6 Negara Berebut Pulau di Laut China Selatan

redaksi.co.id - 6 Negara Berebut Pulau di Laut China Selatan Perundingan penyusunan code of conduct (CoC) antara ASEAN dan Tiongkok terkait Laut China Selatanterus berlangsung. Namun,...

17 0

redaksi.co.id – 6 Negara Berebut Pulau di Laut China Selatan

Perundingan penyusunan code of conduct (CoC) antara ASEAN dan Tiongkok terkait Laut China Selatanterus berlangsung. Namun, tata perilaku tersebut diyakini tak akan menyelesaikan masalah yang terjadi antara kedua belah pihak.

Deputi I Bidang Kedaulatan Maritim,Kementerian Koordinator Bidang Maritim RI (Kemenko Kemaritiman) Arif Havas Oegrosenomenjelaskan, pernyataan tak bisa menyelesaikan masalah didasari alasan tepat. Sebab, masalah yang terjadi di Laut ChinaSelatan hanya bisa dikelola.

“Kalau menyelesaikan masalah enggak mungkin lah. Masalah Laut China Selatan tuh enggak bisa diselesaikan. Yang bisa hanyadi-manage,” ucap Arif dalam Asian International Symposiun 2016 di Hotel Shangri-La di Jakarta, Senin (22/8/2016).

Mantan Duta Besar Indonesia untuk Belgia ini menyatakan, sulitnya hal tersebut diselesaikan, didukung faktor banyaknya pihak yang terlibat di perselisihan ini.

“Karena biasanya kalau berebutan pulau itu cuma 2 negara. Setahu saya hanya 2 negara, rebutannya ya dua tiga pulau. Ini 6 negara dan rebutannya ratusan pulau, dan batu dan karang. Laut itu nanti. Pulaunya dulu,” ujar dia.

Meski demikian, kenyataan CoC hanya bisa menyelesaikan konflik, tidak dapat diartikan suatu kegagalan. Havas menilai jika kesepakatan terbina antar ASEANdan China, perdamaian di perairan itu sangat mungkin tercipta dan terjadi.

“Yang harus dilakukan DoCdan CoC itu me-manage, mengelola konflik. (CoC) harus segera selesai, karena konfliknya itu kalau tidak ditangani dengan baik bisa jadi eskalasi,” pungkas Arif.

(red/ega/wi/riesta/VDA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!