Google Bikin Layanan Panggilan Video Jadi Lebih Mudah

redaksi.co.id - Google Bikin Layanan Panggilan Video Jadi Lebih Mudah Suka melakukan panggilan video? Google memberikan satu layanan video call demi memudahkan melakukan panggilan. Apabila sebelumnya...

17 0

redaksi.co.id – Google Bikin Layanan Panggilan Video Jadi Lebih Mudah

Suka melakukan panggilan video? Google memberikan satu layanan video call demi memudahkan melakukan panggilan. Apabila sebelumnya seseorang perlu membuat akun terpisah untuk melakukan video call, Duo membuatnya lebih ringkas. Pengguna cukup bermodal nomor ponsel yang tersimpan di dalam buku kontak saja. Kemudian lakukan sign up pada aplikasi, dan user langsung bisa melakukan panggilan video melalui Duo.

Google membuat Duo bukan tanpa alasan. Menurut Principal Software Engineer Google Duo Justin Uberti, aplikasi Duo sengaja dibuat untuk mengatasi beragam masalah yang dihadapi para pengguna layanan video call. “Video call merupakan layanan telepon yang serupa dengan tatap muka, namun terkadang hambatannya membuat user tidak puas,” kata Justin melalui siaran pers.

Biasanya perbedaan jenis perangkat yang digunakan menjadi salah satu penyebabnya. Dengan aplikasi Duo pengguna tak perlu lagi mengkhawatirkan hal tersebut. Penggunaan aplikasi video call ini sangat mudah dan praktis. Duo dapat menghubungkan dua pengguna dengan sangat cepat. Aplikasi ini juga bisa bekerja meski user tengah berada dalam koneksi lambat. Kualitas panggilan akan mengikuti perubahan jaringan.

Ketika bandwith terbatas, secara otomatis Duo akan mengurangi resolusi gambar agar panggilan berjalan mulus. Hebatnya, aplikasi ini bisa berpindah langsung dari koneksi Wi-Fi ke jaringan utama ponsel tanpa harus memutuskan panggilan. Pengguna bisa tetap mengobrol dengan rekan atau kerabat sambil berjalan ke luar sehingga terputus dari wi-fi.

Desain Duo juga cukup menarik. Google menanamkan fitur knock-knock sehingga pengguna bisa melihat terlebih dahulu panggilan masuk sebelum mengangkatnya. Penerima telepon bisa melihat langsung user yang melakukan panggilan dan tujuan dari panggilan.

Fitur tersebut membuat pengguna bisa lebih merasa nyaman dan hangat karena sengaja dibuat seperti undangan. Duo juga menekankan semua panggilan terhadap keamanan dan privasi. Pada semua panggilan telepon yang dilakukan melalui Duo telah terenkripsi dari awal hingga akhir atau end-to-end encrypted. Duo sudah bisa dinikmati para pengguna Android dan iOS, dan bisa diunduh secara gratis.

(red/ambertus/usi/urek/LLH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!