Rayakan 20 Tahun Kemenangan, Rossi Makin Terpacu

redaksi.co.id - Rayakan 20 Tahun Kemenangan, Rossi Makin Terpacu Valentino Rossi semakin termotivasi jelang MotoGP Republik Ceko 2016. Pasalnya, tepat 20 tahun lalu, Valentino Rossi merayakan...

13 0

redaksi.co.id – Rayakan 20 Tahun Kemenangan, Rossi Makin Terpacu

Valentino Rossi semakin termotivasi jelang MotoGP Republik Ceko 2016. Pasalnya, tepat 20 tahun lalu, Valentino Rossi merayakan kemenangan pertamanya dalam balapan yang digelar Sirkuit Brno, Republik Ceko.

Sudah 20 tahun Rossi beraksi sebagai pembalap profesional di kelas Grand Prix (sekarang MotoGP). Balapan pertamanya dilakukan di Australia, Sirkuit Shah Alam, 31 Maret 1996. Namun, saat itu Rossi yang beraksi di kelas 125cc bersama Aprilia hanya finis di urutan keenam.

Hanya butuh sembilan balapan kemudian bagi Rossi untuk meraih podium perdananya, yakni saat finis di urutan ketiga seri Austria. Lalu, Rossi mengecap kemenangan perdananya saat merebut podium pertama di Rep Ceko.

Kemenangan itu ternyata meningkatkan motivasi Rossi untuk musim selanjutnya. Buktinya, ia langsung merebut gelar juara dunia kelas 125cc musim 1997. Kini, sudah 20 tahun berlalu dan Rossi masih beraksi di lintasan jelang MotoGP Rep Ceko, Minggu (21/8/2016).

“Saya berusaha untuk konsentrasi dua tahun demi dua tahun maksimal. Jika dulu mereka berkata kepada saya ketika berusia 18 tahun bahwa saya akan masih di sini setelah 20 tahun, saya katakan itu tidak mungkin. Ketika saya berusia 18 tahun, saya melihat orang berusia 37 tahun dan berpikir bahwa mereka adalah kakek saya,” kata Rossi seperti dikutip Crash.

Motivasi terbesar saya adalah mencoba untuk meningkatkan performa dan berusaha untuk menjadi kuat. Karena, tahun lalu saya tak kuat di Brno. Itu memalukan karena ini adalah trek yang saya sukai.”

Rossi sendiri sudah cukup lama tak mencicipi kemenangan di Sirkuit Brno. Tercatat, kemenangan terakhir Rossi di sana didapat pada musim 2009. Musim 2015, ia gagal meraih podium juara karena kalah cepat dari rekan setimnya, Jorge Lorenzo, dan pembalap Repsol Honda, Marc Marquez.

Saat itu Rossi terpaut 10,397 detik dari Lorenzo. “Musim lalu, saya begitu termotivasi untuk meraih podium. Tetapi, saya tak pernah begitu dekat dengan Lorenzo. Jadi, saya mencoba untuk menjadi kompetitif sepertinya. Namun, target utama kami adalah meraih podium setelah apa yang terjadi di Austria,” tutur Rossi.

(red/aini/J)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!