Urus Lewat Filipina, Calhaj Indonesia tak Perlu Antre Bertahun-tahun

redaksi.co.id - Urus Lewat Filipina, Calhaj Indonesia tak Perlu Antre Bertahun-tahun Calon jemaah haji Indonesia dari Sebatik, Kalimantan Utara ternyata banyak yang memilih berangkat lewat Filipina....

17 0

redaksi.co.id – Urus Lewat Filipina, Calhaj Indonesia tak Perlu Antre Bertahun-tahun

Calon jemaah haji Indonesia dari Sebatik, Kalimantan Utara ternyata banyak yang memilih berangkat lewat Filipina. Tahun ini, sebanyak 30 calon tamu Allah memutuskan bertolak via Filipina meski akhirnya gagal.

Tak berlebihan jika warga Sebatik memilih lewat Filipina ketimbang Indonesia. Di Filipina, calon jemaah haji tak perlu antre lama seperti yang selama ini terjadi di Indonesia.

YH adalah salah satu haji yang pernah merasakan kemudahan mengurus lewat Filipina pada 2015 lalu. Dia mengatakan, mengurus haji di Filipina tidak perlu menunggu bertahun-tahun.

Jika daftar tahun ini, maka akan berangkat tahun yang sama jadi tidak perlu antre seperti di Indonesia yang harus menunggu bertahun-tahun lagi, kata YH kepada Radar Tarakan, Senin (22/8).

Namun, YH harus mengganti identitasnya dan menggunakan nama Filipina untuk ditulis di paspor. Sebab, untuk berangkat haji melalui Filipina memang harus beridentitas negara pimpinan Rodrido Duterte itu.

Lantas, bagaimana untuk mendapatkan paspor Filipina? YH mengaku ada pihak yang mengurus di Filipina agar dimudahkan untuk mendapatkan paspor dan visa berhaji ke tanah suci.

Namun, untuk ke Filipina dan mendapatkan identitas, YH harus masuk secara ilegal melalui Tawau, Malaysia. Bisa juga langsung dari Sebatik ke Filipina. Ketika berada di Filipina, identitas WNI tidak berlaku lagi. (nal/eza/ddq/jos/)

(red/ngga/eksa/AR)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!