Laporan: Turki Punya 6.000 Agen di Jerman

redaksi.co.id - Laporan: Turki Punya 6.000 Agen di Jerman Ribuan agen Badan Intelijen Turki (MIT) diduga telah tersebar di Jerman. Jumlahnya bahkan melebihi personel agen rahasia...

15 0

redaksi.co.id – Laporan: Turki Punya 6.000 Agen di Jerman

Ribuan agen Badan Intelijen Turki (MIT) diduga telah tersebar di Jerman. Jumlahnya bahkan melebihi personel agen rahasia atau Stasi di Jerman Timur.

Menurut sumber yang tidak mau disebutkan identitasnya, MIT memiliki jaringan sekitar 6.000 agen dan dikungan 500 orang keturunan Turki yang aktif di seluruh Jerman.

“Ini bukan lagi pengumpulan informasi intelijen, namun penindasan yang dilakukan oleh badan intelijen,” ujar Kepala Kebijakan Perdamaian Institut Riset Jerman, Erich Schmidt-Eenboom kepada kantor berita Jerman Die Welt.

Ia menambahkan, Stasi tak memiliki tentara sebanyak MIT di Republik Federal. Seperti dilansir dari kantor berita Russian Today, agen-agen tesebut mengancam diaspora Turki di Jerman.

Para agen juga mengancam pengikut kelompok Fethullah Gulen yang berada di sana. Sejumlah pejabat di Berlin mengatakan dengan menekan Gulenis yang bermukim di Jerman, hubungan antara MIT dan Badan Intelijen Jerman (BND) akan bermasalah.

Anggota parlemen Jerman Hans-Christian Stroebele mengatakan, BND dan Kepolisian Jerman harus merevisi perjanjian kerja sama dengan mitra mereka di Turki. “Kalau tidak, Turki akan menghadapi bahaya pelanggaran hukum, ujarnya.

Sedangkan Ketua Komite Kontrol Parlemen Jerman Clemens Binninger menambahkan bahwa perkembangan terakhir di Turki tidak hanya berdampak pada situasi keamanan, tetapi juga kerja sama antara badan intelijen kedua negara.

Hubungan Turki dan Jerman meregang dalam beberapa waktu terakhir. Presiden Recep Tayyip Erdogan geram dengan Jerman yang tak mengizinkan ia berpidato di depan pendukungnya di Jerman.

(red//ur/sikin/MNA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!