Sejarah Hari Ini: Pembunuhan Michael Collins

redaksi.co.id - Sejarah Hari Ini: Pembunuhan Michael Collins Pada 22 Agustus 1922, revolusioner Irlandia dan politisi Sinn Fein, Michael Collins tewas dalam sebuah penyergapan di County...

29 0

redaksi.co.id – Sejarah Hari Ini: Pembunuhan Michael Collins

Pada 22 Agustus 1922, revolusioner Irlandia dan politisi Sinn Fein, Michael Collins tewas dalam sebuah penyergapan di County Cork, barat Irlandia.

Seperti dilansir History.com, Collins bergabung dengan partai politik Irlandia Sinn Fein dan mendedikasikan diri untuk mencapai kemerdekaan bagi Irlandia.

Pada 1919, Collins memimpin Relawan Irlandia, yang menjadi prototipe dari Tentara Republik Irlandia, dalam kampanye gerilya luas dan efektif terhadap pasukan Inggris.

Dua tahun kemudian, gencatan senjata dinyatakan. Collins adalah salah satu arsitek dari perjanjian damai 1921 yang bersejarah dengan Britania Raya, yang diberikan otonomi ke Irlandia selatan.

Pada Januari 1922, pendiri Sinn Fein Arthur Griffith terpilih sebagai presiden dari Negara Bebas Irlandia yang baru didirikan. Collins ditunjuk sebagai menteri keuangannya. Ia memegang jabatan itu hingga tewas dibunuh oleh ekstremis Republik di 22 Agustus 1922.

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!