Jembatan Sawangan Pondasinya Retak, Warga Harapkan Perbaikan

BANYUMAS Redaksi.co.id - Jembatan Desa Sawangan kecamatan Ajibarang yang menghubungkan antar kecamatan Ajibarang, kecamatan Purwojati dan tembusan ke kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah rusak.Diduga,...

12 0

BANYUMAS Redaksi.co.id – Jembatan Desa Sawangan kecamatan Ajibarang yang menghubungkan antar kecamatan Ajibarang, kecamatan Purwojati dan tembusan ke kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah rusak.

Diduga, rusaknya jembatan tersebut karena tergerus banjir.

Rasiwan (49) salah satu warga Desa Sawangan, tadi pagi, mengatakan, jembatan tersebut sudah retak. Terutama bagian pondasi penyangga bawahnya.

“Itu sangat berbahaya,” ujarnya.

Retaknya jembatan tersebut menurut Rasiwan, jika dilihat dari atas sepintas tidak terlihat bermasalah dan terlihat rapih.

Sama seperti yang dikatakan Rasiwan, Maryono (33) yang rumahnya berdekatan dengan jembatan tersebut sering merasa khawatir jika hujan dan banjir.

“Pas lagi hujan dan banjir kita warga sini sering khawatir kalo-kalo jembatan itu ambruk dari bawah, katanya.

Kekhawatiran itu, lanjutnya, kalau jembatan itu bawahnya ambruk, banjir akan ikut menggerus tanah yang berada di sekeliling jembatan seperti pekarangan rumahnya.

“Nanti kalau pondasinya ambruk, pekarangan rumah warga sekitar jembatan ikut terancam, terlebih ketika hujan belakangan ini air sering naik ke pekarangan rumah,” kata Maryono.

Itu terjadi, menurutnya karena buruknya selokan yang berada di pinggir jalan yang menuju ke jembatan itu. Warga Desa Sawangan mengharapkan secepatnya ada penanganan dari pemerintah desa maupun pemerintah kabupaten.

Menurut warga, jika dibiarkan maka banjir akan mengancam tempat tinggal mereka.

Sementara itu menurut Kepala Desa Sawangan Karsim Ahmad Muchlasin, pihaknya sudah menindaklanjuti kondisi jembatan itu. Pihaknya sangat memikirkan kondisi jembatan yang terletak di perbatasan desa itu.

Bahkan, katanya, dirinya sudah pernah mengajukan bantuan ke pemerintah kabupaten, tapi sampai sekarang masih belum ada realisasi.

Saya berharap pemerintah kabupaten mau lebih memperhatikan Desa Sawangan, terlebih mengenai bangunan fisiknya, seperti jalan utama desa dan infrastruktur lainnya,” katanya.(gus)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!