BEI akan Luncurkan Gim Online Bertema Investasi

redaksi.co.id - BEI akan Luncurkan Gim Online Bertema Investasi JAKARTA -- Bursa Efek Indonesia (BEI) menggelar simulasi permainan investasi berbasis daring 'Nabung Saham Go' sebagai salah...

21 0

redaksi.co.id – BEI akan Luncurkan Gim Online Bertema Investasi

JAKARTA — Bursa Efek Indonesia (BEI) menggelar simulasi permainan investasi berbasis daring ‘Nabung Saham Go’ sebagai salah satu langkah untuk memperkenalkan industri pasar modal ke masyarakat, terutama mahasiswa.

“Game itu salah satu langkah untuk memperkenalkan pasar modal kepada masyarakat. Game ‘Nabung Saham Go’ bisa dimainkan semua orang, sasarannya mahasiswa karena lebih mudah. Gim itu seperti ‘Pokemon Go’,” ujar Direktur Pengembangan BEI, Nicky Hogan di Jakarta, Selasa (23/8).

Ia mengemukakan bahwa permainan yang masuk dalam kategori edukasi itu menghadirkan perpaduan antara dunia virtual dan dunia nyata. Pemain akan melewati petualangan-petualangan kecil dengan beragam tema dan mendapatkan rangkaian informasi menarik.

“Aplikasi itu mendorong pemain untuk lebih kenal dengan industri pasar modal,” katanya.

Secara garis besar, Nicky mengemukakan bahwa game ‘Nabung Saham Go’ mengajak pemain mengumpulkan poin yang didapat setelah menjawab pertanyaan yang ada di dalam aplikasi game itu. “Cara mendapatkan poin dalam game itu, pemain dapat mengunjungi tempat-tempat tertentu seperti Gedung OJK hingga Gedung Bursa Efek Indonesia. Di setiap tempat yang dikunjungi, pemain akan mendapat beberapa pertanyaan seputar pasar modal. Setiap jawaban yang benar akan diberikan poin,” katanya.

Selain ‘Nabung Saham Go’, Nicky Hogan menambahkan bahwa pihaknya juga melakukan permainan analog bernama ‘Stocklab’ yang permainannya dikaitkan dengan instrumen investasi saham dan reksa dana.

“Permainan ‘Stocklab’ memanfaatkan media kartu, secara garis besar pemain akan dibimbing untuk melakukan strategi daalam berinvestasi serta diajak untk mengetahui bagaimana cara perusahaan melakukan penawaran perdana saham (IPO),” katanya.

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!