Yayasan TERANGI Peringati Coral Day (Hari Terumbu Karang) di Pulau Harapan, Kepulauan Seribu

JAKARTA Redaksi.co.id – Dalam rangka menyambut Hari Terumbu Karang (Coral Day) dunia yang jatuh pada 8 Mei, Yayasan Terumbu Karang Indonesia (TERANGI) akan menggelar berbagai kegiatan di...

16 0

JAKARTA Redaksi.co.id – Dalam rangka menyambut Hari Terumbu Karang (Coral Day) dunia yang jatuh pada 8 Mei, Yayasan Terumbu Karang Indonesia (TERANGI) akan menggelar berbagai kegiatan di Pulau Harapan, Kepulauan Seribu, pada tanggal 15 – 17 Mei 2015.
“Adapun kegiatan yang diadakan dalam Coral Day 2015 ini adalah penanaman mangrove, adopsi karang, penurunan reef cage, serta pemberian edutainment kepada 80 siswa dari empat Sekolah Dasar di Pulau Harapan dan Pulau Kelapa. Target’dari kegiatan ini adalah warga pesisir di Kepulauan Seribu, mengingat mereka merupakan salah satu aset utama dalam menjaga kelestarian ekosistem laut,” ujar Direktur Yayasan TERANGI (The Indonesian Coral Reef Foundation), Safran Yusri, S.Si dalam siaran pers yang diterima Redaksi.co.id, tadi sore (10/5/2015).

Coral Day merupakan sebuah gerakan inisiasi oleh beberapa aktivis lingkungan dari berbagai organisasi, untuk mengajak masyarakat agar lebih peduli terhadap kelestarian terumbu karang. Coral Day ini bertujuan untuk mengingatkan dan mengajak masyarakat agar ikut serta dalam menjaga kelestarian terumbu karang serta ekosistem laut.

Yayasan Terumbu Karang Indonesia (TERANGI), kata Safran, setiap tahunnya selalu mengambil bagian dalam perayaan hari terumbu karang ini. Dimulai dari tahun 2010, kegiatan Coral Day sendiri sudah diadakan di Bali.

Pada tahun 2011, TERANGI mengajak warga sekitar Pulau Belitung untuk ikut andil dalam kegiatan yang bertajuk menjaga kelestarian ekosistem laut ini. Lanjut di dua tahun berikutnya, kegiatan Coral Day berpindah lokasi menjadi Pulau Pramuka yang merupakan bagian dari Kepulauan Seribu. Pada tahun 20l4, Pulau Harapan terpilih menjadi lokasi tempat perayaan kegiatan Coral Day 20I4.

Dan untuk pelaksanaan kegiatan Coral Day 2015 ini, Pulau Harapan kembali menjadi tempat kegiatan Coral Day yang diadakan oleh TERANGI. Pulau Harapan ini kembali terpilih menjadi lokasi dalam pelaksanaan acara Coral Day 2015, karena TERANGI melihat adanya potensi yang dapat dikembangkan dan dapat dijadikan harapan bagi masyarakat sekitar Pulau Harapan, dalam memberdayakan sumber daya yang berasal dari laut sekitar Pulau Harapan itu sendiri.

TERANGI berharap, kelompok nelayan lokal yang berasal dari sekitar Pulau Harapan dapat diberdayakan seutuhnya dalam pelestarian terumbu karang dan laut.

Coral Day ini dapat menjadi salah satu ajang pelatihan bagi mereka untuk memberi tahu cara merawat laut secara baik dan benar, sehingga kelestarian laut dapat tetap terjaga. Setiap tahunnya, Coral Day memiliki tema yang berbeda- beda.

Di tahun ini, Coral Day mengusung tema ”Save Our Se4 Save Our Future” guna mengingatkan masyarakat, khususnya warga pesisir, akan pentingnya peran dari laut itu sendiri demi keberlangsungan kehidupan di masa depan.

“Kegiatan yang diadakan dalam pelaksanaan Coral Day 2015 ini berisikan berbagai macam kegiatan menarik serta mendidik bagi warga sekitar Pulau Harapan, baik yang masih kecil sampai dewasa. Kegiatan tersebut antara lain, pertunjukan pentas boneka yang disiarkan dari televisi TERANGI untuk siswa dan siswi di Pulau Harapan dan Pulau Kelapa, berbagai macam games menarik untuk siswa dan siswi di Pulau Harapan dan Pulau Kelapa yang dapat mengajarkan mereka mengenai berbagai macam ekosistem di laut dan pentingnya menjaga kelestarian ekosistem laut, penanaman mangrove, adopsi karang guna menjaga keeksistensian terumbu karang di sekitar Kepulauan Seribu, penurunan reef cage sebagai alternative media tanam karang dan tempat ikanikan bawah laut berkumpul, bersih- bersih bawah laut untuk menjaga kebersihan laut di sekitar Kepulauan Seribu, talkshow mengenai ekowisata dan penangkapan ikan ramah lingungan yang akan dihadiri oleh warga sekitar Pulau Harapan, serta berbagai macam kegiatan menarik lainnya yang diselenggarakan dalam rangkaian acara Coral Day 20I5,” tutup Safran. (Tyo)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!