Tokoh Nelayan Cantrang Rembang Surati Presiden; Minta Permen KP Nomor 2 / 2015 Ditunda

555

REMBANG Redaksi.co.id – Berharap adanya penundaan Peraturan Mentri Kelautan dan Perikanan tentang larangan jaring trawl (cantrang), puluhan tokoh nelayan kapal cantrang di Kabupaten Rembang menyurati presiden Joko Widodo.

Harapan itu diungkapkan tokoh nelayan cantrang dari desa Tasikagung – Rembang, Suyoto, di sela sela pengukuhan pengurus Asosiasi Dampo Awang Bangkit, di kawasan pelabuhan Tasikagung, belakang kantor Keamanan Laut, Sabtu (9 Mei 2015).

Suyoto yang juga didaulat sebagai ketua asosiasi mengungkapkan semula nelayan kapal cantrang hanya diberi waktu sampai bulan September 2015. Setelah itu operasional cantrang terkhusus di pesisir Jawa Tengah dibatasi jaraknya, tidak boleh sampai terlalu ke tengah. Apalagi mendekati pulau pulau Masalembu dan sekitarnya.

Suyoto menganggap rentang waktu tiga tahun, cukup untuk mempersiapkan alat tangkap pengganti. Kalau hanya sampai bulan 9, dianggap terlalu singkat.

Ia menambahkan setelah ada Asosiasi Dampo Awang Bangkit, diharapkan bisa memperjuangkan hak hak nelayan cantrang. Namun secara umum, asosiasi juga bisa membantu menjembatani, manakala ada permasalahan di bidang kelautan. Presiden Jokowi menjawab siap mengkaji, namun hingga kini belum memberikan keputusan atas usulan nelayan. Apabila pemerintah ngotot tetap memberlakukan aturan Menteri Susi, pasti muncul gejolak.

Turut hadir dalam pengukuhan pengurus tersebut, pejabat Dislutkan, anggota Kamla dan Bupati Rembang, Abdul Hafidz.

Hafidz mendukung adanya organisasi di kalangan nelayan. Karena jangan sampai setiap ada masalah, diselesaikan sendiri sendiri. Akan lebih baik asosiasi yang menaungi. Pihaknya mendorong agar asosiasi mampu meredam ketegangan antar kelompok nelayan, sehingga tidak berujung aksi anarkhis.

Kegiatan yang diramaikan pagelaran pentas musik dangdut itu, ditandai dengan pelantikan 31 orang pengurus Asosiasi Dampo Awang Bangkit oleh bupati Rembang.

Komposisi pengurus terdiri dari pemilik kapal, nelayan, paguyuban basket ikan dan tokoh masyarakat .(Hasan)

loading...

Comments

comments!