Solusi Atasi Netbook Lemot

redaksi.co.id - Solusi Atasi Netbook Lemot Notebook lemot atau beroperasi lambat memang membuat frustasi. Membawa laptop ke tempat servis juga cenderung malas.Biasanya netbook tidak akan beroperasi...

36 0

redaksi.co.id – Solusi Atasi Netbook Lemot

Notebook lemot atau beroperasi lambat memang membuat frustasi. Membawa laptop ke tempat servis juga cenderung malas.

Biasanya netbook tidak akan beroperasi kembali seperti sedia kala. Namun agak sedikit boros rasanya bila harus membeli perangkat yang baru.

Laman Telegraph.co.uk Senin (22/8) memberikan beberapa tips untuk mengatasi kelambatan netbook. Berikut solusi untuk netbook lemot.

Uninstall Program Yang Tidak Digunakan

Sebab, beberapa program sudah terinstal secara otomatis saat perangkat baru dibeli. Untuk mengetahui program tersebut, buka menu Control Panel Program dan Features Page. Menu tersebut akan memberikan informasi mengenai program yang berada di dalam perangkat.

Lakukan uninstall program yang tidak digunakan. Namun saat melakukannya perlu hati-hati. Jangan sampai menghapus program yang memang dibutuhkan perangkat keras desktop.

Misalnya, pengguna menggunakan sistem operasi (OS) berbasis Microsoft. Perhatikan baik-baik nama program dengan nama depan atau belakang ‘microsoft’. Apabila masih kurang yakin, gunakan sebuah program bernama PC Decripifier. Program tersebut biasanya diberikan secara gratis. PC Decripifier bisa mendeteksi software yang dibutuhkan dan tidak oleh PC.

Hapus ‘Temporary Files’

Meski besaran datanya cukup kecil, temporary files ternyata cukup mengganggu. Apabila terus ditumpuk maka akan membuat kerja perangkat melambat.

Salah satu jenis temporary files yang membuat perangkat melambat, yakni history dan cookies pada mesin pencari. Untuk membersihkannya secara otomatis, pilih menu My Computer dan pilih local drive (biasanya bernama C:).

Kemudian pilih menu Windows folder dengan judul ‘Temp’. Gunakan mouse kanan pada folder kemudian muncul View Options dan pilih Details. Di dalam folder akan tampak beberapa files lama, kemudian pilih untuk dihapus. Lanjutkan ke Recycle Bin dan hapus file.

Install Solid State Drive

Hard drive menjadi salah satu penyebab terbesar komputer menjadi lambat bekerja. Terutama mengurangi kecepatan kerja PC. Melakukan install solid drive menjadi salah satu cara jitu agar komputer bebas lemot. Meski harganya tidak murah, hasilnya sepadan dengan kinerja komputer yang diperoleh.

Tambah Kapasitas Hard Drive

Meski sering membersihkan ruang penyimpanan, hal tersebut akan percuma bila hard drive sudah mencapai 85 persen dari kapasitas. Terutama bagi penyuka streaming video atau menonton film secara online.

Aktivitas tersebut akan membuat perangkat keras menjadi cepat penuh. Menambah dan install ruang hard drive bisa membantu meningkatkan kerja perangkat.

Hapus Startup Yang Tidak Diperlukan

Perangkat Windows 7 memuat sekitar 200 jenis huruf ketika komputer baru dinyalakan. Hal tersebut ternyata berpengaruh terhadap kinerja komputer. Untuk mematikannya pilih Start Menu dan pergi ke Box. Di dalamnya pengguna bisa memilih jenis huruf yang disukai dan tidak. Kemudian pilih Hide untuk menyembunyikan huruf-huruf yang tidak perlu.

Menambah RAM

Menambah Random Access Memory (RAM) bisa memengaruhi kecepatan kerja komputer. Tambah RAM jika diperlukan, sekitar satu atau dua stick bergantung pada slot RAM yang tersedia di dalam perangkat.

Jalankan Disk Defragment

Terdengar rumit namun menjalankan disk defragment berpengaruh terhadap kecepatan kerja perangkat. Pergi ke My Computer dan klik kanan, kemudian pilih Properties. Dalam kolom Tools harus berada dalam perintah Defragment Now.

Jalankan Pembersihan Disk

‘Disk Clean Up’ akan membuat perangkat lebih terjaga kebersihannya. Untuk menjalankannya pergi ke menu Start>All Programs>Accessories>System Tools>Disk CleanUps.

(red/uhammad/irmansyah/MF)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!