

Jika Anda tidak memiliki kartu kredit maka biasanya pihak bank akan meminta slip gaji carbonized yang biasanya diwajibkan ketika akan mengajukan KTA.

Jika limit kartu kredit Anda tinggi maka makin besar pula peluang kita untuk mencairkan KTA. Penetapan plafon KTA adalah senilai 5 x limit contohnya, Anda memiliki limit kartu kredit Rp 8 juta maka Anda dapat mengajukan KTA Rp 40 juta.

3. Promo yang membuat Anda semakin nyaman

Kartu kredit selalu memberikan promo-promo yang memanjakan nasabahnya, beragam diskon, cashback, poin reward dan mileage yang menjadi bonus Anda dari pihak kartu kredit.

Contohnya Anda berbelanja di supermarket tidak sedikit yang memberikan diskon bagi pengguna yang menggunakan kartu kredit tertentu, setiap kali Anda bertransaksi Anda akan mendapat poin reward atau bisa mendapat poin mileage, poin-poin tersebut dapat Anda tukarkan dengan voucher belanja atau bahkan tiket pesawat gratis keluar negeri.

4. Dengan mudah memantau pengeluaran

Tidak perlu ribet harus membuat daftar belanjaan sampai pusing, dengan menggunakan kartu kredit setiap bulan Anda akan menerima tagihan dari kartu kredit Anda.

Secara rinci akan tertulis histori pengeluaran Anda selama 1 bulan beserta bunga dan surcharge yang harus Anda bayar, dengan begitu Anda semakin mudah mengendalikan keuangan Anda untuk bulan-bulan berikutnya.

5. Ingin membuka usaha makin mudah

Manfaatkan kesempatan darikartu kredit misalnya, dengan tarik tunai Anda bisa membuat bisnis kecil-kecilan dengan uang tersebut kalkulasikan benar-benar sehingga Anda dapat menutupi hutang dari kartu kredit beserta bunganya.

Pada intinya menggunakan kartu kredit memang sangat subjektif, tergantung pemiliknya selektif atau tidak dalam memenuhi kebutuhan dan sekedar hanya keinginan, bersikap bijak itu prioritas jangan sampai Anda tergiur dengan nafsu hingga lupa kartu kredit Anda overlimit, dan Anda harus membayar tagihan kewalahan. (Ahm/Ndw)

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!