Warga Rusun Terima Layanan Akte Lahir

JAKARTA Redaksi.co.id – Warga Rusun Pinus Elok berjubal mengurus akta kelahiran gratis, Sabtu (9/5/2015). Layanan jemput bola secara bertahap ini juga akan dilakukan di Rusun lain.Yuliana...

20 0

JAKARTA Redaksi.co.id – Warga Rusun Pinus Elok berjubal mengurus akta kelahiran gratis, Sabtu (9/5/2015). Layanan jemput bola secara bertahap ini juga akan dilakukan di Rusun lain.

Yuliana (33) warga, tak mampu menyembunyikan kelegaannya. Pasalnya, akte lahir dua anaknya, Feni dan Syafa, musnah akibat kebakaran di Pedongkelan.

“Dulu saya tinggal di Pedongkelan, terjadi kebakaran, seluruh berkas ludes terbakar,” katanya.

Layanan akte lahir ini langsung mendapat respon warga. Sebanyak 55 warga langsung mendapatkan layanan akta lahir gratis.

“Layanan ini sebagai salah satu program untuk mendukung kota layak anak,” kata Edison Sianturi, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Menurutnya, warga yang mendapatkan layanan ini harus melampirkan persyaratannya seperti fotopi KTP, KK, surat nikah orangtua, surat keterangan lahir, keterangan pengantar RT dan surat perpanjian (SP) penempatan rusun.

Kasudin Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Timur, Abdul Haris, mengatakan di Jakarta Timur nantinya ada 11 Rusun yang akan disambangi secara bertahap dalam pelayanan akta lahir gratis.

Pembuatan akta lahir ini menggunakan azas domisili. Sehingga pembuatan akta harus disesuaikan dengan domisili saat ini. pemberian akta lahir ini sesuai dengan permintaan warga, tanpa melihat batasan usia lagi.

Abdul Haris menambahkan, dalam mendukung program kota layak anak, pihaknya saat ini memfokuskan layanan administrasi kependudukan di 11 rusun yang memiliki 56 tower.

“Setelah ada UU no 23/2006 tentang administrasi kependudukan, akta lahir dibuat asas domisili. Bahkan sekarang lebih mudah lagi, yang usia lebih dari 1 tahun tidak lagi harus melalui pengadilan. Langsung datang ke kantor kami akan diurus dengan catatan persyaratan lengkap,” papar Abdul Haris.

Tampak hadir dalam layanan ini Ketua TP PKK Jaktim, Ny siti Syamsiah Bambang, Wakil Walikota Husein Murad, Staf Khusus Gubernur Kamilus, Lurah Penggilingan Yeni Asnita dan para ketua RT dan RW. (Nurdin)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!