Daftar 10 Bandara Terbaik di Asia, Ada dari RI?

redaksi.co.id - Daftar 10 Bandara Terbaik di Asia, Ada dari RI? Survei konsumen penerbangan yang dilakukan oleh websiteSkytrax telah merilis penghargaan tahunan World Airport Awards. Selain...

33 0

redaksi.co.id – Daftar 10 Bandara Terbaik di Asia, Ada dari RI?

Survei konsumen penerbangan yang dilakukan oleh websiteSkytrax telah merilis penghargaan tahunan World Airport Awards. Selain ditunjukkan ke maskapai terbaik, Skytrax juga memberi penghargaan pada bandara dengan kualitas terbaik di dunia.

Survey yang dilakukan Skytrax tersebut didasarkan pada penilaian 13 juta penumpang dari 106 negara. Lebih dari 550 bandara ikut pada survei tersebut. Penilaian dilakukan pada 39 jasa layanan bandara termasuk diantara kenyamanan fasilitas, lokasi kamar mandi, dan kemampuan berbahasa dari para staf bandara.

Bandara Kuala Lumpur International Airportdi Malaysia, Beijing Capital International Airportdi China hinggaTokyo Haneda International Airportdi Jepang mampu masuk ke dalam daftar tersebut. Namun sayang, bandara internasional Soekarno-Hatta dan bandara lainnya di Indonesia tidak masuk ke dalam ranking sepuluh besar dari hasil survei Skytrax.

Berikut sepuluh bandara terbaik di Asia berdasarkan penilaian Skytrax dilansir dari Business Insider, Jumat (19/8/2016):

10. Kuala Lumpur International Airport (KUL)

Total penumpang: 47,5 juta per tahun

Kuala Lumpur International Airport (KUL) merupakan salah satu bandara tersibuk di Asia Tenggara. Bandara ini juga merupakan markas dari maskapai AirAsia dan Malaysia Airlines. Bandara tersebut terletak 35 mil dari selatan ibu kota Malaysia dan sangat mudah dijangkau lewat jalur darat maupun kereta.

Kuala Lumpur International Airport memiliki airport jungle, dimana penumpang bisa merasakan keindahan tanaman lengkap dengan air terjun buatan.

9. Taiwan Taoyuan international Airport (TPE)

Total penumpang: 34 juta per tahun

Taiwan Taoyuan international Airport (TPE) merupakan bandara terbesar di Taiwan. Skytrax memberi penilaian baik berdasarkan pelayanan bandara yang ramah, lingkungan yang bersih serta pelayanan imigrasi yang cepat. Bandara ini juga memiliki museum sebagai atraksi bagi para penumpang.

8. Beijing Capital International Airport (PEK)

Total penumpang: 83,7 juta per tahun

Beijing Capital International Airport sukses didapuk menjadi bandara tersibuk kedua di dunia. Bandara ini juga berkontribusi besar bagi pendapatan pemerintah China. Baru-baru ini, Beijing Capital International Airport juga mengekspansi bangunan bandara yang dimilikinya.

7. Tokyo Narita International Airport (NRT)

Total penumpang: 35,6 juta per tahun

Bandara ini merupakan bandara tersibuk kedua di Jepang setelah Bandara Haneda. Tokyo Narita melayani penerbangan di wilayah Tokyo Raya dan merupakan pangkalan bagi Japan Airlines, All Nippon Airways, Nippon Cargo Airlines, Jetstar Japan, Peach dan Vanilla Air. Ada tiga terminal di bandara ini.

6. Kansai International Airport (KIX)

Total penumpang: 20 juta per tahun

Bandara yang terletak di tengah pulau ini juga dikenal dengan nama Bandara Osaka. Dibuka pada tanggal 4 September 1994, bandara berfungsi sebagai hub untuk beberapa maskapai seperti All Nippon Airways, Japan Airlines, dan Nippon Cargo Airlines. Bandara ini juga merupakan pintu gerbang internasional ke beberapa kota besar di Jepang seperti Kyoto, Kobe, dan Osaka.

5. Central Japan International Airport (NGO)

Total penumpang: 9,8 juta per tahun

Central Japan International Airport memegang penghargaan sebagai bandara regional terbaik di dunia. Bandara ini dibuat di pulau buatan di tengah-tengah Teluk Ise dekat kota Nagoya. Bandara ini menawarkan beberapa fasilitas menarik bagi penumpang diantaranya tempat spa yang memiliki pemandangan langsung menuju laut.

4. Hong Kong International Airport (HKG)

Total penumpang: 63,1 juta per tahun

Bandara ini terletak di pulau Chek Lap Kok dan sejak dibuka pada tahun 1998, menjadi salah satu pusat transit yang penting di dunia karena posisinya yang strategis.Setelah landas pacu kedua dibuka pada Mei 1999, kapasitas meningkat menjadi 87 juta penumpang dan 9 juta ton kargo. Bandara ini menjadi pusat operasi Cathay Pacific, Dragonair, Air Hong Kong, CR Airways, dan Hong Kong Express.

3. Tokyo Haneda International Airport (HND)

Jumlah penumpang: 72,8 juta per ahun

Haneda merupakan salah satu bandara internasional yang bisa dengan mudah terhubung dengan kota Tokyo. Oleh karenanya, bandara ini populer sebagai pintu masuk bagi para turis dan pebisnis yang ingin mengunjungi Jepang. Tokyo Haneda International Airport menempatkan diri sebagai Bandara tersibuk ke empat di dunia.

2. Incheon International Airport (ICN)

Jumlah penumpang: 41,7 juta per tahun

Bandara ini dibuka pada tahun 2001. Sejak saat itu Incheon International Airport sukses membuktikan diri sebagai salah satu bandara paling sibuk di dunia. Fasilitas yang baik mendukung bandara ini menduduki peringkat kedua sebagai bandara paling baik se Asa

1. Singapore Changi International Airport (SIN)

Jumlah penumpang: 54 juta per tahun

Selama empat tahun berturut-turut, Changi mampu menduduki peringkat pertama bandara palig baik di Asia. Changi merupakan markas dari maskapai Singapore Airlines, Silkair dan Tigerair. Bandara ini menuai banyak pujian akibat bentuk arsitetur, efisien hingga fasilitas canggih yang bisa dimanfaatkan oleh para penumpang. (Vna/Ndw)

(red//ainuddin/MZ)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!