5 Mitos dan Fakta Soal Kartu Kredit

redaksi.co.id - 5 Mitos dan Fakta Soal Kartu Kredit Jika menggunakan kartu kredit dengan bijak, alat pembayaran ini akan mampu membantu hidup Anda. Kartu kredit bisa...

12 0

redaksi.co.id – 5 Mitos dan Fakta Soal Kartu Kredit

Jika menggunakan kartu kredit dengan bijak, alat pembayaran ini akan mampu membantu hidup Anda. Kartu kredit bisa menjadi alat pembantu dalam mengatur keuangan.

Namun jika Anda percaya dengan segala mitos tentang kartu kredit, maka Anda bakal merugi. Anda justru harus membayar biaya yang lebih mahal jikamitos-mitos tersebut dijalankan.

Oleh karena itu, Anda harus mengetahui fakta dan mitos mengenai penggunaan kartu kredit. Mengutip laman Bank of America, berikut mitos dan fakta mengenai kartu kredit:

Baca Juga

1.Potong kartu

Mitos: memotongkartu kredit akan membuat Anda terlepas dari beban tagihan. Memotong kartu kredit sama saja dengan menutup kartu.

Fakta: Memotong kartu kredit tidak akan melepaskan Anda dari kewajiban. Jika ingin menutup kartu kredit Anda harus pergi ke perusahaan penerbit dan membuat kesepakatan hitam di atas putih. Jadi sebelum Anda mengajukan permohonan kartu kredit baru, pastikan Anda benar-benar butuh kartu kredit tersebut.

2. Bayar di bawa tagihan

Mitos: Membayar tagihan kartu kredit di bawah batas minimum terhitung sudah membayar.

Fakta: Jika Anda tidak membayar jumlah minimum yang harus dibayar dalam tagihan kartu kredit Anda, perusahaan kartu kredit tersebut tetap menganggap Anda belum bayar dan tetap akan memberikan denda kepada Anda.

3. Limit kartu kredit

Mitos: Limit kartu kredit yang tinggi bukanlah hal yang baik.

Fakta: Jika Anda dapat menggunakan kartu kredit dengan bijak, limit kartu kredit yang tinggi akan menjadi keuntungan tersendiri. 30 persen suku bunga kartu kredit bergantung pada limit kartu kredit Anda, semakin tinggi limitnya, semakin rendah suku bunganya. Jika Anda memiliki limit kartu kredit yang tinggi, dan menjaga tagihan Anda tetap rendah, Anda akan mendapatkan keuntungan suku bunga rendah.

4. Seimbangkan jumlah tagihan

Mitos: Jumlah tagihan kartu kredit Anda harus tetap seimbang agar reputasi kredit Anda baik.

Fakta: Anda tidak butuh menyeimbangkan tagihan kartu kredit Anda untuk membuat reputasi kredit yang baik. Faktanya, strategi terbaik untuk menggunakan kartu kredit adalah membayartagihan tepat waktu setiap bulan.

5. Punya banyak kartu

Mitos: Semakin banyak kartu kredit yang Anda punya, semakin baik.

Fakta : Anda memang tidak perlu membatasi diri Anda untuk menggunakan hanya satu kartu saja. Tetapi Anda juga harus mencegah menggunakan kartu kredit secara berlebihan. Jumlah kartu kredit yang Anda punya akan meningkatkan dana yang perlu Anda keluarkan untuk membayar biaya tahunan.

(Aldo Lim/Gdn)

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!